Surat lamaran

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Surat sampul)
Lompat ke: navigasi, cari

Surat lamaran, surat pengantar, surat motivasi adalah sebuah surat pengantar yang melekat pada, atau yang menyertai dokumen lain seperti resume atau curriculum vitae.[1]

Untuk kerja[sunting | sunting sumber]

Pencari kerja sering mengirim surat lamaran beserta curriculum vitae untuk melamar pekerjaan sebagai cara untuk memperkenalkan diri mereka kepada calon pimpinan dan menjelaskan kesesuaian mereka untuk posisi yang diinginkan.[2] Pengusaha dapat mencari individu dan serius menulis surat lamaran sebagai salah satu metode pencarian pelamar yang tidak cukup tertarik pada posisi mereka atau yang tidak diperlukan keterampilan dasar.

Kegunaan lainnya[sunting | sunting sumber]

Surat lamaran dapat juga berfungsi sebagai pemasaran perangkat bagi calon pencari kerja. Surat pengantar yang digunakan dalam koneksi dengan banyak dokumen bisnis seperti aplikasi pinjaman, draf kontrak dan proposal, dan dokumen eksekutif. Surat lamaran dapat menjadi percobaan untuk menangkap minat pembaca atau membujuk pembaca tentang sesuatu, atau mereka mungkin hanya menjadi persediaan atau ringkasan dari dokumen-dokumen yang disertakan bersama dengan diskusi tentang masa depan yang diharapkan tindakan pengirim atau penerima akan mengambil sehubungan dengan dokumen.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Yate, Martin John (2004). "What Is a Cover Letter?". Cover letters that knock 'em dead (edisi ke-6th). Avon, MA: Adams Media. hlmn. 1–6. ISBN 978-1-59337-107-4 – via Google Books. 
  2. ^ "Cover Letters". MIT Global Education & Career Development. 

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]