Suzdal Kremlin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Monumen Putih Vladimir dan Suzdal
Suzdal panorama-2005.jpg
Kremlin Suzdal
Situs Warisan Dunia UNESCO
TipeBudaya
Kriteriai, ii, iv
Nomor identifikasi633-006
Kawasan UNESCOEropa dan Amerika Utara
Tahun pengukuhan1992 (sesi ke-16)

Suzdal Kremlin (bahasa Rusia: Суздальский кремль) merupakan bagian tertua dari kota Suzdal, Rusia, yang berasal dari abad ke-10.[1] Seperti Kremlin Rusia lainnya, pada awalnya kota itu merupakan kubu atau benteng dan merupakan pusat keagamaan dan administratif kota. Kota ini terkenal terutama oleh situs Katedral Kelahiran.

Bersama dengan beberapa struktur di kota tetangga Vladimir, kota tersebut dinobatkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1992.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sementara bukti arkeologi menunjukkan bahwa Suzdal Kremlin diselesaikan pada awal abad ke-10, benteng itu sendiri dibangun pada akhir abad ke-11 atau awal abad ke-12. Benteng tersebut terletak strategis di tikungan sungai Kamenka di tiga sisi dan parit di sebelah timur. Kota itu dikelilingi oleh benteng tanah yang tetap sampai sekarang.[2] Sebuah permukiman (posad Rusia: посад) ke timur menjadi rumah bagi populasi sekuler - pemilik toko dan pengrajin, sedangkan Kremlin adalah rumah pangeran, uskup agung, dan pendeta tinggi.

Dari abad ke-13 sampai abad ke-16, beberapa biara dan gereja dibangun, termasuk Katedral Kelahiran, Biara Perantaraan, dan Biara Juruselamat dan St. Euthymius.[3][4]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Galeria[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The Kremlin". Vladimir-Suzdal Museum Reserve (Russian Владимиро-Суздальский Музей-Заповедник). Diakses tanggal 2009-07-16. 
  2. ^ "Suzdal". Vladimir-Suzdal Museum Reserve (Russian Владимиро-Суздальский Музей-Заповедник). Diakses tanggal 2009-07-16. 
  3. ^ "World Heritage List No. 633 Vladimir/Suzdal" (PDF). UNESCO. 
  4. ^ "Convent of the Intercession of the Mother of God". Vladimir-Suzdal Museum Reserve (Russian Владимиро-Суздальский Музей-Заповедник). Diakses tanggal 2009-07-17.