Suttarna II

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Shuttarna II (atau Šuttarna) merupakan seorang raja Hurri kerajaan Mitanni pada awal abad ke-14 SM.[1]

Šuttarna adalah keturunan dan mungkin putra raja agung Mitanni, Artatama I. Ia adalah sekutu Firaun Mesir Amenhotep III dan kesepakatan diplomatik para raja dicatat secara singkat dalam surat-surat Amarna. Putri Kilu-Hepa (kadang-kadang dieja Gilukhipa) diberikan kepada Amenhotep III dalam pernikahan untuk menutup aliansi antara dua wangsa kerajaan pada tahun pemerintahan firaun yang ke-10, membawa serta mahar yang besar.

Selama pemerintahan Šuttarna, kerajaan Mitanni mencapai puncak kekuasaan dan kemakmuran. Dari Alalakh di barat, Mitanni berbagi perbatasannya dengan Mesir di utara Suriah, di sekitar tepi sungai Orontes. Pusat kerajaan berada di lembah sungai Kebar di mana ibu kota Washshukanni berada. Asyur serta Arrapha di timur adalah bawahan kerajaan Mitanni. Bangsa Het berusaha menyerang wilayah utara Mitanni, tapi dikalahkan oleh Šuttarna.

Ia digantikan oleh putranya, Tushratta, atau mungkin Artashumara, dalam situasi yang meragukan.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Dise Jr., Robert (2009). "DVD 2". Ancient Empires before Alexander (DVD). Part 1 of 3. Chantilly, VA: The Teaching Company. hlm. Lecture 6: Mitanni and the Kassites. ISBN 159803557-6. 
Didahului oleh:
Artatama I
Raja Mitanni
awal abad ke-14 SM
Diteruskan oleh:
Artashumara