Susan Hayward

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Susan Hayward
Susan Hayward - 1940s.jpg
Hayward pada awal 1940-an
Lahir Edythe Marrenner
(1917-06-30)30 Juni 1917
Brooklyn, New York, A.S.
Meninggal 14 Maret 1975(1975-03-14) (umur 57)
Hollywood, California, A.S.
Sebab meninggal Kanker otak
Tempat peristirahatan Our Lady of Perpetual Help Cemetery (Carrollton Georgia)
Kebangsaan  Amerika Serikat
Pendidikan Public School 181
The Girls' Commercial High School
Pekerjaan Aktris, penyanyi
Tahun aktif 1937–1972
Suami/istri Jess Barker (m. 1944; c. 1954)
Floyd Eaton Chalkley (m. 1957; m. 1966)
Anak Gregory Barker
Timothy Barker

Susan Hayward (lahir di Brooklyn, New York, Amerika Serikat, 30 Juni 1917 – meninggal di Hollywood, California, Amerika Serikat, 14 Maret 1975 pada umur 57 tahun) merupakan seorang aktris berkebangsaan Amerika Serikat yang memenangkan nominasi Academy Award. Setelah bekerja sebagai model fesyen, Hayward pergi ke Hollywood pada tahun 1937. Dia mendapatkan kontrak film dan memainkan beberapa peran pendukung kecil selama beberapa tahun ke depan.

Pada akhir 1940-an, kualitas peran filmnya semakin meningkat, dan dia meraih pengakuan atas kemampuannya yang dramatis dengan nominasi pertama dari lima nominasi Academy Award untuk Aktris Terbaik untuk penampilannya sebagai seorang pecandu alkohol di Smash-Up, Kisah Seorang Wanita (1947). Kariernya terus berhasil melalui tahun 1950 dan dia menerima nominasi berikutnya untuk My Foolish Heart (1949), With a Song in My Heart (1952), dan I'll Cry Tomorrow (1955). Dia akhirnya memenangkan Academy Award untuk Aktris Terbaik karena dia memerankan napi hukuman mati Barbara Graham di I Want to Live! (1958).

Setelah pernikahan kedua Hayward dan selanjutnya pindah ke Georgia, penampilan filmnya menjadi jarang, meskipun ia terus berakting dalam film dan televisi sampai 1972. Dia meninggal pada tahun 1975, karena kanker otak.

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Susan Hayward dilahirkan Edythe Marrenner pada 30 Juni 1917 di Brooklyn, anak bungsu dari tiga bersaudara yang lahir dari Ellen dan Walter Marrenner. Nenek dari pihak ayah adalah seorang aktris, Kate Harrigan, dari County Cork, Irlandia. Ibunya adalah keturunan Swedia. Dia memiliki seorang kakak perempuan, Florence (lahir Mei 1910), dan seorang kakak, Walter, Jr. (lahir pada Desember 1911). Ia dilahirkan pada hari yang sama, dan di kota yang sama, sebagai penghibur Lena Horne.

Hayward dididik di Public School 181, dan lulus dari Sekolah Tinggi Komersial Girls (kemudian berganti nama menjadi Prospect Heights High School). Menurut laman alumni Sekolah Tinggi Erasmus Hall, Hayward menghadiri sekolah itu pada pertengahan 1930-an, jadi ia mungkin menghadiri Sekolah Tinggi Erasmus Hall sebelum pindah ke Sekolah Tinggi Komersial Perempuan. Selama tahun-tahun sekolah menengahnya, ia berakting dalam berbagai drama sekolah dan diberi nama Most Dramatic oleh kelasnya. Dia lulus pada Juni 1935.

Karier[sunting | sunting sumber]

Hayward memulai kariernya sebagai model fotografer, pergi ke Hollywood pada 1937, bertujuan untuk mengamankan peran Scarlett O'Hara di Gone with the Wind. Meskipun dia tidak memenangkan peran, Hayward menemukan pekerjaan memainkan bagian-bagian kecil sampai dia dilemparkan di Beau Geste (1939) berlawanan Gary Cooper. Selama tahun-tahun perang, ia berakting dengan John Wayne dua kali, sebagai pemeran kedua di Reap the Wild Wind (1942) dan sebagai wanita terdepan di The Fighting Seabees (1944). Dia juga membintangi versi film The Hairy Ape (1944). Setelah perang, karier Hayward dimulai ketika ia dikontrak oleh produser Walter Wanger untuk kontrak tujuh tahun seharga $ 100.000 setahun. dengan film pertamanya adalah Canyon Passage (1946).

