Sviatohirsk Lavra

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sviatohirsk Lavra
Ukraina: Свято-Успенська Святогірська Лавра
Sviatohirsk Lavra dari tepi kiri Sungai Seversky Donets
Peta
Informasi umum
JenisLavra
LokasiSviatohirsk, Donetsk Oblast
Negara Ukraina
Koordinat49°01′41.2″N 37°34′03.2″E / 49.028111°N 37.567556°E / 49.028111; 37.567556Koordinat: 49°01′41.2″N 37°34′03.2″E / 49.028111°N 37.567556°E / 49.028111; 37.567556
Dibuka1526
PemilikGereja Ortodoks Ukraina

Sviatohirsk Lavra (bahasa Inggris: Holy Mountains Lavra of the Holy Dormition; bahasa Ukraina: Свято-Успенська Святогірська Лавра, Sviatohirsk Lavra atau Biara Gua Sviatohirsk; bahasa Rusia: Свято-Успенская Святогорская лавра, Sviatogorskaya Lavra atau Biara Gua Sviatogorsky) adalah sebuah biara di Sviatohirsk, Ukraina timur, Ukraina. Terletak di tepi Kapur Tinggi Seversky Donets, yang disebut Gunung Suci. Menurut penelitian kuno, orang Kristen pertama yang tinggal di gua itu tinggal di pegunungan dekat sungai bahkan sebelum Kyivan Rus dikristenkan[1].

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Periode awal pendirian[sunting | sunting sumber]

Biara Sviatohorsk di bekas Slavyanogorsk di atas Siverskyi Donets berasal dari masa sebelum invasi Tatar, ketika Batu Khan menghancurkan "ibu kota Rusia" — Kyiv. Meskipun penyebutan tertulis pertama tentang biara ini berasal dari tahun 1526, Akademisi D.I. Bagaliy menulis dalam karyanya "Dari Masa Lalu Biara Sviatohirskyi": "Biara, atau gereja, ada bahkan pada periode pra-Mongol." Permukiman Kristen pertama, dan mungkin sebuah biara , muncul di pegunungan ini bahkan sebelum Pembaptisan Rusia, ketika penggemar ikon suci terpaksa meninggalkan Byzantium, yang dilanda ikonoklasme dan mencari perlindungan di luar kekaisaran. Beberapa dari mereka bersembunyi di Italia Selatan, beberapa di Kaukasus, dan beberapa pergi ke Don dan Seversky Donets melalui Krimea. Hal ini dibuktikan dengan adanya gua-gua kuno yang tinggal di tepian sungai tersebut dan temuan para arkeolog modern.

Untuk sampai ke puncak batu, Anda harus berjalan lebih dari satu kilometer melalui gua yang diukir dari kapur lebih dari seribu tahun yang lalu.

Di wilayah inilah Cyril dan Methodius mengkhotbahkan iman Ortodoks kepada bangsa Khazar di pertengahan abad ke-9.

Permukiman Kristen kuno di daerah ini juga dibuktikan dengan Kronik Ipatiev , yang menyebutkan bahwa pada tahun 1111 umat Kristen setempat bertemu dengan Adipati Agung Volodymyr Monomakh di sini .

Hampir sepanjang sejarah biara, gua-gua ini menjadi tempat perlindungan bagi para biarawan yang saleh selama penganiayaan.

Pada abad ke-8 hingga ke-9, penggemar ikon suci bersembunyi di sini dari ikonoklas, pada abad ke-12 hingga ke-13, orang-orang Kristen yang saleh mencoba melarikan diri dari gerombolan Tamerlane Mongol-Tatar di sini , pada abad ke-16 hingga ke-17, biara adalah pos terdepan di perbatasan dengan stepa Tatar dan Katolik Polandia . Di sinilah pada masa itu saudara-saudara dari Pochaiv Lavra, yang ditangkap oleh Persatuan, pindah.

Belakangan , Kepangeranan Moskow , yang menjadi kerajaan pada tahun 1547 , menggunakan "Pegunungan Suci" sebagai lokasi penjagaannya di biara.

