Swithelm dari Essex

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Swithhelm merupakan seorang raja Essex hingga kematiannya pada tahun 663 atau 664.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Dalam bukunya Historia Ecclesiastica Gentis Anglorum (Buku III, bab 22), Beda Venerabilis menunjukkan bahwa Swithhelm adalah putra dari seseorang bernama Seaxbald, yang mustahil dapat diandalkan untuk ditempatkan dalam silsilah para raja Essex yang dikenal. Menurut penulis sejarah abad pertengahan William dari Malmesbury dan John dari Worcester, ia adalah saudara pendahulunya Sigeberht II, suatu anggapan yang tidak mendukung. Hector Munro Chadwick menyarankan agar Seaxbald adalah putra ketiga Sæberht, sebuah pendapat yang dianggap Barbara Yorke menarik[1].

Swithhelm menjadi raja Essex setelah kematian Sigeberht II. Dia dibunuh oleh dua saudaranya, dan Barbara Yorke beranggapan bahwa mereka adalah Swithhelm dan saudaranya Swithfrith[2].

Setelah kenaikan takhtanya, Swithhelm masih sebagai penganut paganisme, namun ia berpindah agama pada tanggal yang tidak diketahui dan menerima baptis di istana raja Anglia Timur Æthelwald, oleh uskup Ceddus. Fakta ini mungkin mencerminkan perubahan dalam kebijakan luar negeri Essex: Sigeberht sendiri telah berpindah keyakinan pada tahun 653 di bawah pengaruh Raja Oswiu dari Northumbria, dan mungkin saja pembunuhnya dimotivasi oleh penolakan terhadap apa yang dapat dianggap sebagai dominasi asing[3].

Menurut Beda, Swithhelm meninggal pada saat Sinode Whitby berlangsung pada tahun 663-664. Penggantinya adalah Sigehere dan Sæbbi.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Yorke 1985, hlm. 18-19.
  2. ^ Yorke 1985, hlm. 19.
  3. ^ Yorke 1990, hlm. 48.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Sigeberht II yang Baik
Raja Essex
660–664
Diteruskan oleh:
Sighere dan Sæbbi