Susan Hayward di Smash Up (1947)

Pada tahun 1947, ia menerima nominasi pertama dari lima nominasi Academy Award untuk perannya sebagai penyanyi klub malam beralkohol di Smash-Up, Story of a Woman, film keduanya untuk Wanger. Dia melanjutkan sebagai salah satu wanita paling populer di Hollywood dalam film seperti Tap Roots (1948), My Foolish Heart (1949), David dan Bathsheba (1951), dan With a Song in My Heart (1952).

Selama tahun 1950, ia memenangkan pujian atas penampilannya yang dramatis sebagai istri melankolis Presiden Andrew Jackson di The President's Lady (1953); aktris beralkohol Lillian Roth di Aku akan Menangis Besok (1955), berdasarkan otobiografi paling laku dari Roth dengan nama yang sama, di mana dia menerima penghargaan Cannes. Dia juga ikut membintangi pada tahun 1955, dengan Clark Gable di Soldier of Fortune, di mana Gable menindasnya tanpa belas kasihan, menyebabkan banyak kesedihan; Dia kemudian mengklaim bahwa dia membenci film dan sangat tersinggung oleh cara Gable yang tidak pantas. Lalu dia memainkan Barbara Graham, seorang pembunuh kehidupan nyata di I Want to Live! (1958). Penggambaran Hayward yang luar biasa dan bravura dari Graham membuatnya memenangkan Academy Award untuk Aktris Terbaik, dan penampilannya tetap menjadi salah satu aktor terbesar dalam sejarah Hollywood. Pada tahun 1959, ia memainkan peran utama, Mary Sharron, dalam Woman Obsessed. Pada tahun 1956, ia dilemparkan oleh Howard Hughes untuk memainkan Bortai dalam epik sejarah The Conqueror, sebagai wanita terkemuka John Wayne.

Meskipun Hayward tidak pernah benar-benar dikenal sebagai penyanyi karena dia membenci nyanyiannya sendiri, Dia menggambarkan penyanyi di beberapa film. Dalam I'll Cry Tomorrow, bagaimanapun, meskipun seorang "penyanyi hantu" sebenarnya direkrut, suaranya sendiri sebenarnya terdengar di soundtrack. Susan Hayward tampil dalam biografi musik Jane Froman dalam film tahun 1952, With a Song in My Heart, peran yang memenangkannya Golden Globe untuk film Komedi Aktris Terbaik. Suara Jane Froman dijuluki sebagai Hayward bertindak keluar dari lagu-lagu.

HHayward menerima Oscar untuk Aktris Terbaik di I Want to Live (1958)

Pada tahun 1961, Hayward membintangi sebagai seorang gadis pekerja yang menjadi istri gubernur negara bagian berikutnya (Dean Martin) dan akhirnya mengambil alih kantor itu sendiri di Ada. Pada tahun yang sama, ia bermain Rae Smith di remake mewah dari Ross Back, yang juga dibintangi oleh John Gavin dan Vera Miles. Pada tahun 1967, Hayward menggantikan Judy Garland sebagai Helen Lawson dalam adaptasi film dari Valley of the Dolls karya Jacqueline Susann.

Dia menerima ulasan bagus untuk penampilannya dalam produksi Las Vegas di Mame, tetapi meninggalkan produksi. Dia digantikan oleh Celeste Holm.

