Túpac Katari 1

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Tupac Katari 1 atau TKSat 1 adalah sebuah satelit telekomunikasi pemerintah Bolivia yang diakuisisi Republik Rakyat Tiongkok (RRT) untuk melayani telekomunikasi di Bolivia, seperti penggunaan ponsel, televisi dan Internet. Diluncurkan ke orbit pada tanggal 20 Desember 2013, dari Pusat Peluncuran satelit di Xichang, Tiongkok, dan akan memiliki masa percobaan sedikit lebih dari tiga bulan, sehingga penggunaannya akan dimulai pada Maret dan April 2014.

Itu dibangun atas nama pemerintah Bolivia, China Great Wall Industry Corporation (CGWIC), anak perusahaan dari China Aerospace Science and Technology Corporation, yang bertanggung jawab untuk pembangunan, peluncuran dan orbit satelit. Satelit memiliki biaya sekitar 300 juta dolar, yang 251 juta merupakan pinjaman dari China Development Bank (CDB) kepada pemerintah Bolivia, dan sisanya diberikan oleh pemerintah Bolivia.

Satelit ini dinamai aktivis kemerdekaan Bolivia abad ke-18 Tupac Katari.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • "Satélite Túpac Katari captará por año $us 40 millones para el país". FmBolivia. 14 January 2013. Retrieved 22 December 2013.