Festival Ta Saung Taing

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Ta Saung Taing Festival)
Ta saung Taing Festival
Peletakan Kembang api Ke Balon Udara panas selama acara Ta saung taing Festival berlangsung
Tanggalbulan purnama setiap tahun
NegaraMyanmar(Burmese)

Ta Saung Taing adalah festival di negara Myanmar yang diadakan setiap tahun pada bulan purnama, bulan kedelapan dalam kalender Burma. Ta Saung Taing juga disebut festival bulan purnama, karena diadakan pada saat bulan purnama. Ta Saung Taing festival ini dirayakan sebagai hari libur nasional di Myanmar.

Perayaan[sunting | sunting sumber]

Kompetisi menenun jubah spesial jubah biksu warna kuning yang disebut matho thingan juga diadakan diseluruh negeri terutama di Pagoda Shwedagon Yangon selama dua malam berturut-turut (malam sebelumnya dalam malam bulan purnama), kontestan bekerja keras tanpa henti-henti untuk menyelesaikan pakaian matho thingan. Tradisi ini memperingati kisah hidup Buddha yang sudah di kenal luas.

Dan berbagai tempat di Myanmar, warga setempat akan membuat Balon Udara panas untuk di lepaskan ke udara dalam rangka merayakan bulan purnama, seperti perayaan Yi Peng di Thailand Utara. warga Burma percaya Balon Udara panas yang dilepaskan ke udara dapat mengusir roh jahat dan juga sebagai persembahan kepada cetiya Sulaiman di Tavitisma, Surga dalam kosmologi Buddha dan rumah para dewa. Didalam Ta Saung Taing Festival hal yang paling menonjol adalah pelepasan Balon udara panas dan kembang api.

Tradisi Regional[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. https://anydayguide.com/calendar/2698
  2. https://en.wikipedia.org/wiki/Tazaungdaing_festival