Dia terus bertindak ke awal 1970-an, ketika dia didiagnosis menderita kanker otak. Peran film terakhirnya adalah sebagai Dr. Maggie Cole pada tahun 1972, yang dibuat untuk drama TV Say Goodbye, Maggie Cole. (Film ini dimaksudkan untuk menjadi episode pilot untuk serial televisi mingguan, tetapi karena diagnosis kanker Hayward dan kesehatan yang gagal, seri ini tidak pernah diproduksi.) Penampilan publik terakhirnya adalah pada tayangnya Academy Awards pada tahun 1974, hingga sekarang. penghargaan Aktris Terbaik meskipun sangat sakit. Dengan dukungan Charlton Heston, dia mampu menyajikan penghargaan.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Hayward menikah dengan aktor Jess Barker selama 10 tahun dan mereka memiliki dua anak, putra kembar fraternal bernama Gregory dan Timothy, lahir 19 Februari 1945. Pernikahan itu digambarkan di kolom gosip Hollywood sebagai turbulen. Mereka bercerai pada 1954. Hayward berusaha bunuh diri setelah perceraian. Selama proses perceraian yang kontroversial, Hayward tinggal di Amerika Serikat daripada bergabung dengan lokasi Hong Kong untuk syuting film Soldier of Fortune. Dia syuting adegan-nya dengan co-star Clark Gable di dalam ruangan di Hollywood. Beberapa adegan singkat Gable dan ganda Hayward yang berjalan di dekat landmark di Hong Kong digabungkan dengan pengambilan gambar dalam ruangan.

Gambaran karakter Hayward setelah memenangkan Oscar untuk I Want to Live , oleh artis Nicholas Volpe

Pada tahun 1957, Hayward menikahi Floyd Eaton Chalkley, umumnya dikenal sebagai Eaton Chalkley. Dia adalah seorang peternak dan pengusaha Georgia yang dulunya bekerja sebagai agen federal. Meskipun dia adalah suami yang tidak biasa untuk seorang bintang film Hollywood, pernikahan itu bahagia. Dia tinggal bersamanya di sebuah peternakan dekat Carrollton, Georgia. Pasangan ini juga memiliki properti di seluruh garis negara bagian di Cleburne County, tepat di luar Heflin, Alabama. Ia menjadi tokoh populer di daerah yang pada 1950-an adalah jalan yang tak terpakai bagi sebagian besar selebriti. Pada bulan Desember 1964, ia dan suaminya dibaptis Katolik oleh Bapa McGuire di SS Peter dan Gereja Katolik Roma Paulus di Larimer Avenue, di bagian Liberty Timur Pittsburgh. Dia telah bertemu McGuire selama di China dan berjanji kepadanya bahwa jika dia pernah bertobat, dia akan menjadi orang yang membaptisnya. Chalkley meninggal pada 9 Januari 1966. Hayward pergi ke berkabung dan melakukan sedikit akting selama beberapa tahun, dan mengambil tempat tinggal di Florida, karena dia lebih suka untuk tidak tinggal di rumahnya di Georgia tanpa suaminya.

Sebelum pembaptisan Katolik, Hayward adalah pendukung astrologi. Ia sangat bergantung pada saran Carroll Righter, yang menyebut dirinya "Gregarious Aquarius" dan memproklamirkan diri sebagai "Astrologer to the Stars", yang memberi tahu dia bahwa waktu optimal untuk menandatangani kontrak film adalah tepat 2:47 am, menyebabkan dia mengatur alarmnya untuk 2:45 sehingga dia bisa yakin untuk mematuhi instruksinya. Hayward adalah seorang Republikan seumur hidup terdaftar, yang didukung Dwight D. Eisenhower pada tahun 1952, dan muncul di 1953 Republik Rally.

Kematian[sunting | sunting sumber]

Hayward didiagnosa menderita kanker otak pada 1973. Pada 14 Maret 1975, dia menderita kejang di rumah Beverly Hills dan meninggal pada usia 57 tahun. Dia selamat dari dua putranya dari pernikahannya dengan Barker. Suatu upacara pemakaman diadakan pada 16 Maret di Gereja Bantuan Roma Perawan Maria di Carrollton, Georgia, mayat Hayward dimakamkan di pemakaman gereja.

Hayward mungkin telah mengembangkan kanker dari kejatuhan radioaktif dari tes bom atom atmosfer sementara membuat The Conqueror dengan John Wayne di St. George, Utah. Beberapa anggota produksi, serta Wayne sendiri, Agnes Moorehead, Pedro Armendáriz, dan direkturnya Dick Powell, kemudian menyerah pada kanker dan penyakit terkait kanker. Para pemain dan kru mencapai 220 orang. Pada akhir 1980, seperti yang dipastikan oleh People, 91 dari mereka telah mengembangkan beberapa bentuk kanker dan 46 telah meninggal karena penyakit tersebut.

Susan Hayward memiliki bintang di Hollywood Walk of Fame di 6251 Hollywood Boulevard.

