Tabel matematika

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Tabel matematika adalah tabel yang memperlihatkan hasil perhitungan dengan berbagai nilai argumen, dengan menulis daftar bilangan-bilangan.

Tabel yang pertama kali dibuat adalah tabel trigonometri, sebuah tabel yang dipakai orang Yunani Kuno. Tabel ini mempunyai penerapan terkait astronomi and navigasi benda angkasa. Tabel ini kemudian dipakai lebih luas hingga kehadiran kalkulator elektronik yang memiliki fungsi menyederhanakan dan mempercepat perhitungan. Selain itu, tabel logaritma dan tabel fungsi trigonometri merupakan tabel yang umumnya terdapat di dalam buku cetak matematika dan ilmu pengetahuan, dan tabel-tabel khusus yang diterbitkan dipakai untuk berbagai penerapan di bidang lain.

Tabel logaritma[sunting | sunting sumber]

Tabel logaritma merupakan tabel yang memuat logaritma umum, atau logaritma dengan bilangan pokok 10. Tabel ini dipakai dengan luas dalam perhitungan sebelum adanya kalkulator dan komputer elektronik, karena logaritma mengubah perkalian dan pembagian menjadi penambahan dan pengurangan.[1] Logaritma dengan bilangan pokok-10 mempunyai sifat tambahan yang bersifat unik dan juga berguna, yaitu: logaritma umum dari bilangan yang lebih dari 1 yang berbeda dengan faktor perpangkatan 10 mempunyai fungsi bagian pecahan (Inggris: fractional part) yang sama. Fungsi tersebut dikenal sebagai mantissa.

Tabel logaritma umum biasanya hanya memuat mantissa; fungsi bagian bilangan bulat dari logaritma, yang dikenal sebagai karakteristik, dapat ditentukan dengan mudah dengan menghitung jumlah digit di bilangan asli. Prinsip yang serupa dapat dipandang sebagai perhitungan yang cepat mengenai logaritma dari bilangan positif yang lebih dari 1. Jadi, satu tabel logaritma umum dapat dipakai untuk menghitung seluruh kisaran bilangan desimal positif.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Priestley, W. M. (2012-12-06). Calculus: A Historical Approach (dalam bahasa Inggris). Springer Science & Business Media. hlm. 299. ISBN 978-1-4684-9349-8. 
  2. ^ E. R. Hedrick, Logarithmic and Trigonometric Tables (Macmillan, New York, 1913).