Sekarang para biarawan dari Patriarkat Moskow secara bertahap menjadi penguasa biara. Keburukan para bangsawan Moskow, yang mencoba mengambil alih tidak hanya biara Sviatohirsk, tetapi juga semua tanah bebas Zaporizhia Cossack, dipahami oleh Kolonel Ivan Bohun dari Slobid , yang mencoba beberapa kali untuk mengusir penjaga kerajaan dari biara. . Pada 1654, setelah Dewan Pereyaslav, dia tidak bersumpah kepada Tsar Moskow.

Biara itu di satu sisi dilindungi oleh sungai yang dalam, di sisi lain oleh hutan lebat. Ini memungkinkan resimen Izyum , yang wilayahnya biara itu berada hingga 1764, berhasil menghalau serangan musuh. Secara khusus, tentara Krimea menyerangnya lima kali (pada 1664, 1679, 1680, 1691 dan 1737), tetapi tidak menghancurkannya. Setiap kali setelah penyerangan, itu diperbarui.

Setelah pendudukan Rusia di Krimea pada tahun 1788, biara tersebut kehilangan signifikansi militernya. Sebagai hasil dari reformasi Permaisuri Rusia Catherine II tentang pengenalan negara dan sekularisasi properti gereja, biara ditutup dan Pegunungan Suci dipersembahkan kepada favoritnya , Pangeran Tavriysky Grigory Potemkin . Belakangan, keluarga Engelhard memiliki Pegunungan Suci.

Biara dibuka untuk kedua kalinya hanya pada tahun 1844. 15 tahun kemudian, pembangunan Katedral Tertidur yang monumental dengan ketinggian 53 m dan panjang 42 m dimulai. Di seberangnya, Gereja Syafaat dengan menara lonceng, yang memiliki 8 lonceng, berdiri sejak tahun 1851. Yang terbesar memiliki berat 6354 kg. Gereja Pokrovsky menampung sakristi, perpustakaan, dan arsip biara. Sayangnya, dia tidak memiliki benda kuno, karena dicuri oleh pejabat kerajaan yang menutup biara pada tahun 1788.

Periode Soviet[sunting | sunting sumber]

Sebelum Perang Dunia Pertama, lebih dari 600 biarawan tinggal di biara. Kudeta Oktober dan awal pendudukan Soviet mengganggu kehidupan biara. Setelah proklamasi Republik Soviet Donetsk-Kryvorizka pada tahun 1918, penindasan sistematis terhadap biara dimulai, disertai dengan penistaan, mendiskreditkan, pelecehan, dan pembunuhan terhadap saudara-saudara. Pada tahun 1918, jumlah biarawan berkurang dari 700 menjadi 200 orang. Untuk menghentikan "penggunaan keindahan alam untuk tujuan menggelapkan orang", ketua Komite Provinsi Donetsk dari Partai Komunis Rusia (Bolshevik) E.Y. Quiring memutuskan pada Oktober 1922 untuk mengubah semua bangunan dan properti biara menjadi rumah peristirahatan. Katedral Asumsi menjadi bioskop.

Kaum Bolshevik menghancurkan pertapaan biara Arseniv, Okhtyr dan Spasiv, menghancurkan gereja Transfigurasi, Semua Orang Suci dan Peter dan Paul, dan mendirikan sebuah monumen Artem revolusioner di puncak gunung di sebelah biara . Svyati Gory disebut Merah, Sviatohorsk - Slavyanogorsk, dan biara - Rumah Peristirahatan dinamai Artem.

Pada tahun 1980, ansambel bangunan dinyatakan sebagai Cagar Sejarah dan Arsitektur Negara.

