Svetozar Pribićević

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Svetozar Pribićević.

Svetozar Pribićević (bahasa Serbia: Светозар Прибићевић, pelafalan [pribǐːt͡ʃeʋit͡ɕ]; 26 Oktober 1875 - 15 September 1936) adalah seorang politikus berlatar belakang etnis Serbia di Kroasia yang menjadi salah satu pendukung utama gagasan Yugoslavisme dan negara federal yang menyatukan semua orang Slavia Selatan. Namun, belakangan ia menjadi lawan kebijakan yang sama dan menentang kediktatoran Raja Aleksandar Karađorđević.

Pribićević lahir di Kostajnica dan saat masih muda ia mempelajari matematika dan fisika di Zagreb. Ia sempat pindah ke Praha, dan sekembalinya di Zagreb ia bergabung dengan pemuda-pemuda aktif Kroasia dan Serbia yang menulis bukuNarodna misao (Gagasan Nasional, 1895). Buku ini menyatakan bahwa orang Serbia dan Kroasia adalah satu bangsa yang perlu bekerja sama dalam politik Kroasia.

Setelah berdirinya Negara Slovenia, Kroasia dan Serbia, ia pernah menjadi salah satu wakil presiden negara tersebut. Ia juga pernah menjadi Menteri Dalam Negeri dan berperan dalam memberlakukan kebijakan otoriter yang dirasa perlu untuk menertibkan negaranya seusai Perang Dunia I.

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

  • Rothschild, Joseph (1990). East Central Europe Between the Two World Wars. University of Washington Press. hlm. 438. ISBN 9780295953571.
  • Seton-Watson, Hugh (1945). Eastern Europe between the wars, 1918-1941. Cambridge University Press. hlm. 445. OCLC 490515193.