Suzuki Karimun Estilo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Suzuki MR Wagon
Suzuki MR Wagon Sport.jpg
Informasi
ProdusenSuzuki
Maruti
Juga disebutNissan Moco
Maruti Zen Estilo
Maruti Estilo
Suzuki Karimun Estilo
Masa produksi2001–2016
PerakitanGurgaon, India[1]
Jepang
Bodi & rangka
KelasKei car
Bentuk kerangka5-door hatchback
Tata letakMesin depan, penggerak roda depan/all-wheel-drive (AWD)
Mobil terkaitSuzuki Alto
Suzuki Wagon R
Kronologi
PenerusSuzuki Karimun Wagon R (Indonesia)

Suzuki Karimun Estilo (di Jepang bernama MR Wagon) adalah mobil kei dengan bentuk bodi MPV mini yang diproduksi oleh Suzuki. Mobil ini juga dipasarkan di Jepang oleh Nissan sebagai Nissan Moco dengan perjanjian. Mobil ini kemudian juga dijual di India oleh Maruti Suzuki sebagai Maruti Zen Estilo tahun 2006. Suzuki Karimun Estilo yang dipasarkan di Indonesia adalah produk CBU yang didatangkan utuh dari India yang diproduksi oleh Maruti Suzuki.

Suzuki Karimun Estilo
Suzuki Karimun Estilo in Denpasar, Bali (right side, front view).JPG
Informasi
ProdusenPT. Indomobil Suzuki International (Indonesia)
Maruti Suzuki (India)
Juga disebutSuzuki MR Wagon (Jepang, 2001-2006)
Maruti Estilo/Zen Estilo (India, 2007-2013)
Masa produksi2007-2013
Bodi & rangka
KelasMobil perkotaan
Penyalur daya
Transmisimanual 5 percepatan
otomatis 4 percepatan
Kronologi
PendahuluSuzuki Karimun
PenerusSuzuki Splash
Suzuki Swift
Suzuki Karimun Wagon R

PT. Suzuki Indomobil Sales sebagai importir kemudian memberikan nama Karimun Estilo untuk mobil yang masuk di kategori city car tersebut, untuk melanjutkan Suzuki Karimun generasi pertama yang diluncurkan pada tahun 1999. Mobil ini pertama kali diperkenalkan kepada publik Indonesia pada tahun 2007 dengan menggunakan mesin seri F10D 4 silinder berkapasitas 1063 cc. Dalam selang waktu dau tahun, pada tahun 2009 Suzuki Indomobil Sales meluncurkan generasi barunya yang diberi nama New Karimun Estilo. Perubahan yang terjadi cukup banyak emliputi sektor eksterior, interior dan yang terutama bagian mesin. Mesin yang digunakan pada generasi terbaru adalah mesin seri K10B terbaru dengan kapasitas yang lebih kecil yaitu 998 cc, 3 silinder namun dapat menghasilkan tenaga yang lebih besar.

Penjualan Suzuki Karimun Estilo dihentikan pada tahun 2013 ketika Maruti Suzuki di India menghentikan produksi Maruti Estilo pada bulan Desember 2012 menyusul akan diluncurkannya varian city car Suzuki terbaru untuk masuk di kelas LCGC (Low Cost Green Car) yaitu Karimun Wagon R yang menggunakan tipe mesin yang sama dengan New Karimun Estilo.

Pada tahun 2013, Suzuki menghidupkan lagi Karimun, tetapi Suzuki Karimun telah digolongkan menjadi mobil LCGC sehingga bernama Suzuki Karimun Wagon R. Mobil ini diperkenalkan di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013 yang diselenggarakan pada tanggal 19-29 September 2013 lalu. Jika menilik dari segi fitur, generasi New Karimun Estilo adalah yang paling lengkap dari semua generasi Karimun yang pernah ada. Mobil ini dilengkapi dengan penyetelan ketinggian lampu depan secara elektris, pengaturan kaca spion elektris, power window kaca belakang, head rest pada ke empat kursi, dan juga pemanas kabin yang tidak didapat pada generasi Karimun sesudahnya.

Produksi Suzuki MR Wagon di Jepang dihentikan pada bulan Desember 2015, sedangkan penjualan Suzuki MR Wagon dihentikan pada tanggal 31 Maret 2016, sedangkan penjualan Nissan Moco dihentikan pada bulan Mei 2016.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]