Periode pemulihan biara dan pemberian status Lavra[sunting | sunting sumber]

Biara Asumsi Suci Sviatohirskyi adalah pusat spiritual penting dari jemaat Ortodoks di Ukraina timur, Podonia, dan Kuban. Mempertimbangkan kekunoan kuil, peran sejarahnya, banyak permohonan umat Ortodoks, serta kebangkitan aktif biara dan pengaruhnya yang bermanfaat bagi kehidupan spiritual wilayah dan Ukraina, pada tanggal 9 Maret 2004, Sinode Suci Gereja Ortodoks Ukraina memutuskan untuk memberikan status Lavra ke Biara Tertidur Suci Sviatohirsk Men's Monastery. Dengan demikian, Biara Sviatohirsky menjadi Lavra Ortodoks ketiga di Ukraina (setelah Kyiv-Pecherska dan Pochaivska). Konsekrasi terakhir Lavra di tanah kami terjadi lebih dari 170 tahun yang lalu.

Pekerjaan restorasi berlanjut pada 1992-1995. Selama periode ini, jumlah frater bertambah, pemulihan dan rekonstruksi gereja dan bangunan biara dimulai. Saat ini, Katedral Asumsi, menara lonceng biara dengan Gereja Syafaat, gereja tertua di biara untuk menghormati Santo Antonius dan Theodosius dari Pechersky dengan pertapaan telah dipulihkan, di mana, dengan restu dari uskup terkemuka, saudara-saudara mengenakan pakaian gereja kuno. Luka-luka era pertarungan Tuhan dihapus dari dinding gua kuno, dan kuil untuk menghormati Santo Oleksii, abdi Tuhan, dan kuil St.Nicholas di atas batu kapur dipulihkan. Pertapaan Semua Orang Suci yang dihidupkan kembali dengan kuil kayu untuk menghormati semua orang suci di tanah kita dapat dianggap sebagai monumen asli arsitektur kayu .

Saat ini, semua kuil, gua, dan bangunan yang bertahan telah dikembalikan ke biara. Ketaatan di vihara dilakukan oleh lebih dari seratus biarawan, dan ribuan umat serta turis mengunjungi Pegunungan Suci setiap hari, jauh dari hiruk pikuk kehidupan.

Pada tahun 2004, setelah mendengarkan laporan Metropolitan Hilarion dari Donetsk dan Mariupol, Sinode Suci Gereja Ortodoks Ukraina memutuskan untuk memberikan status biara laki-laki Tertidur Suci Svyatohorsk dari eparki Horliv MP UOC (Svyatohorsk, wilayah Donetsk). sebuah Lavra. Mulai sekarang, Biara Tertidur Suci Sviatohirsky Men disebut sebagai Tertidur Suci Sviatohirsky Lavra.

Terlepas dari larangan pihak berwenang, pada 19 April 2020, kebaktian diadakan di Lavra, di mana banyak orang tanpa masker yang tidak mematuhi persyaratan jarak. Mengingat hal ini, polisi membuka proses pidana di bawah Art. 325 (Pelanggaran aturan dan norma sanitasi untuk pencegahan penyakit menular dan keracunan massal)[2].

Periode invasi Rusia ke Ukraina[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2022, Lavra dihantam beberapa kali oleh penembakan dan pengeboman oleh pasukan Rusia yang menyerang Ukraina. Pada saat yang sama, ratusan orang bersembunyi dari perang di wilayahnya. Jadi, pada 12 Maret, sebuah bom udara Rusia meledak di dekat pintu masuk dan hotel Lavra, memecahkan jendela dan pintu di gedung-gedung dan melukai beberapa orang[3][4]. Pada tanggal 4 Mei, tentara Rusia menembaki Lavra, merusak asrama dan melukai sedikitnya 7 orang[5][6] . Pada tanggal 7 Mei, pertapaan St. George di Lavra di desa Dolyna[7][8][9] dihancurkan, pada tanggal 9 Mei pertapaan John dari Shanghai dirusak di desa Adamivka[10] 12 - katedral para martir suci di kota Sviatohirsk[7], pada tanggal 17 Mei gereja untuk menghormati ikon "Sukacita Semua Kesedihan" dari Pertapaan Perawan di desa Bogorodychne dihancurkan[7][11]. Pada tanggal 30 Mei dan 1 Juni, gedung sel Lavra[7] ditembaki. Pada tanggal 4 Juni, penembakan membakar habis gereja utama Pertapaan Semua Orang Suci di desa Tetyanivka[12]. Dari Juni hingga September, Sviatohirsk diduduki oleh Rusia, Ala Lavra, yang terletak di seberang sungai, tetap berada di bawah kendali Ukraina dan kembali menjadi sasaran penembakan[13].

