Swaragini

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Swaragini
Judul lainSwaragini — Jodein Rishton Ke Sur
GenreDrama
Romantis
PembuatRashmi Sharma Telefilms Limited
PengarangConcept & Brief Story
Rashmi Sharma
Story
Mahesh Pandey / Akash Deep
Screenplay & Dialogues
Gautam H.
Janki V.
Sharad C. Tripathi
SutradaraRavi Raj
PemeranHelly Shah
Tejaswi Prakash Wayangankar
Varun Kapoor
Namish Taneja
Lagu pembuka'Dhere naa...'
'Swara.....gini'
NegaraIndia
BahasaHindi
Marwari
Bengali
Tamil
Jumlah musim1
Jumlah episode469[1]
Produksi
LokasiKolkata
Mumbai
Patna
PenyuntingHemant Kumar
KameraMulti camera
Durasi22 menit
Rumah produksiRashmi Sharma Telefilms Limited
Rilis
Jaringan penyiarColors TV (India)
ANTV (Indonesia)
Format visual576i SDTV
1080i HDTV
Tanggal rilis2 Maret 2015 (2015-3-2) –
16 Desember 2016 (2016-12-16)[butuh rujukan]
Pranala luar
Situs web


Swaragini - Jodein Rishton Ke Sur (bahasa Indonesia: Swaragini - Bergabung dengan Melodi Hubungan) yang biasa disingkat Swaragini adalah sebuah India serial televisi, yang ditayangkan perdana pada tanggal 2 Maret 2015 dan tayang Senin sampai Jumat di Colors TV. Kemudian dimulai pada Rishtey dari 14 Desember 2015 dan mengudara Senin sampai Minggu. Hal ini juga dijuluki dalam bahasa Arab dan ditayangkan di MBC Bollywood dengan nama ومن الحب ما قتل (Terjemahan: Dan Ada Cinta yang Membunuh)

Serial ini telah dijuluki di Tamil di Raj TV sebagai Ganga Yamunaa dan ditayangkan perdana pada tanggal 6 Juni 2016 menggantikan serial Tamil terlama Sindhu Bhairavi serial TV 7:00 Prime Time Slot.

Swaragini didasarkan pada hubungan manis dan pahit antara dua saudara tiri, Swara dan Ragini. Helly Shah, Varun Kapoor, Tejaswi Prakash Wayangankar dan Namish Taneja memainkan peran utama Swara, Sanskaar, Ragini dan Lakshya.

Pertunjukan ini berakhir pada 16 Desember 2016, melengkapi 473 episode.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Swara berasal dari keluarga Bengali dan Ragini termasuk keluarga Marwari. Kedua keluarga itu tetangga, tapi nenek Swara dan Ragini tidak akur. Swara dan Ragini adalah saudara setengah; Ibu Swara dan ayah Ragini berada dalam hubungan rahasia di masa lalu. Swara mengetahui kebenaran ini, jadi dia dan Ragini mengajak orang tua mereka untuk menikah.

Laksh, tunangan Ragini, membantu mereka melakukan ini. Ragini mencintai Laksh tapi membatalkan pernikahan mereka karena dia tidak mau menikahinya; Dia diam-diam mencintai Swara. Ragini mulai membenci Swara saat yang terakhir mulai mencintai Laksh kembali. Swara dan Laksh bertunangan. Ada yang memasuki Sanskaar, sepupu Laksh, yang berpura-pura sakit mental untuk membalas dendam dari Laksh dan ayahnya karena menurutnya mereka berada di balik kematian pacarnya Kavita. Ragini mengetahui tentang kebenaran Sanskaar dan mulai membantunya merusak hubungan Swara dan Laksh. Shobha mengetahui hal ini tapi dia mengalami sebuah kecelakaan dan koma.

Swara mengetahui kebenaran Sanskaar, membersihkan kesalahpahamannya dan membuat dia menyadari kesalahannya. Sanskaar meminta maaf pada semua orang. Ragini menipu Laksh dan menikahi dia dengan membuat Laksh percaya bahwa Swara mengkhianatinya. Shobha bangun dari koma dan mengungkapkan kebenaran Ragini kepada semua orang tapi tidak ada yang mempercayainya. Sharmishtha dan Shekhar berpisah karena Sharmishtha percaya Swara dan Shekhar mempercayai Ragini. Swara memasuki rumah Laksh dengan menikahi Sanskaar.

Laksh tahu tentang kebenaran Ragini. Segera, Swara, Sanskaar dan Laksh mengekspos Ragini. Sharmishtha dan Shekhar bersatu kembali dan putri mereka kembali ke mereka. Ragini pura-pura hilang ingatan agar dapat kembali ke Laksh. Swara juga kembali ke Sanskaar. Laksh ingin berhubungan lagi dengan Swara tapi dia sudah pindah.

