Tabung vorteks

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pemisahan gas terkompresi menjadi aliran panas dan aliran dingin.

Tabung vorteks, atau dikenal juga sebagai tabung vorteks Ranque-Hilsch, adalah alat mekanis yang memisahkan gas terkompresi menjadi aliran panas dan aliran dingin. Gas yang muncul dari ujung "panas" dapat mencapai suhu 200 °C, dan gas yang muncul dari ujung "dingin" bisa mencapai −50 °C.[1] Alat ini bekerja tanpa menggunakan komponen yang bergerak sehingga memiliki keunggulan tidak akan terjadi kerusakan akibat gesekan antar komponen.

Gas bertekanan diinjeksikan secara tangensial (gaya yang tegak lurus dengan gaya sentrifugal maupun sentripetal) ke dalam ruang berputar yang dipercepat menjadi rotasi berkecepatan tinggi. Karena kerucut nosel berada di ujung tabung, hanya kulit terluar dari gas yang terkompresi yang dapat keluar dari ujung tabung vorteks ini. Sisa gas dipaksa untuk kembali ke vorteks bagian dalam dengan diameter yang tereduksi pada vorteks bagian luar.

Kinerja Vorteks Tube[sunting | sunting sumber]

adalah bilangan tak berdimensi untuk menyatakan nilai efek pendinginan yang dapat dilakukan oleh pendingin atau pompa panas[2] (tabung vorteks) dengan persamaan sebagai berikut:

dimana adalah aliran panas (dingin) yang dapat hasilkan oleh voteks tube dan adalah aliran kerja yang digunakan untuk mengaktifkan tabung vorteks.

Referen[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Walker, Jearl (1975). "The madness of stirring tea". The Flying Circus of Physics. John Wiley & Sons, Inc. hlm. 97. ISBN 0-471-91808-3. 
  2. ^ Sarifudin, Alfan; Wijayanto, Danar Susilo; Widiastuti, Indah (2019-06-30). "Parameters Optimization of Tube Type, Pressure, and Mass Fraction on Vortex Tube Performance Using the Taguchi Method". International Journal of Heat and Technology (dalam bahasa Inggris). 37 (2): 597–604. doi:10.18280/ijht.370230. ISSN 0392-8764.