Symphony X

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Untuk self-titled album, lihat Symphony X (album).
Symphony X
W0927-Hellfest2013 SymphonyX MichaelRomeo JohnMacaluso RussellAllen MichaelPinnella 71542.JPG
Symphony X tampil pada acara Hellfest (French music festival), 2013
Latar belakang
Asal Middletown, New Jersey, Amerika Serikat
Genre Progressive metal, power metal, neo-classical metal, symphonic metal
Tahun aktif 1994–sekarang
Label Nuclear Blast, Inside Out Music, Zero Corporation
Situs web www.symphonyx.com
Anggota Michael Romeo
Michael Pinnella
Jason Rullo
Russell Allen
Michael Lepond
Mantan anggota Thomas Miller
Rod Tyler
Thomas Walling

Symphony X adalah band progressive metal Amerika[1][2] dari Middletown, New Jersey, Amerika Serikat. Didirikan pada tahun 1994, band ini terdiri dari gitaris Michael Romeo, keyboardist Michael Pinnella, drummer Jason Rullo, vokalis Russell Allen dan bassis Michael Lepond.

Album mereka The Divine Wings of Tragedy dan V: The New Mythology Suite telah memberikan perhatian pada komunitas metal progresif. Mereka juga telah mencapai keberhasilan yang lebih komersial dengan album Paradise Lost tahun 2007; album Iconoclast tahun 2011 menempati posisi grafik tertinggi pada minggu pertama penjualan dalam sejarah band. Michael Romeo berujar tentang asal-usul nama mereka: "Jadi, Anda tahu, musik kami datang dengan dominasi keyboard dan gitar, dan beberapa elemen klasik, sehingga kata 'Symphony' datang dan, Anda tahu? jadi, seseorang mengatakan 'Symphony X' dan kami seperti, 'yeah, itu keren' dan bahwa 'X' adalah hal yang tidak diketahui dan semua hal-hal lain yang kita lakukan ."[3]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

The Dark Chapter, Symphony X dan The Damnation Game (1994−95)[sunting | sunting sumber]

Pada awal tahun 1994 Michael Romeo (ex-Phantom's Opera, ex-Gemini) merekam album studio berjudul The Dark Chapter, yang menampilkan dirinya dan pemain keyboard Michael Pinnella.[4] Rekaman itu menarik perhatian, terutama di Jepang.[4] Dia kemudian merekrut bassis Thomas Miller, drummer Jason Rullo, dan vokalis Rod Tyler. [5] Album debut self-titled mereka direkam pada tahun yang sama, dan dirilis serta mendapat respon yang positif di Jepang oleh perusahaan rekaman yang sekarang sudah tidak beroperasi, Zero Corporation.[6] Album studio kedua, The Damnation Game, dirilis enam bulan kemudian. Penyanyi Rod Tyler telah meninggalkan band pada saat itu dan digantikan oleh penyanyi saat ini Russell Allen.[7]

The Divine Wings of Tragedy and Twilight in Olympus (1996−98)[sunting | sunting sumber]

The Divine Wings of Tragedy adalah album yang pertama kali memberi Symphony X nama di kalangan musik metal. Butuh waktu yang cukup untuk merekam album, dengan sesi rekaman dimulai pada tahun 1996 dan selesai pada tahun 1997. Umpan balik yang positif dari pers khusus disajikan untuk mendirikan Symphony X di Eropa; keberhasilan mereka di Jepang juga terus tumbuh.

Pada akhir 1997 dan untuk bagian dari tahun berikutnya, Jason Rullo, drummer mereka, harus tinggal jauh dari band dalam rangka memecahkan masalah-masalah pribadi. Dia sementara digantikan oleh Thomas Walling. Bahkan dengan drummer sementara, band ini merekam Twilight in Olympus, dirilis pada awal tahun 1998. Tahun itu juga awal pertunjukan live pertama dari band, yang saat itu sudah terkumpul banyak penggemar dari seluruh dunia. Acara resmi pertama mereka terjadi pada tahun 1998, di Jepang. Hal ini segera diikuti oleh tur dunia. Bassist Thomas Miller meninggalkan band dan digantikan oleh Michael Lepond pada tahun itu.

Sebuah album kompilasi, Prelude to the Millennium, dirilis pada akhir tahun 1998. Sebagai tambahan, album itu menampilkan versi kedua dari lagu "Masquerade" dari album pertama, dengan Russell Allen pada vokal.

