Tabayun

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Tabbayun)


Tabayun (Arab: تبين, translittabayyun) adalah metode penyelesaian masalah dalam tradisi Islam. Kata tabayyun, berarti "meneliti, menjelaskan, memahami, mencari tahu, atau memverifikasi".[1] Kata tersebut dapat dilihat pada Surah al-Hujurat ayat 6:[2]

Wahai orang-orang yang beriman! Jika seorang yang fasik datang kepadamu membawa suatu berita, maka telitilah kebenarannya, agar kamu tidak mencelakakan suatu kaum karena kebodohan (kecerobohan), yang akhirnya kamu menyesali perbuatanmu itu.

Tabayun merupakan salah satu tradisi umat Islam yang dapat dijadikan solusi untuk memecahkan masalah. Tradisi ini digunakan terutama untuk menyelesaikan masalah dalam masyarakat. Metode tabayun digunakan untuk mengklarifikasi serta menganalisis masalah yang terjadi. Dengan harapan mendapatkan kesimpulan yang lebih bijak, arif, dan lebih tepat sesuai keadaan masyarakat sekitarnya.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Liputan6.com (2022-02-02). "Arti Tabayyun adalah Mencari Kejelasan atau Kebenaran, Begini Caranya". liputan6.com. Diakses tanggal 2023-02-19. 
  2. ^ Mudrika, Syaikh. "Mengapa Mesti Tabayyun?". Media Islam Salafiyyah, Ahlussunnah wal Jama'ah. Diakses tanggal 2018-05-25. 
  3. ^ Fauzan, A. "Tabayyun sebagai Ajaran Islam | NU Online". NU Online (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-05-25.