TVRI Yogyakarta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari TVRI Jogja)
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
TVRI Yogyakarta
Lembaga Penyiaran Publik (LPP) TVRI Stasiun Daerah Istimewa Yogyakarta
TVRIJogjaLogo2019.svg
Daerah Istimewa Yogyakarta
Indonesia
MerekTVRI Jogja (alternatif)
SloganPancen Istimewa (Memang Istimewa)
Kanal penyiaranAnalog: 22 UHF
Digital: 29 UHF (DVB-T2)
AfiliasiTVRI Nasional
PemilikLPP TVRI
Tanggal awal
penyiaran
17 Agustus 1965
Nomor kanal
sebelumnya
8 VHF (1965–2014)
Otoritas perizinanKemkominfo dan KPI
Situs webtvrijogja.com
TVRI Yogyakarta
Format gambar576i SDTV
1080i HDTV (digital DVB-T2)
Kantor pusatJl. Magelang Km 4,5 Sleman, Yogyakarta

TVRI Yogyakarta (bahasa Jawa: ꦠꦼꦊꦮ꦳ꦶꦱꦶ​ꦫꦺꦥꦸꦧ꧀ꦭꦶꦏ꧀​ꦆꦤ꧀ꦢꦺꦴꦤꦺꦱꦶꦪ​ꦔꦪꦺꦴꦒꦾꦏꦂꦠ, translit. Televisi Républik Indonésia Ngayogyakarta) adalah stasiun televisi daerah milik Televisi Republik Indonesia yang merupakan stasiun televisi lokal pertama di Indonesia, didirikan pada tahun 1965. Pertama berdiri di Yogyakarta berlokasi di Jl. Hayam Wuruk, tepatnya saat TVRI Yogyakarta dipimpin oleh Kepala Stasiun yang pertama yakni IR. Dewabrata. Konon, untuk mendirikan menara pemancar, dibangun dari bahan bambu.

Siaran perdana TVRI Yogyakarta pada tanggal 17 Agustus 1965 adalah menyiarkan acara pidato peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan Indonesia ke-20 oleh Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta adalah Sri Paduka Paku Alam VIII.

Pada awalnya TVRI Yogyakarta mengudara 3x dalam 1 minggu yang masing-masing berdurasi 2 jam. Pada saat itu jangkauan siaran masih terbatas pada area yang dapat dijangkau pemancar VHF berkekuatan 10 KW, begitu pula format siarannya masih hitam putih. Namun pada tahun 1973, TVRI Yogyakarta telah mulai melakukan siaran setiap hari. Siaran produksi lokal TVRI Yogyakarta tiap harinya mencapai 3 hingga 5 jam, setelah dikumulasikan dengan penyiar terpadu dari TVRI Stasiun Pusat Jakarta.

[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]