Ragini memanipulasi ibu Sanskaar dan Laksh untuk melawan Swara dengan membuatnya terlihat seperti memanfaatkan putra mereka. Kemudian, Ragini terekspos dan Swara menendangnya keluar rumah. Ragini tidak bisa ditemukan, tapi Laksh menculik Ragini dan setelah Ragini ditemukan, dia mencoba menjebak Swara. Dia akhirnya masuk penjara.

Kemudian, nenek Ragini membuat ayah Laksh'a berjanji bahwa Ragini akan menjadi pemilik semua kekayaan supaya Laksh tidak dipenjara. Dia setuju. Swara jatuh cinta pada Sanskaar. Swara mencuri surat-surat properti, menggantikannya dengan yang palsu dan memberitahu rencananya kepada ayah Laksh. Ragini menyadari bahwa surat-surat itu palsu dan meminta yang asli dari Swara yang menolak memberi tahu. Ragini mengancam Dugra Prasad bahwa jika Swara tidak memberi surat-surat yang asli dia akan memberitahu semua orang tentang rahasianya. Dugra Prasad meminta Swara untuk memberinya surat-surat yang asli, Swara setuju dan Ragini menandatangani surat-surat itu. Ragini mulai mengancam keluarga. Swara tidak ingin menceraikan Sanskaar, tapi Ragini menipu Swara dengan mengancam Dugra Prasad agar Swara menandatangani surat cerai. Swara menandatangani surat-surat itu. Swara meninggalkan rumah Maheshwari, tapi ia khawatir dengan rahasia Dugra Prasad.

Swara mengetahui tentang rahasia Dugra Prasad dan mengungkapkan kebenaran kepada keluarga sebelum Ragini.Kemudian pacar Sanskaar, Kavita ternyata belum meninggal. Kavita telah koma selama dua tahun. Kavita dan Sanskaar bertunangan, tapi Kavita mengetahui bahwa Swara dan Sanskaar saling mencintai dan membatalkan pertunangannya dengan Sanskaar. Kavita mulai membuat rencana untuk melawan Swara dengan bantuan saudara perempuan Janki, Urvashi. Urvashi membenci Sharmishtha karena dia berpikir bahwa Sharmishtha berada di belakang kematian kakaknya. Rencana Kavita dan Urvashi gagal. Swara dan Ragini bersatu kembali karena Ragini berpikir bahwa Laksh mencintainya saat dia berpura-pura bahwa dia mencintainya dan membuat Ragini menandatangani dokumen perceraian. Swara dan Sanskaar menikah. Tapi Laksh menikah dengan Kavya yang mengkhianati Ragini. Kavya itu jahat tapi segera terekspos dan ditangkap oleh polisi. Kemudian Laksh menyadari kesalahannya dan jatuh cinta pada Ragini. Ragini dan Laksh menikah lagi dan mewujudkan pernikahan mereka. Swara dan Sanskaar mewujudkan pernikahan mereka juga.

Saudara laki-laki Laksh dan Sanskaar, istri Adarsh, Parineeta, cemburu pada Ragini dan Swara karena perhatian mereka terhadapnya. Parineeta memulai politik dapur. Saudari Sanskaar, Uttara jatuh cinta pada Rajat. Rajat ingin menikah dengan Uttara hanya karena kekayaannya. Swara mengetahui kebenaran Rajat. Swara mengatakan pada Ragini, Lakshya, dan Sanskaar tentang Rajat. Perkawinan Uttara dan Rajat dibatalkan. Kemudian Rajat menculik Swara dan Sanskaar mengikuti mereka. Setelah Sanskaar menenemui mereka, Swara ada di tangan Rajat dan Swara memintanya untuk menembak Rajat. Sanskaar menembak Rajat dan dia jatuh dari tebing dan menarik Swara bersamanya.

Swara diselamatkan oleh rockstar Sahil Sengupta. Swara sadar tapi dia kehilangan ingatannya. Swara kembali ke rumah orang tuanya dengan Sahil. Dia hanya mengingat Ragini, Shobha dan Sharmishtha. Dia tidak ingat Sanskaar. Sahil jatuh cinta pada Swara dan dia mengetahui bahwa Swara telah menikahi Sanskaar. Sahil mengatakan pada Sanskaar bahwa dia akan menyatukan mereka kembali. Tapi dia hanya menginginkan cinta Swara. Dia membuat gambar Sanskaar yang buruk di depan Swara. Kemudian ingatan Swara kembali. Sahil menculik Swara dan ingin menikahinya. Rencana Sahil gagal. Ibu Sahil, Maya membantu Swara, Ragini, Lakshya, dan Sanskaar. Dia ditangkap dan pergi dari kehidupan Swara dan Sanskaar.

