Suur Tõll

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Suur Tõll[1] (Bahasa Inggris: Toell the Great ; arti: Tõll yang Agung), Dalam mitologi Estonia adalah sesosok pahlawan berbadan besar atau raksasa yang hidup sesuai dengan legenda di Pulau Saaremaa yang berada di Laut Baltik (Ösel).

Legenda[sunting | sunting sumber]

Tõll tinggal di desa Tõlluste bersama istrinya yang bernama Piret. Ia suka melemparkan batu-batu besar ke mana-mana, sebagian besar bertujuan untuk menghalau musuh bebuyutannya Vanatühi atau musuh lainnya dari orang-orang Saaremaa. Ia sendiri sebenarnya adalah raja Saaremaa, namun ia hidup sebagai petani biasa. Ia sering mengunjungi saudaranya Leiger di pulau tetangga Hiiumaa (Dagö). Ia begitu tinggi sehingga ia bisa berjalan dengan cepat dan memiliki jarak langkah yang besar untuk menuju ke sana (jarak Tõlluste ke pulau Hiiumaa kira-kira 5 sampai 6 km). Tongkat jalan yang ia gunakan adalah lima pasang batang kayu cemara.

Tõll adalah sosok yang sifatnya selalu ramah dan siap membantu, tapi bertemperamen keras. Ia suka makan kubis, minum bir, dan pergi ke sauna (istrinya selalu sibuk mengumpulkan batuan sebagai bahan bakar uap untuk sauna).

Kematian[sunting | sunting sumber]

Ketika seorang musuh memenggal kepalanya, sang musuh meletakkan kepalanya di atas pedangnya dan membawanya berjalan ke kuburannya, yang seharusnya berada di suatu tempat di Tõlluste. Sebelum ia tewas, Tõll berjanji akan bangkit dari kuburnya untuk membantu orang-orang apabila terjadi peperangan yang melibatkan rakyatnya. Tapi beberapa orang anak nakal mengolok-oloknya dengan berteriak, " Tõll, Tõll, bangunlah, ada perang di halaman!". Tõll kemudian bangkit lalu marah karena tidak ada peperangan yang terjadi karena itu hanyalah ulah anak-anak nakal yang mempermainkannya. Karena itulah, Tõll kembali ke kuburnya dan bersumpah tidak akan pernah bangkit lagi.

Teori[sunting | sunting sumber]

Diperkirakan bahwa cerita tentang Suur Tõll didasarkan pada penuturan cerita sejarah di wilayah Saaremaa yang sangat tinggi. Terkadang ia terhubung dengan keluarga bangsawan-bangsawan lokal Jerman (atau yang berganti kewarganegaraan menjadi Jerman). Beberapa anggota keluarga tersebut diberi tahu bahwa tubuhnya sangat tinggi (lebih dari 2,10 meter). Tõll dan Toll dapat ditemukan sebagai nama keluarga di Saaremaa apabila berkunjung ke sana hingga saat ini[2].

Zaman Modern[sunting | sunting sumber]

Di desa Ninase ada dua kincir angin tua yang membentuk kembali figur berupa ukiran patung dari Tõll dan Piret. Pengantin baru Saaremaa pergi ke sana untuk memberi penghormatan kepada pahlawan yang menjadi salah satu mitos di pulau mereka.

Kapal pemecah es Suur Tõll
  • Suur Tõll telah mengilhami beberapa film kartun dengan judul yang sama, salah satunya kartun Suur Tõll (film 1980 di kota Tallinn)[3].
  • Kapal pemecah es Suur Tõll adalah sebuah kapal pemecah es yang saat ini juga difungsikan sebagai museum kapal di Tallinn.
  • Pada tahun 2009, tiga hotel kelas paling tinggi di Estonia (Pädaste Manor, Swissôtel Tallinn, dan Hotel Schlossle) mulai menawarkan Suur Tõll khusus kepada wisatawan atas permintaan. Ini terdiri dari sesi sauna enam jam yang disesuaikan dengan kebutuhan dan tiga makanan yang diilhami kubis per hari, lengkap dengan dua gelas bir Estonia terbaik.

Referensi[sunting | sunting sumber]