Taksi Interaktif

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Taksi interaktif adalah taksi yang dilengkapi dengan suatu layar touchscreen pada kursi belakang taksi yang memungkinkan para penumpangnya berinteraksi dan mengakses berbagai macam informasi yang mereka butuhkan. Informasi yang tersedia itu meliputi antara lain: peraturan taksi dan biaya perjalanannya, informasi kota bagi turis seperti daftar restoran, hotel, bar, diskotik, serta informasi mengenai prakiraan cuaca dan berita. Lebih lanjut lagi, informasi mengenai lalu lintas juga ditawarkan berkat dukungan teknologi GPS pada alat ini, sehingga penumpangnya dapat mengontrol rute perjalanan mereka dan mencegah terjadinya kecurangan sopir taksi dalam menyesatkan kita dalam rute-rute mereka.

Media pembayarannya pun cukup fleksibel, hanya dengan kartu debit atau kartu kredit penumpangnya dapat membayar biaya atas perjalanan mereka, tiket bioskop, tiket pertunjukan suatu cabang olahraga, dan berbagai acara menarik lainnya. Disini informasi akan disajikan dalam skala lokal ataupun nasional. Selain masalah interaksi dan kemudahan tersebut, taksi interaktif juga merupakan suatu media periklanan baru. Periklanan menjadi begitu mudah dan menarik dengan dimungkinkannya streaming audio dan video pada setiap taksi dengan teknologi ini.

Taksi Interaktif merupakan suatu proyek yang dikembangkan oleh Targeted Media Partners LLC, suatu perusahaan yang berdomisili di kota New York, Amerika Serikat, dengan marketing dan periklanan sebagai inti aktivitas bisnisnya. Dalam mengembangkan proyek ini, Targeted Media Partners menggandeng dua mitra bisnis, yaitu Verizon dan PeerDirect. Dimana Verizon merupakan perusahaan yang bergerak dalam jasa komunikasi dan merupakan perusahaan yang memenangkan penghargaan atas teknologi nirkabelnya. Di Amerika, perusahaan ini sangat bonafit dalam menyediakan jasa nirkabelnya, dengan jumlah 43,8 juta pelanggan yang menggunakan jasa mereka . Mitra mereka berikutnya, PeerDirect yang berlokasi di Bedford, Massachusetts, merupakan perusahaan independen yang bergerak di bidang pengembangan perangkat lunak, dengan pendapatan tahunan US$300 juta yang secara langsung menjadikan mereka sebagai pemimpin di industri tersebut.

Saat ini taksi interaktif dapat ditemukan pada tiga kota besar di Amerika Serikat yaitu Chicago, Boston dan San Francisco. Di Chicago proyek ini sudah berjalan sejak Juni 2003, di Boston sejak Juli 2004 dan di San Francisco sejak November 2004.