Syahrinur Prinka

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Syahrinur Prinka

Syahrinur Prinka (lahir di Bogor, Jawa Barat, 27 Februari 1947 – meninggal di Jakarta, 22 Desember 2004 pada umur 57 tahun) merupakan seorang desainer grafis dan pelukis berkebangsaan Indonesia. Dia dikenal sebagai jawara seni grafis. Karya-karya grafisnya menjadi anutan para pegrafis muda. Dia dinilai memiliki keberanian kreasi untuk menghasilkan karya grafis baru. Di antaranya, pernah mencetak gambar digital yang amat menarik sehingga berkali-kali dipamerkan.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Namun dalam dua tahun terakhir, meski dia masih berstatus sebagai karyawan Tempo dan dosen Fakultas Seni Rupa IKJ, memang sudah tidak aktif lagi. Dia sudah sulit menggerakkan tangan kanan dan bicaranya juga kurang jelas.

Bahkan, pada 1996 sudah pernah menjalani operasi by pass jantung di Perth, Australia. Juga pernah kena stroke. Setelah berkali-kali mengalami serangan jantung dan stroke, dia masih tetap bersikeras untuk beraktivitas dengan tetap pula sedia tabung oksigen.

Akhir hayat[sunting | sunting sumber]

Syahrinur Pinka meninggal dunia pada 22 Desember 2004 di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat, Jakarta. Dia meninggalkan satu istri dan tiga anak.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]