Surat Paulus kepada Jemaat di Laodikia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Surat Paulus kepada Jemaat di Laodikia adalah sebuah surat yang diyakini hilang dari Rasul Paulus, keberadaan aslinya bermula dari sebuah instruksi dari sebuah gereja di Kolose untuk mengirim surat mereka kepada gereja di Laodikia, dan tampaknya merupakan salinan surat "dari Laodikia" (Yunani: ἐκ Λαοδικείας, ek laodikeas).[1]

Dan bilamana surat ini telah dibacakan di antara kamu, usahakanlah, supaya dibacakan juga di jemaat Laodikia dan supaya surat yang untuk Laodikia dibacakan juga kepadamu.

Identifikasi dengan Surat Paulus kepada Jemaat di Efesus[sunting | sunting sumber]

Beberapa cendekiawan menyatakan bahwa surat tersebut merujuk kepada kitab kanonik Surat Paulus kepada Jemaat di Efesus, dengan alasan bahwa surat tersebut adalah sebuah surat edaran (sebuah ensiklik) untuk dibacakan kepada banyak gereja di wilayah Laodikia.[2] Pihak lain meragukan pandangan tersebut.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Watson E. Mills; Roger Aubrey Bullard (1990). Mercer Dictionary of the Bible. Mercer University Press. hlm. 500. ISBN 978-0-86554-373-7. 
  2. ^ See, for example: Theodore Beza, Novum Testamentum, cum versione Latina veteri, et nova Theodori Bezæ; James Ussher, Annales Veteris et Novi Testamenti; and modern scholars John Lightfoot, Fenton John Anthony Hort, Douglas Campbell, and others.
  3. ^ See, for instance: N. A. Dahl, Theologische Zeitschrift 7 (1951); and W. G. Kummel, et al., Introduction to the New Testament.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]