Pada 28 Desember 2022, keputusan presiden menangguhkan kewarganegaraan kepala biara Lavra, Metropolitan Arseniy (Yakovenko) dan 12 perwakilan lainnya dari anggota parlemen UOC[14].

Struktur[sunting | sunting sumber]

Biarawan pertama menggali gereja dan sel di tingkat atas. Melalui bukaan jendela kecil, cahaya menembus ke dalamnya, yang menerangi jendela di atas pintu (ceruk) untuk ikon, tempat tidur yang diukir di batu kapur, tangga, bukaan pintu. Sel-sel terhubung ke aula persegi dengan lemari besi yang bertumpu pada pilar besar di tengahnya. Di tembok timur, jejak ikonostasis gereja bawah tanah pertama biara Sviatohirsky masih bisa dilihat hingga tahun 1632. Awalnya disebut Uspenskaya, lalu Mykolaivskaya, dan pada abad ke-19. Ioano-Predtechenska.

Labirin koridor dan sel bercabang dari gereja gua ini. Satu lorong kecil menghubungkannya dengan ruang makan persegi, di sebelah utara terdapat lorong ke tingkat ketiga atas gua, tempat Gereja Asumsi berada. Koridor kedua mengarah ke gua tingkat bawah dengan Gereja Gua Oleksii setinggi 4 m. Menurut legenda kuno, di gereja inilah para biarawan mendirikan ruang penyiksaan. Pada 1753, tsar mengirim Chekmenyev yang skismatis ke sini, yang "menabur bidah di antara rakyat jelata". Bagian altar Gereja Oleksii berbentuk transom segmental dan dipisahkan dari ruang utama oleh pilaster, yang di atasnya terdapat lengkungan tempat ikonostasis dipasang.

Di tempat yang tidak mencolok di dalam gunung kapur, terdapat gereja pertapa biarawan Anthony dan Theodosius.

Sebuah koridor kecil, dipotong di loess rock, bercabang menjadi tiga koridor yang mengarah ke tempat utama di dalam gereja. Itu didirikan oleh para pengikut biksu Kyiv yang melarikan diri ke sini dari gerombolan Batian. Tak jauh dari situ, para arkeolog menemukan piring dari abad ke-8 hingga ke-10. Mungkin mereka tinggal di sini bahkan di Zaman Batu , orang-orang melarikan diri ke sini pada saat bahaya, orang pagan dan orang Kristen pertama melakukan ritual keagamaan mereka di sini.

Sisa-sisa Gereja Mykolaiv tiga kamar, dibangun dengan gaya arsitektur Ukraina Kharkiv-Izyum, menonjol di situs aliran kapur. Menurut gambar biara, pada tahun 1679, tiga menara kapur besar (kerucut) dengan jendela berlubang didirikan di tempat itu. Ternyata, di bawah pengaruh alam atau manusia, gua Church of the Assumption runtuh sebagian dan memperlihatkan sebagian interiornya (ruang dalam). Gereja tidak hanya melengkapi bagian batu kapur yang hilang, tetapi juga menjadi hiasannya. Seperti di gereja Ukraina lainnya, pemandiannya terletak di sepanjang poros timur-barat. Para ahli Ukraina pada abad ke-16 dan ke-17, mencoba memberikan penampilan yang lebih ramping pada gereja, biasanya menempatkan oktahedron yang lebih kecil di atas oktahedron yang lebih besar. Di atas altar gereja berdiri sebuah pemandian berbentuk piramida dengan drum kecil dan mahkota berbentuk buah pir. Altar barat dimahkotai dengan pemandian serupa. Menara pusat dihiasi dengan ornamen batu bata dekoratif di sekeliling (perimeter) pemandian.