Sharmishtha hamil tapi Parvati menentang kehamilannya. Keluarga Maheshwari juga menentang kehamilannya. Ragini pura-pura hamil sehingga ia dan Lakshya bisa mengadopsi bayinya. Ragini ingin memberitahu Swara tentang kehamilan palsunya tapi gagal. Karena Parineeta, kehamilan palsu Ragini terungkap di depan keluarga. Swara dan Sanskaar mendukungnya tapi keluarga Maheshwari kesal dan marah pada Ragini. Setelah beberapa percobaan, keluarga tersebut memaafkannya. Dan mereka hidup seperti sebelumnya. Sharmishtha jatuh di rumahnya dan dirawat di rumah sakit. Dokter mengatakan kepada keluarga bahwa Sharmishtha telah mengalami keguguran. Tapi sebenarnya, Parvati telah memberi uang kepada seorang perawat untuk berbohong kepada mereka. Parvati telah memberi bayi Sharmishtha kepada seorang pengemis. Parineeta mulai memeras Ragini. Parineeta hilang dan ibunya Sulekha datang ke rumah Maheshwari untuk menemukannya. Dia meminta Swara membantunya menemukan Parineeta. Tapi Ragini, Annapurna dan Sujata menghentikannya. Swara mengetahui bahwa bayi Sharmishtha masih hidup dan tahu tentang rencana Parvati. Swara dan Sanskaar pergi ke panti asuhan untuk menanyakan tentang bayi Sharmishtha dan mengetahui bahwa bayi tersebut telah diadopsi. Ragini sudah tahu bahwa bayi Sharmishtha masih hidup.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Pemeran Utama[sunting | sunting sumber]

Pemeran Pendukung[sunting | sunting sumber]

  • Nupur Alankar as Gayatri Bhandari, Chirag's mother
  • Manoj Chandila as Chirag Bhandari, Uttara's ex-fiance
  • Pratap Hada as Nikhil Chatterji, Swara's childhood friend
  • Tasheen Shah as Mishka Abhimanyu Khanna, Abhimanyu's daughter
  • Parineeta Borthakur as Sharmishtha Shekhar Gadodia, Swara's mother
  • Sachin Tyagi as Shekhar Deendayal Gadodia, Swara and Ragini's father
  • Shalini Kapoor Sagar as Annapurna Durga Prasad Maheshwari, Lakshya and Adarsh's mother
  • Nagesh Salwan as Durga Prasad Maheshwari, Lakshya and Adarsh's father
  • Sonica Handa as Sujata Ram Prasad Maheshwari, Sanskaar and Uttara's mother
  • Amar Sharma as Ram Prasad Maheshwari, Sanskaar and Uttara's father
  • Tarun Singh as Adarsh Durga Prasad Maheshwari, Lakshya's brother
  • Ekta Methai/Khyati Mangla as Uttara Ram Prasad Maheshwari, Sanskaar's sister
  • Akansha Chamola as Parineeta Adarsh Maheshwari, Adarsh's wife
  • Alka Kaushal as Parvati Deendayal Gadodia, Swara and Ragini's grandmother
  • Abhijit Lahiri as Deendayal Gadodia, Swara and Ragini's grandfather
  • Tanima Sen as Shobha Bose, Swara's grandmother
  • Mughdha Shah as Sulekha, Parineeta's mother
  • Mohit Abrol as Rajat Lodha, Uttara's ex-fiance
  • Roop Durgapal as Tanya Malhotra/Kavya, Lakshya's ex-wife
  • Mayur Verma as Karthik Malhotra, Kavya's brother
  • Nikita Sharma as Kavita Roy, Sanskaar's ex-fiancee
  • Sonia Singh as Urvashi Kataria, Ragini's aunt
  • Sonia Shah as Kaveri Roy, Kavita's mother
  • Daljeet Kaur Bhanot as Janki Shekhar Gadodia, Ragini's birth mother

Bintang Tamu[sunting | sunting sumber]

Episode Spesial[sunting | sunting sumber]

Trishakti[sunting | sunting sumber]

Trishakti adalah segmen di mana tiga serials terlibat. Ini bukan crossover tapi masing-masing serial rusak ke bagian yang lebih kecil. Semua bagian serials diperlihatkan satu demi satu. Ada total 9 Trishakti. Ada total 9 Trishakti. Tiga pahlawan serials memimpin utama di Trishakti masing-masing.