V: The New Mythology Suite and The Odyssey (1999−2005)[sunting | sunting sumber]

Jason Rullo kembali ke drum untuk album kelima band, V: The New Mythology Suite, dirilis pada tahun 2000. Ini adalah rilis pertama band pada label progresif utama InsideOut Music. Album ini, album konsep pertama mereka, berurusan dengan mitos dari Atlantis. Fitur album klasik seperti "Communion and the Oracle", "Egypt" dan mini-suite "Rediscovery", mengandung potongan-potongan musik klasik.

Band ini melanjutkan tur Eropa dan Amerika Selatan tak lama setelah rilis dan merekam album live pertama mereka, Live on the Edge of Forever.

Pada tahun 2002, band ini merilis The Odyssey, album yang menampilkan 24 menit interpretasi musik panjang (epik), Odyssey.

Pada tahun 2005 Symphony X ikut serta dalam festival musim panas berjudul Gigantour, oleh Megadeth dengan Dream Theater, Nevermore dan Anthrax. Dua lagu Symphony X dari tur, "Inferno" dan "Of Sins and Shadows", ditampilkan pada DVD dan CD-set Gigantour, dirilis pada bulan September 2006.[8][9]

Paradise Lost (2006–10)[sunting | sunting sumber]

Vokalis Russell Allen tampil di konser di San Juan, Puerto Rico pada tanggal 27 Mei 2007.

Album 'band' Paradise Lost, album konsep yang terinspirasi oleh John Milton 's Paradise Lost (puisi epik dengan nama yang sama), direkam di studio Romeo sepanjang tahun 2006, tertunda berkali-kali dan akhirnya dirilis di seluruh dunia pada tanggal 26 Juni 2007. Band ini mengaku karya ini memiliki tema musik yang gelap.[10] Album ini termasuk DVD edisi khusus rekaman yang di dokumentasikan oleh band di sepanjang sejarah mereka, tersedia di toko "FYE".[11] Rilis bertepatan dengan tur dunia selama 14-bulan, termasuk tur seluruh Eropa dengan Dream Theater pada musim gugur 2007.[12] Band ini juga mengungkapkan rencana untuk tampil di Jepang dan negara Asia lainnya, serta muncul untuk pertama kalinya di Rusia, India, dan Timur Tengah.[12]

Paradise Lost debut di nomor 123 pada album chart di Amerika Serikat, Billboard 200 dan terjual 6.300 keping dalam minggu pertama. Rekaman ini juga melakukan debutnya di nomor 1 pada Top Heatseekers Chart.[13][14]

Iconoclast (2011–2013)[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 1 Maret 2010, update di website resmi Symphony X mengumumkan, bahwa band telah merekam sebagian besar album berikutnya dan bahwa Romeo dan Allen bekerja pada lirik; Romeo sedang bersiap-siap untuk mulai melakukan rekaman untuk album.[15][16][17] Nama dan liris konsep album terungkap pada tanggal 29 Januari 2011 di sebuah wawancara dengan DJ JC Green of Metal Messiah Radio's "Heavy Metal Thunder" Russell Allen menunjukkan: tindak lanjut untuk Paradise Lost akan berjudul Iconoclast dan akan memiliki lirik yang berpusat di sekitar "mesin mengambil alih segala sesuatu dan semua teknologi ini akan menempatkan masyarakat kita kearah kematian kita".[18][18]

Iconoclast bertengger di posisi 76 di Billboard 200 album chart di Amerika Serikat, menjual lebih dari 7.300 keping dalam minggu pertama. Debutnya juga tercatat di nomor 7 pada Top Hard Rock Chart, nomor 19 pada Rock Songs Chart dan nomor 13 di Top Independent Chart.[19][20] Album ini menampilkan posisi grafik tertinggi dan penjualan paling tinggi di minggu pertama dalam sejarah band.

Album baru dan masa depan (2014-sekarang)[sunting | sunting sumber]

Band ini akan merilis CD fan club sewaktu untuk liburan pada akhir 2014. Michael Romeo mengatakan akan ada koleksi lain dari lagu demo dan materi langka lainnya, dan bisa juga menyertakan sedikit konten yang dibuat hanya untuk rilis CD fanclub. Band ini mulai merekam track drum untuk album baru pada tanggal 9 September 2014, dan berencana untuk merilis rekaman lengkap dengan musim semi 2015.[21] Michael Lepond menyatakan mereka memiliki sepuluh lagu yang telah ditulis dan bahwa album ini akan berisi baik sembilan atau sepuluh dari lagu tersebut.[21]

Gaya Bermusik[sunting | sunting sumber]

Symphony X sering disejajarkan dengan band-band metal progresif lainnya seperti Dream Theater, Fates Warning, Circus Maximus dan Shadow Gallery.[22] Musik mereka termasuk kompleks dan mempunyai parameter aneh sambil memasukkan unsur simfoni metal dan lebih ke arah heavy metal tradisional. Hal ini juga mengandung unsur neo-klasik yang kuat, mengingatkan kita pada Yngwie Malmsteen, Cacophony, Randy Rhoads, dan band-band lainnya.

