Swashplate (helikopter)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Swashplate adalah perangkat yang mengubah masukan melalui kontrol penerbangan helikopter ke gerakan utama baling-baling (main rotor). Karena baling-baling utama berputar, swashplate itu digunakan untuk mengirimkan tiga perintah pilot dari non-rotating pesawat ke hub rotor berputar dan mainblades.

Swashplate itu sangat penting untuk pilot helikopter . Perangkat ini mentransmisikan perintah bilah baling - baling rotor utama dari kontrol (permintaan) yang diberikan oleh pilot yang menggunakan tuas (kolektif dan siklik) atau autopilot yang bekerja langsung di ruang kemudi dan silinder atau aktuator .

Swashplate itu terdiri dari dua bagian utama: a swashplate stasioner dan swashplate berputar. Swashplate (luar) stasioner dipasang pada tiang rotor utama dan terhubung ke kontrol siklik dan kolektif oleh serangkaian pushrods. Alat ini dapat memiringkan ke segala arah dan bergerak secara vertikal. Swashplate berputar (inner) sudah terpasang dengan swashplate stasioner dengan cara tisusun bertumpuk dan dapat untuk memutar dengan tiang rotor utama. Link anti-rotasi mencegah swashplate berputar secara independen dari bilah, yang akan berlaku torsi ke aktuator. Swashplate luar biasanya memiliki slider anti-rotasi yang juga untuk mencegah berputar. Kedua swashplate miring atas dan ke bawah sebagai satu unit. Swashplates untuk helikopter memiliki dua rotor terpasang pada poros yang sama jauh lebih kompleks daripada helikopter rotor tunggal.

Animasi[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]