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Kredit film dan televisi
Tahun Judul Peran Catatan
1937 Hollywood Hotel Starlet at table Tidak terakreditasi
1938 The Amazing Dr. Clitterhouse Patient Adegan dihapus
The Sisters Operator telepon Tidak terakreditasi
Girls on Probation Gloria Adams
Comet Over Broadway Aktris amatir Tidak terakreditasi
Campus Cinderella Mahasiswi Subjek pendek
1939 Beau Geste Isobel Rivers
Our Leading Citizen Judith Schofield
$1,000 a Touchdown Betty McGlen
1941 Adam Had Four Sons Hester Stoddard
Sis Hopkins Carol Hopkins
Among the Living Millie Pickens
1942 Reap the Wild Wind Sepupu Drusilla Alston
The Forest Rangers Tana 'Butch' Mason
I Married a Witch Estelle Masterson
Star Spangled Rhythm Dirinya sendiri - Genevieve dalam Skit Prioritas
A Letter from Bataan Mrs. Mary Lewis
1943 Young and Willing Kate Benson
Hit Parade of 1943 Jill Wright
Jack London Charmian Kittredge
1944 The Fighting Seabees Constance Chesley
The Hairy Ape Mildred Douglas
And Now Tomorrow Janice Blair
Skirmish on the Home Front Molly Miller Subjek pendek
1946 Deadline at Dawn June Goffe
Canyon Passage Lucy Overmire
1947 Smash-Up, the Story of a Woman Angelica 'Angie'/'Angel' Evans Conway Nominasi—Academy Award for Best Actress
They Won't Believe Me Verna Carlson
The Lost Moment Tina Bordereau
1948 Tap Roots Morna Dabney
The Saxon Charm Janet Busch
1949 Tulsa Cherokee Lansing
House of Strangers Irene Bennett
My Foolish Heart Eloise Winters Nominasi—Academy Award for Best Actress
1951 Screen Snapshots: Hopalong in Hoppy Land Dirinya sendiri Subjek pendek
I'd Climb the Highest Mountain Mary Elizabeth Eden Thompson
Rawhide Vinnie Holt
I Can Get It for You Wholesale Harriet Boyd
David and Bathsheba Bathsheba
1952 With a Song in My Heart Jane Froman
The Snows of Kilimanjaro Helen
The Lusty Men Louise Merritt
1953 The President's Lady Rachel Donelson
White Witch Doctor Ellen Burton
1954 Demetrius and the Gladiators Messalina
Garden of Evil Leah Fuller
1955 Untamed Katie O'Neill (Kildare) (Van Riebeck)
Soldier of Fortune Mrs. Jane Hoyt
I'll Cry Tomorrow Lillian Roth
1956 The Conqueror Bortai
1957 Top Secret Affair Dorothy 'Dottie' Peale
1958 I Want to Live! Barbara Graham
1959 Thunder in the Sun Gabrielle Dauphin
Woman Obsessed Mary Sharron
1961 The Marriage-Go-Round Content Delville
Ada Ada Gillis
Back Street Rae Smith
1962 I Thank a Fool Christine Allison
1963 Stolen Hours Laura Pember
1964 Where Love Has Gone Valerie Hayden Miller
1967 The Honey Pot Mrs. Lone Star Crockett Sheridan
Valley of the Dolls Helen Lawson
Think Twentieth Herself
1972 The Revengers Elizabeth Reilly
Heat of Anger Jessie Fitzgerald TV movie
Say Goodbye Maggie Cole Dr. Maggie Cole TV movie

Peringkat box office[sunting | sunting sumber]

Selama beberapa tahun, peserta memilih Hayward di antara bintang-bintang paling populer di negara ini:

  • 1951 - 19th (US)
  • 1952 - 9th (US)
  • 1953 - 9th (US)
  • 1954 - 14th (US)
  • 1955 - 19th (US)
  • 1956 - 13th (US)
  • 1959 - 10th (US)
  • 1961 - 19th (US)

Penampilan radio[sunting | sunting sumber]

Tahun Program Episode/sumber
1946 Suspense Dame Fortune
1952 Lux Radio Theatre I Can Get It for You Wholesale
1952 Cavalcade of America Breakfast at Nancy's

Pranala luar[sunting | sunting sumber]