Suryo B. Sulisto

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Suryo Bambang Sulisto)
Suryo Bambang Sulisto
Berkas:Suryo Bambang Sulisto.png
Lahir11 Februari 1947 (umur 77)
Indonesia Solo, Jawa Tengah, Indonesia
Tempat tinggalIndonesia
Warga negaraIndonesia Indonesia
AlmamaterUniversity of Wisconsin
Washington International University
PekerjaanPengusaha
Tahun aktif1984-Sekarang
AnakAdisatrya Suryo Sulisto

Suryo Bambang Sulisto (lahir 11 Februari 1947) atau yang lebih dikenal dengan Suryo B. Sulisto adalah Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia atau Kadin periode 2010-2015 sekaligus Presiden Komisaris PT. Bumi Resources Tbk.

Riwayat Hidup[sunting | sunting sumber]

Suryo adalah anak ketiga dari tujuh bersaudara pasangan Purbokusumo Sulisto dan Arbaiah. Ia menyelesaikan pendidikan sekolah dasar dan menengahnya di Jakarta. Selanjutnya, dia menyelesaikan sekolah menengah atas (SMA) di Hamburg, Jerman, karena ayahnya mendapat tugas dari pemerintah sebagai kepala perwakilan sebuah BUMN. Kemudian, Suryo pindah ke Amerika Serikat dan menyelesaikan pendidikan sarjananya dengan gelar Bachelor of Science (BSc) dari University of Wisconsin dalam bidang ekonomi dan bisnis.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Karier[sunting | sunting sumber]

Jenjang karier Suryo B. Sulisto:

  • Pendiri Satmarindo Group.
  • Presiden Komisaris PT. Bumi Resources Tbk.
  • Presiden Komisaris PT. Giordano Indonesia.
  • Mantan Komisaris PT. Jamsostek (Persero).
  • Mantan Utusan Khusus Presiden RI untuk wilayah Amerika Utara, Tengah, dan Selatan
  • Ketua Komite Kerja sama Ekonomi Indonesia-Taiwan tahun 1986 - 1994.
  • Ketua Penyelenggara Konferensi Puncak Bisnis ASEAN tahun Maret 1997.
  • Perwakilan Indonesia dalam Dewan Bisnis APEC tahun 1998 - 2000.
  • Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin Indonesia) 2010- 2015.

Riwayat Karier[sunting | sunting sumber]

Ia mendirikan Satmarindo Group, perusahaan kontraktor lepas pantai dan pemilik kapal-kapal besar Asia Tenggara, setelah menuntaskan pendidikan di luar negeri. Kini perusahaan itu memperluas usahanya pada bidang pariwisata, fabrikasi baja, retail dan pertambangan batubara. Selain itu, pada tahun 2001-2007, Sulisto menjabat Komisaris PT. Jamsostek dan sekarang menjadi Komisaris Utama perusahaan pertambangan batubara PT. Bumi Resource Tbk. Pria yang menikah dengan Cicie Sri Redjeki dan dikaruniai tiga anak itu sudah bergabung dalam kepengurusan Kadin sejak tahun 1980 dengan berbagai posisi. Mulai dari departemen luar negeri dan investasi, departemen pertambangan dan energi, ketua Kadin Bidang Promosi Perdagangan, Pariwisata dan Investasi dan terakhir menjabat Ketua Dewan Pertimbangan Kadin Indonesia. Utusan Khusus Presiden untuk wilayah benua Amerika tahun 1998-2001 itu juga bergabung dengan Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) dan saat ini menjadi ketua umumnya. Ia pendiri dan pengurus Yayasan Teknologi dan Lingkungan, Presiden ASEAN Travel Association, dan Indonesian Business Associaion of Singapura, serta Ketua Kadin Indonesia Komite Inggris dan Kadin Indonesia Komite Brasil. PT Satmarindo Group yang didirikan Suryo Sulisto tahun 1975 adalah perusahaan yang bergerak di berbagai sektor seperti baja, pertambangan batubara, pariwisata dan retail. Satmarindo berencana membangun pabrik kelapa sawit di Sulawesi Tengah dan pengolahan gas cair di Banten dengan investasi Rp. 3,5 Triliun. Kedua anak laki-lakinya, Adisatriya dan Naraya, saat ini melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan Suryo di Satmarindo, sedangkan putrinya, Syarika, memilih aktif di dunia film dengan mendirikan perusahaan sendiri.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Jabatan bisnis
Didahului oleh:
Adi Putra Darmawan Tahir
sebagai Ketua Pergantian Antar Waktu (PAW)
Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia
2010–sekarang
Petahana