Daftar kepala biara dan wizurai[sunting | sunting sumber]

  • Simeon, ieromonakhos (c. 1624)
  • Cyril, ieromonakhos (c. 1640)
  • Ignatius, ieromonakhos (c. 1651)
  • Feofan, hegoumenos (c. 1654)
  • Gabriel, ieromonakhos (c. 1661)
  • Kornelius, hegoumenos (c. 1672)
  • Joel Ozeryansky, arkimandrit (c. 1679)
  • Joseph (Kononovich), arkimandrit (c. 1687)
  • Theodosius, arkimandrit (c. 1691)
  • Benjamin, arkimandrit (c. 1701)
  • Yunus, hegoumenos (c. 1705)
  • Vassian (Vasilkovsky), arkimandrit (c. 1707)
  • Sevastian (Yukhnovsky), arkimandrit (c. 1714)
  • Arseny (Zarudny), arkimandrit (c. 1720)
  • Mitrofan (Sheinkov), arkimandrit (c. 1723)
  • Hilarion (Grigorovich), arkimandrit (1733-1737)
  • Tadeus (Kokuylovich), arkimandrit (1738-1758)
  • Raphael (Mokrensky), arkimandrit (1758-1765)
  • Lawrence (Cordet), hegoumenos (sejak 1765)
  • Matius (Mlodzinsky), arkimandrit (c. 1766)
  • Sylvester (Kianovsky), hegoumenos (c. 1767)
  • Feofan (Feodorovsky), arkimandrit (sejak 1770)
  • Filaret (Finevsky), hegoumenos (hingga 1787)
  • Benediktus, arkimandrit (1787-1788)
  • Arseny (Mitrofanov), arkimandrit (1844-1859)
  • Jerman (Klitsa), arkimandrit (1859-1890)
  • Vassian (Degtyarev), arkimandrit (1890-1909)
  • Trifon (Skripchenko), arkimandrit (1909-1922)
  • John (Streltsov), kepala biara, (1926-1931 - sementara bertindak sebagai rektor Pertapaan Asumsi Svyatogorsk di Gereja Pemakaman Semua Orang Suci, memimpin saudara-saudara yang tersisa)
  • Seraphim (Lavrik), arkimandrit (1992-1995, sebelum sumpah monastik, pembangunnya adalah Archpriest Nikolai Lavrik, setelah tonsur, vikaris adalah seorang hieromonk, kemudian kepala biara dan kemudian arkimandrit Seraphim)
  • Arseniy (Yakovenko) (mulai 20 Januari 1995, wizurai-hegumen, kemudian Arkimandrit, uskup, uskup agung, metropolitan)

Orang suci[sunting | sunting sumber]

Santo[sunting | sunting sumber]

  • Bishop Hilarion (Grigorovich) of Krutitsy ( 1696-1759 );

Reverend[sunting | sunting sumber]

  • Arkimandrit Thaddeus (Kokuylovich) (circa 1694 - 1758);
  • Arkimandrit Raphael (Mokrensky) († 1765);
  • Arkimandrit Arseny (Mitrofanov) (1805 - 1859);
  • Arkimandrit German (Klitsa) († 1890);
  • Arkimandrit Sophrony (Smirnov) (1828-1921);
  • Hieroschemamonk Longin (Griftsov), (1798 - 1882);
  • Ieromonakhos Theodosius († 1850);
  • Ieromonakhos Cyprian (Manko) (1811 - 1874);
  • Ieromonakhos Ioanniky (Averkiev) (1823 - 1882);
  • Ieromonakhos Isaac (Golovin) († 1903);
  • Hieroschemamonk John (Kryukov) , pertapa Svyatogorsky (1795 - 1867);

Clergymen[sunting | sunting sumber]

  • Arkimandrit Joel Ozeryansky (abad XVII);
  • Arkimandrit Tryphon ( Skripchenko) (1865-1939);
  • Schema - Arkimandrit Mikhail (Galushko) (1877-1961);
  • Hegumen John (Streltsov) (1885 - 1970);

Holy fools[sunting | sunting sumber]

  • Biarawan Theophilus (Sharonin) († 1868 ).

