Svetlana Medvedeva

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Svetlana Medvedeva
Светлана Медведева
Svetlana Medvedeva - Светлана Медведева.jpg
Ibu Negara Kedua Rusia
Mulai menjabat
8 Mei 2012
Pendahulu Lyudmila Putina
Ibu Negara Pertama Rusia
Masa jabatan
7 Mei 2008 – 7 Mei 2012
Pendahulu Lyudmila Putina
Pengganti Lyudmila Putina
Informasi pribadi
Lahir Svetlana Vladimirovna Linnik
15 Maret 1965 (umur 53)
Kronstadt, Leningrad, Uni Soviet
Kebangsaan Russian
Pasangan Dmitry Medvedev (m. 1993)
Anak Ilya Dmitrevich Medvedev (l. 1995)
Alma mater Universitas Ekonomi dan Keuangan Negara Bagian Saint Petersburg
Profesi Ekonom

Svetlana Vladimirovna Medvedeva (bahasa Rusia: Светла́на Влади́мировна Медве́дева, diucapkan [svʲɪˈtlanə vlədʲɪˈmʲirəvnə mʲɪˈdvʲedʲɪvə]; née Linnik, bahasa Rusia: Линник) (kelahiran 15 Maret 1965), adalah istri dari Perdana Menteri Rusia saat ini dan mantan Presiden Dmitry Medvedev.

Tahun-tahun awal[sunting | sunting sumber]

Svetlana Linnik lahir dalam sebuah keluarga militer di Kronstadt, sebuah kota yang diadministrasikan oleh Leningrad. Ia adalah putri bungsu dari orangtuanya.

Svetlana bersama dengan suaminya, Dmitry

Svetlana aktif dalam aktivitas ekstrakurikuler di sekolah dan aktif menjadi bagian dalam KVN yang dibuat oleh sekolah, spektakle, penampilan dan acara-acara lainnya. Ia bertemu dengan suami masa depannya di sekolah menengah #305, di Kupchino, dekat Leningrad.[1]

Pada 1987, ia memulai studi di Universitas Ekonomi dan Keuangan Negara Bagian Saint Petersburg. Pada tahun pertamanya di universitas, ia mengubah kursus sore dan mulai bekerja waktu penuh.[1] Medvedev menikah pada 1993, setelah mereka menyelesaikan studi-studi mereka. Pada 1995, ia melahirkan putra mereka Ilya dan berhenti bekerja. Pada tahun yang sama, ia dibaptis di Gereja Ortodoks Rusia.

Aktivitas politik[sunting | sunting sumber]

Setelah pasangan tersebut berpindah ke Moskow, Medvedeva mendireksikan beberapa hubungan Rusia-Italia Kota bersaudara MilanSaint Petersburg dan VinisiaSaint Petersburg untuk mengembangkan pariwisata antara kota-kota tersebut.[1] Pada 2006, ia mengadakan seni Rusia tahunan di Bari, Italia.[2]

Svetlana Medvedeva di KTT G8 ke-34

Medvedeva menjadi Ibu Negara ketika suaminya, Dmitry Medvedev, menjadi presiden setelah kemenangannya dalam pemilihan Presidensial Rusia pada 7 Mei 2008. Pada tahun yang sama, ia mengepalai inisiatif untuk institusi Hari Keluarga di Rusia.

Pada 20 Agustus 2010 ia mengunjungi Galeri Nasional dan Museum Sejarah Armenia bersama dengan ibu negara Armenia Rita Sargsyan. Mereka menemui pelukis-pelukis seperti Ivan Aivazovsky, Vardges Surenyants, Gevorg Bashinjaghyan dan Panos Terlemezyan. Setelah pameran tersebut, ibu negara Armenia memperlihatkannya sepatu berusia 5500 tahun yang ditemukan pada 2008 di provinsi Vayots Dzor.[3]

Selain bahasa aslinya, Rusia, Medvedeva dapat berbicara dalam bahasa Perancis.

References[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c "МЕДВЕДЕВА Светлана Владимировна". Diarsipkan dari versi asli tanggal 17 Maret 2010. Diakses tanggal 9 Agustus 2010. 
  2. ^ "Biography / Diary". S. Medvedeva. Diarsipkan dari versi asli tanggal 23 Juli 2012. Diakses tanggal 10 Januari 2013. 
  3. ^ "5500-old shoe shown to Svetlana Medvedeva". News.am. 20 August 2010. Diarsipkan dari versi asli tanggal 24 August 2010. Diakses tanggal 23 June 2014. 

Templat:Dmitry Medvedev