Sutton Hoo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Helm ini merupakan salah satu penemuan terpenting dari Sutton Hoo
Bagian dari tanah pemakaman di Sutton Hoo

Sutton Hoo, area di dekat Woodbridge, Anglia Timur, adalah situs dua pemakaman dari abad ke-6 dan awal abad ke-7. Salah satunya merupakan sebuah tempat dikuburnya kapal yang termasuk di dalamnya artefak Anglo-Sakson. Kapal itu berisi artefak yang sangat berseni dan bersejarah, juga mengandung nilai arkeologis yang tinggi. Kebanyakan dari peninggalan tersebut sekarang berada di British Museum di London. Situs bersejarah ini berada dalam perlindungan organisasi National Trust.

Bagi para sejarawan abad pertengahan awal, Sutton Hoo memiliki makna yang mendasar, karena situs ini memberikan titik terang pada periode sejarah Inggris, yang merupakan batas antara dongeng, legenda, dan dokumentasi sejarah. Penggunaan situs tersebut mencapai puncaknya di masa Rædwald, penguasa Kerajaan Anglia Timur. Diperkirakan bahwa dialah yang dikubur di dalam kapal tersebut. Situs ini merupakan elemen yang sangat penting dalam mengkaji Kerajaan Anglia Timur-nya peradaban Anglo-Sakson, dan seluruh periode Anglo-Sakson.

Kuburan kapal tersebut, yang kemungkinan berasal dari awal abad ke-7 dan diekskavasi tahun 1939, merupakan salah satu penemuan arkeologi paling luar biasa di Inggris, karena ukuran dan kerumitannya, jangkauan koneksinya yang begitu luas, kualitas dan keindahan isinya, serta pentingnya ritual pemakaman itu sendiri. Ekskavasi pertama awalnya didanai secara swasta oleh pemilik tanah. Ketika disadari pentingnya penemuan itu, ahli-ahli nasional pun turun tangan. Kampanye arkeologis berikutnya, khususnya di akhir tahun 1960-an dan 1980-an, telah mengeksplorasi jangkauan situs yang lebih luas dan banyak pemakaman individual lain.