Trishakti Episodes[sunting | sunting sumber]

Trishakti No. Air Date Serial no. 1 Serial no. 2 Serial no. 3
1 February 19, 2016 Ishq Ka Rang Safed Thapki Pyaar Ki Sasural Simar Ka
2 March 10, 2016 Ishq Ka Rang Safed Thapki Pyaar Ki Sasural Simar Ka
3 March 17, 2016 Thapki Pyaar Ki Sasural Simar Ka Balika Vadhu
4 March 29, 2016 Thapki Pyaar Ki Sasural Simar Ka Udaan
5 April 8, 2016 Thapki Pyaar Ki Sasural Simar Ka Udaan
6 April 21, 2016 Ishq Ka Rang Safed Thapki Pyaar Ki Sasural Simar Ka
7 May 12, 2016 Sasural Simar Ka Udaan Swaragini
8 May 20, 2016 Thapki Sasural Simar Ka Udaan
9 May 26, 2016 Thapki Pyaar Ki Sasural Simar Ka Balika Vadhu
     indicates Dhaani (Eisha Singh) from Ishq Ka Rang Safed.
     indicates Thapki (Jigyasa Singh) from Thapki Pyaar Ki.
     indicates Simar (Dipika Kakar) from Sasural Simar Ka.
     indicates Anandi (Toral Rasputra) from Balika Vadhu—Kachi Umar Ke Pakke Rishte
     indicates Nandini (Mahhi Vij) from Balika Vadhu—Lamhe Pyaar Ke
     indicates Chakor (Meera Deosthale) from Udaan Sapnon Ki
     indicates Swara (Helly Shah) from Swaragini — Jodein Rishton Ka Sur
     indicates Ragini (Tejaswi Prakash Wayangankar) from Swaragini — Jodein Rishton Ka Sur.

Catatan

  • Dalam episode Trishakti yang pertama, Thapki (Jigyasa Singh) memanggil Dhaani (Eisha Singh) dan berbicara kepadanya saat mereka menjadi teman di kuil tersebut dalam sebuah episode crossover yang disiarkan pada bulan Februari 2016. Dhaani mengatakan bahwa Dia tidak tahu harus memilih apa Apakah dia menghormati atau cintanya. Thapki mengatakan melakukan apapun yang diinginkan hatimu. Dhaani lalu terima kasih Thapki.
  • Dalam episode Trishakti yang pertama, Shraddha meminta Thapki untuk memesan Laddos dari Daddoji Halwai. Dia memanggil Simar (Dipika Kakar) dan memintanya untuk melakukan pemesanan atas namanya karena dia belum mengetahui nomor kontak toko. Simar bilang OK. Shraddha menegur Thapki saat dia sedang on call. Simar kemudian bertanya mengapa gadis itu memarahinya. Dia bilang itu cerita yang panjang tapi tak lama saya menjadi pelayan mertua saya untuk menyatukan mereka. Simar, lalu memotivasi Thapki dengan mengatakan sangat sulit menemukan menantunya yang berani. Thapki mengucapkan terima kasih kepada Simar atas perintahnya.
  • Dalam episode Trishakti ketiga, Anandi (Toral Rasputra) memimpin saat berada dalam episode Trishakti terakhir, Nandini (Mahhi Vij) memimpin. Namun mereka berasal dari serial drama yang sama, Balika Vadhu. Peristiwa perubahan ini terjadi saat Balika Vadhu - Kachi Umar Ke Pakke Rishte, musim pertama pertunjukan berakhir dan yang kedua dimulai yaitu Balika Vadhu - Lamhe Pyaar Ke.
  • Dalam episode Trishkti ketujuh, Swara (Helly Shah) memimpin saat dia harus menyelamatkan hidupnya. Adiknya, Ragini (Tejaswi Prakash Wayangankar) tidak memimpin.
  • Dalam episode Trishakti kedelapan, Chakor (Meera Deosthale) memimpin. Namun, dalam promo episode, itu menunjukkan kepada Imli, adiknya membantunya.

Siaran Internasional[sunting | sunting sumber]

Negara Saluran TV Bahasa Subtitle
 Indonesia ANTV Bahasa Indonesia

Penghargaan dan Nominasi[sunting | sunting sumber]

Tahun Penghargaan Kategori Nominasi Hasil
2015 Zee Gold Awards Best Actor In A Negative Role(Female) Alka Kaushal Nominasi
Indian Television Academy Awards Best Actor In A Negative Role(Female) Tejaswi Prakash Wayangankar
2016 Colors Golden Petal Awards Best Serial Swaragini
Most Stylish Personality Tejaswi Prakash Wayangankar
Best Actor(Debut) Namish Taneja
Best Character In A Comic Role Sonica Handa
Best Actress in Supporting Role Parineeta Borthakur
Best Actress Helly Shah Menang
Best Actor Varun Kapoor
Best Jodi Varun Kapoor & Helly Shah

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Swaragini episodes". Swaragini. 14 November 2014. Diakses tanggal 15 November 2014.