Anngota Band[sunting | sunting sumber]

Anggota sekarang
Mantan Anggota
  • Thomas Miller − Bass (1994−1998)
  • Rod Tyler − Vokal (1994)
  • Thomas Walling − Drum (1998−2000)

Timeline[sunting | sunting sumber]

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Album Studio[sunting | sunting sumber]

Album Kompilasi[sunting | sunting sumber]

Video Musik[sunting | sunting sumber]

  • "Serpent's Kiss" (2007)
  • "Set the World on Fire" (2008)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Symphony X". http://www.metal-archives.com/bands/Symphony_X/172.  Hapus pranala luar di parameter |publisher= (bantuan)
  2. ^ "Symphony X Band Bio". Symphony X Official Website. 
  3. ^ "Interview with Michael Romeo of Symphony X (4/4/08)". http://theheaviestmatteroftheuniverse.com.  Hapus pranala luar di parameter |publisher= (bantuan)
  4. ^ a b Edwards, Owen (March 4, 2008). "A Perfect Symphony Part One: 1970's to 2000". alloutguitar.com. Diakses tanggal 2009-02-18. [pranala nonaktif]
  5. ^ "Symphony X". PROG METAL BLOG. blogspot.com. January 9, 2007. Diakses tanggal 2009-02-18. 
  6. ^ "Symphony X Band Info: Members: Michael Romeo". symphonyx.com. July 5, 2005. Diakses tanggal 2009-02-18. 
  7. ^ "Official Symphony X FAQ: Why did Rod and Jason, and Tom Walling leave the band? How did you find Russell?". symphonyx.com. September 2003. Diakses tanggal 2009-02-18. 
  8. ^ Beaumont, Christopher (August 23, 2006). "DVD Review: Gigantour 2005". Blogcritics Magazine. blogcritics.org. Diakses tanggal 2009-02-18. 
  9. ^ "Gigantour: Various Artists". Amazon.com. September 5, 2006. Diakses tanggal 2009-02-18. 
  10. ^ Ritchie, Jason (2007). "10 Questions with Symphony X". getreadytorock.com. Diakses tanggal 2009-02-18. 
  11. ^ Jax VH, Symphony X Internet representative (June 27, 2007). "Bonus dvd, tour dates, and sales figures, oh my!". Symphony X MySpace Blog. myspace.com. Diakses tanggal 2009-02-18. 
  12. ^ a b "Official Paradise Lost Press Release". symphonyx.com. March 26, 2007. Diakses tanggal 2009-02-18. 
  13. ^ "Paradise Lost reaches 1 on Billboard Heatseekers Chart". billboard.com. July 2007. Diakses tanggal 2009-02-18. 
  14. ^ "Paradise Lost Sales". symphonyx.com. July 13, 2007. Diakses tanggal 2009-02-18. 
  15. ^ "Symphony X Plans North East Shows In Support Of 5.1 Special Edition of "Paradise Lost"". metalunderground.com. November 6, 2008. Diakses tanggal 2009-02-18. 
  16. ^ "Symphony X Announces South American Tour Dates". metalunderground.com. August 20, 2008. Diakses tanggal 2009-02-18. 
  17. ^ "Symphony X: More Asian Tour Details Revealed". blabbermouth.net. November 18, 2008. Diakses tanggal 2009-02-18. 
  18. ^ a b "Symphony X: New Album Title, Lyrical Concept Revealed". Blabbermouth.net. 29 January 2011. Diakses tanggal 29 January 2011. 
  19. ^ "Iconoclast chart position". billboard.com. June 2011. Diakses tanggal 2011-06-30. 
  20. ^ "Iconoclast cracks US Top 100 Sales". blabbermouth.net. June 30, 2011. Diakses tanggal 2011-06-30. 
  21. ^ a b "Symphony X To Begin Recording New Album This Week". Blabbermouth.net. 8 September 2014. Diakses tanggal 13 September 2014. 
  22. ^ Begrand, Adrien (September 16, 2005). "Fates Warning: Awaken the Guardian (Expanded Edition) – PopMatters Music Review". PopMatters. PopMatters Media, Inc. Diakses tanggal 2009-02-18.