Biara[sunting | sunting sumber]

Kuil dan kapel yang terletak di wilayah Svyatogorsk Lavra:[sunting | sunting sumber]

  • Katedral Asumsi Perawan Maria Yang Terberkati (1859-1868);
  • Gereja Syafaat dari Theotokos Mahakudus (dengan gereja yang lebih rendah dari Filaret yang saleh, Penyayang; 1850);
  • Gereja St. Nicholas the Wonderworker (1851);
  • Gereja gua Kelahiran Yohanes Pembaptis (hingga abad ke-16);
  • Gereja gua St. Alexis, abdi Allah (1861);
  • Gereja gua St. Anthony dan Theodosius of the Caves (hingga abad ke-18);
  • Kapel Rasul Andrew yang Dipanggil Pertama (pertengahan 1850-an)

Bangunan baru[sunting | sunting sumber]

  • Gereja Kelahiran Perawan (2011);
  • Gereja Nabi Suci Raja Daud (2011);
  • sebuah Gereja untuk menghormati semua ayah terhormat yang bersinar dalam prestasi (2011);
  • kapel diberkati dengan air (2004);
  • Kapel Santo Arseny dan Herman dari Svyatogorsk (2009);
  • Kapel Pendeta Gua Kiev (2013);
  • kapel di atas kepala (sedang dibangun);
  • Tangga Cyril dan Methodius (dipulihkan pada 2013).

Kuil dan kapel yang berafiliasi di sekitarnya[sunting | sunting sumber]

  • Sebuah katedral untuk menghormati para martir Iman, Harapan, Cinta dan ibu mereka Sophia (sedang dibangun di Svyatogorsk sebagai gereja katedral kota);
  • Skete Semua Orang Suci (2005)
  • Skete wanita Bunda Allah (2005) di desa Bogorodichnoye ( distrik Slovyansky )
  • St George Skete di desa Dolina
  • skete St. John dari Shanghai di desa Adamovka , di situs rumah Maksimovichi, tempat orang suci itu lahir
  • St Nicholas Theodosius Skete: Gereja St Nicholas the Wonderworker dengan altar samping untuk menghormati St Theodosius, Uskup Agung Chernigov (1870).
  • Skate Karmazinovka di Karmazinovka, wilayah Luhansk.

Sviatohirsk Lavra dalam ilmu numismatik[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2005, Bank Nasional Ukraina mengeluarkan koin dalam denominasi 5 dan 10 hryvnias , didedikasikan untuk monumen arsitektur dan sejarah yang terkenal (abad XVII - XIX) - Biara Tertidur Sviatohirsky.

Bagian depan koin menunjukkan ikon ajaib Bunda Allah Sviatohirska, di kedua sisinya dua malaikat memegang hadiah - koin, salib, liontin, dll., tulisan UKRAINA dalam setengah lingkaran di bagian atas, Lambang Negara kecil Senjata Ukraina di sebelah kanan, tahun pencetakan koin - 2005, di sebelah kiri, dengan setengah lingkaran di bawah:

  • pada koin perak SEPULUH HRYVYNA , serta penunjukan logam, pengujiannya - Ag 925, massa murni - 31.1 dan logo Mint Bank Nasional Ukraina.
  • pada koin perak nikel - LIMA HRYVNA; logo Mint Bank Nasional Ukraina.

Di sisi belakang koin, di tepi sungai, terdapat gambar Biara Asumsi Sviatohirsky kuno, yang terletak di kaki pegunungan kapur yang ditutupi hutan lebat, dan tulisan SVIATO-USPENSKA SVIATOHIRSK LAVRA berbentuk setengah lingkaran di atas.

