Abdul Wahid Ash-Shalihi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Syekh Abdul Wahid)

Syekh Abdul Wahid Ash-Shalihi (1878-1950), disebut pula Syekh Abdul Wahid Tabek Gadang atau gelarnya Baliau Tobek Godang, adalah salah seorang ulama Minangkabau.

Masa muda[sunting | sunting sumber]

Syekh Abdul Wahid lahir di Padang Japang, VII Koto Talago, Guguk, Lima Puluh Kota. Ayahnya adalah seorang ulama pula yang bernama Syekh Muhammad Shalih Padang Kandis.

Ia mula-mula belajar agama pada ayahnya sendiri, kemudian juga pada guru-guru lainnya antara lain Syekh Imran Limbukan Payakumbuh, Syekh Muhammad Thaib Umar Sungayang, dan Syekh Saad Mungka.

Pengajaran[sunting | sunting sumber]

Syekh Abdul Wahid membuka surau pada tahun 1906 di Tabek Gadang, Padang Japang. Pada tahun 1928, ia mengubah bentuk majlis pendidikannya menjadi madrasah, yang dinamakan Madrasah Tarbiyah Islamiyah.

Bersama-sama dengan Syekh Sulaiman Ar-Rasuli, Syekh Muhammad Jamil Jaho, Syekh Abbas Qadhi, dan lainnya, ia mendirikan Persatuan Tarbiyah Islamiyah, sebagai sarana menghimpun upaya pengembangan pendidikan di kalangan Islam tradisionalis Minangkabau (Kaum Tua).

Wafat[sunting | sunting sumber]

Syekh Abdul Wahid wafat tahun 1950 dan dimakamkan di Tabek Gadang, Suliki, Payakumbuh. Kepemimpinan MTI Tabek Gadang dilanjutkan oleh putranya, Buya H. Syarkawi Abdul Wahid.