TÜBİTAK Defense Industries Research and Development Institute

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Precision guidance kit HGK at the stand of TÜBİTAK during the IDEF 2015.
Wing-assisted guidance kit KGKSS-82 at the stand of Roketsan during the IDEF 2015.

TÜBİTAK Defense Industries Research and Development Institute (Turki: TUBITAK Savunma Sanayii Arastirma telah Geliştirme Enstitüsü), TÜBİTAK SAGE, adalah lembaga Turki yang melaksanakan proyek-proyek penelitian dan pengembangan teknologi industri pertahanan.

Didirikan pada tahun 1972 di lingkungan Beşevler di Ankara sentral dengan nama "Guided Vehicles Technology and Measurement Center" (Güdümlü Araçlar Teknoloji ve Ölçüm Merkezi, GATÖM) oleh Scientific and Technological Research Council of Turkey (Turkish: Türkiye Bilimsel ve Teknolojik Araştırma Kurumu, TÜBİTAK). Pada tahun 1983, lembaga ini berganti nama menjadi "Ballistics Research Institute" (Balistik Araştırma Enstitüsü, BAE), dan akhirnya pada tahun 1988 itu mengambil nama saat ini. Organisasi tersebut melakukan kegiatan penelitian dan pengembangan untuk memenuhi kebutuhan Angkatan Bersenjata Turki dan industri pertahanan nasional.[1]

SAGE pindah pada tahun 1993 ke lokasi barunya di desa Lalahan di distrik Elmadağ, 30 km (19 mil) timur laut Ankara. Fasilitas di Beşevler berfungsi sebagai Ankara Wind Tunnel. Lembaga ini juga menjalankan sebuah situs di Universitas Teknik Timur Tengah (ODTÜ).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Defense Industries Research and Development Institute". TÜBİTAK SAGE. Diakses tanggal 2013-051-6.