Dalam sirkulasi - koin perak sejak 20 Oktober 2005, koin perak nikel sejak 8 Desember 2005

Dalam fiksi[sunting | sunting sumber]

  • Di Svyatogorsk Lavra, aksi cerita Anton Pavlovich Chekhov "Tumbleweeds" berlangsung[15].
  • Biara dijelaskan dalam cerita Ivan Alekseevich Bunin "The Holy Mountains".
  • Puisi "Pegunungan Suci" oleh Fyodor Ivanovich Tyutchev[16] didedikasikan untuk biara.
  • Vasily Ivanovich Nemirovich-Danchenko menulis esai "Holy Mountains"[17].

Galeri[sunting | sunting sumber]

Panorama cagar alam Sviatohirsky
Panorama bangunan Sviatohirsk Lavra

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Sviatohirsk Lavra of the Holy Dormition". Ukrainian Institute (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-01-10. 
  2. ^ "Поліція почала провадження через порушення карантину у Почаївській та Святогірській лаврах". РБК-Украина (dalam bahasa Rusia). 19 April 2020. Diakses tanggal 2023-01-12. 
  3. ^ Hluschenko, Olga (13 Maret 2022). "Росія бомбардувала православну Святогірську Лавру". Українська правда (dalam bahasa Ukraina). Diakses tanggal 2023-01-12. 
  4. ^ Stambaugh, Alex; Yee, Lizzy (2022-03-13). "Russian airstrike damages historic Ukrainian monastery". CNN (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-01-12. 
  5. ^ "Росіяни обстріляли Святогірську лавру: семеро потерпілих". ТСН.ua (dalam bahasa Ukraina). 2022-05-05. Diakses tanggal 2023-01-12. 
  6. ^ Soldak, Katya (5 Mei 2022). "Thursday, May 5. Russia's War On Ukraine: News And Information From Ukraine". Forbes (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-01-12. 
  7. ^ a b c d Edwards, Maxim (2022-06-07). "Clues to the Fate of Five Damaged Cultural Heritage Sites in Ukraine". bellingcat (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-01-12. 
  8. ^ Kumar, Natasha (2023-01-12). "The head of the Swedish Foreign Ministry announced the fulfillment of all conditions for joining NATO". The Times Hub (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-01-12. 
  9. ^ Glushchenko, Olga (9 Mei 2022). "Росіяни знищили скит Святогірської лаври УПЦ МП". Українська правда (dalam bahasa Ukraina). Diakses tanggal 2023-01-12. 
  10. ^ Trotsenko, Lyudmila (10 Mei 2022,). "Війська РФ знову стріляли по скитах Святогірської лаври: є поранений". ua.korrespondent.net (dalam bahasa Rusia). Diakses tanggal 2023-01-12. 
  11. ^ "У результаті обстрілів зруйновано храм Богородичного скиту Святогірської Лаври". Ukrainian Orthodox Church. 2022-05-20. Diakses tanggal 2021-01-12. 
  12. ^ "Від бомбардувань пожежа охопила Всіхсвятський скит Святогірської Лаври". Ukrainian Orthodox Church. 2022-04-06. Diakses tanggal 2023-01-12. 
  13. ^ "Святогорская лавра - на линии фронта, под контролем Украины. Что там происходит?". BBC News Русская служба (dalam bahasa Rusia). 2 September 2022. Diakses tanggal 2023-01-12. 
  14. ^ "Настоятелю Святогірської лаври Арсенію та ще 12 представникам УПЦ МП призупинили українське громадянство, — ЗМІ". Вільне радіо. 2023-01-07. Diakses tanggal 2023-01-12. 
  15. ^ "Перекати-поле (Чехов) — Викитека". ru.wikisource.org (dalam bahasa Rusia). Diakses tanggal 2023-01-12. 
  16. ^ "Святые горы (Тютчев) — Викитека". ru.wikisource.org (dalam bahasa Rusia). Diakses tanggal 2023-01-12. 
  17. ^ "Святые горы (Немирович-Данченко) — Викитека". ru.wikisource.org (dalam bahasa Rusia). Diakses tanggal 2023-01-12.