Surat Gediminas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Gediminas, Adipati Agung Lituania

Surat Gediminas adalah surat yang ditulis oleh salah satu adipati Lituania, Adipati Gediminas dalam kurun waktu 1323–1324 pada masa Kekaisaran Romawi Suci. Terdapat 6 transkrip dari surat-surat ini yang masih bertahan. Surat-surat ini adalah salah satu dokumen pertama yang masih ada dari Kadipaten Agung Lituania. Karena mereka dikirim ke Eropa Barat, paus, pedagang, dan pengrajin, mereka ditulis dalam bahasa Latin.

Surat pertama ditulis untuk Paus Yohanes XXII. Gediminas mengklaim bahwa Ksatria Teutonik tidak bertindak demi kepentingan iman Katolik. Sebaliknya, mereka secara brutal menghancurkan tanah itu. Orang-orang dipaksa melakukan perlawanan. Gediminas menyebutkan banyak kejahatan dan kerusakan yang dilakukan oleh para ksatria; Sebagai contoh, dia mengklaim bahwa pendahulunya, Vytenis, mengirim sebuah surat kepada biarawan Fransiskan untuk meminta dua saudara laki-laki yang bisa datang ke Kadipaten Agung Lituania untuk merawat gereja lokal. Ketika Ksatria Teutonik mengetahui tentang surat tersebut, mereka mengirim tentara mereka dan menghancurkan gereja tersebut. Dalam kalimat terakhir Gediminas tersirat berjanji untuk menerima agama Kristen dan mematuhi paus.

Surat kedua ditulis pada tanggal 25 Januari 1323 yang ditujukan ke kota-kota di Jerman seperti Lübeck, Sund, Bremen, Magdeburg, Cologne dan kota-kota lain di wilayah Kekaisaran Romawi Suci. Gediminas menjelaskan bahwa Kadipaten Agung Lituania sangat toleran terhadap orang-orang Kristen, namun tetap menjadi penyembah berhala dan tidak menerima agama Kristen hanya karena Ksatria Teutonik yang brutal. Dia menceritakan tentang surat pertama yang dikirim ke paus dan niatnya untuk membaptis dalam ritual agama Katolik. Gediminas mengundang para ksatria, perawat, pedagang, dokter, tukang pahat, tukang roda, tukang sepatu, tukang kulit, pekerja penggilingan, dan lain-lain untuk datang ke Kadipaten Agung dan mempraktekkan perdagangan dan iman mereka tanpa ada batasan. Para petani dijanjikan pembebasan pajak selama sepuluh tahun. Para pedagang juga dibebaskan dari tarif atau pajak. Surat ini paling dikenal karena Vilnius, ibu kota Lituania, disebutkan dalam sumber tertulis untuk pertama kalinya. Oleh karena itu, tahun 1323 dianggap sebagai tahun resmi berdirinya kota Vilnius. Gediminas dianggap sebagai pendiri kota meskipun kota itu ada beberapa tahun sebelum pemerintahan Gediminas. Juga, Vilnius jelas disebut sebagai ibu kota. Undangannya terutama termasuk untuk orang-orang Yahudi Jerman dan juga orang-orang Kristen, dan penerbitannya terkait erat dengan pendirian komunitas Yahudi di Lituania.

Surat ketiga yang ditujukan ke kota Lübeck, Rostock, Sund, Greifswald, Stetin, Gotland ditulis pada tanggal 26 Mei 1323. Intinya mengulangi surat kedua. Ia meminta berbagai pengrajin (daftar kerajinan diperluas) untuk datang ke Lituania dan mempraktikkan perdagangan mereka. Dikatakan bahwa ada tiga gereja di dalam duchy: dua Fransiskan (di Vilnius dan di Navahradak) dan satu orang Dominikan. Semua orang bebas menggunakannya.

Surat keempat dan kelima juga ditulis pada tanggal 26 Mei 1323 dan ditujukan kepada Ordo Fransiskan dan Dominikan. Gediminas, untuk mengantisipasi pembaptisannya, mengundang para imam dan biarawan untuk datang ke Kadipaten Agung Lituania. Dia juga meminta untuk menyebarkan berita tersebut kepada orang-orang pengrajin yang mereka sambut di Lituania. Dalam surat kepada orang-orang Dominikan, Gediminas menyebutkan bahwa segelnya dibakar oleh Ksatria Teutonik.

Surat terakhir yang masih ada ditulis pada 22 September 1324 dan ditujukan kepada uskup Tartu, Erzel, penguasa tanah Tallinn, dan Dewan Riga. Dilaporkan bahwa Ksatria Teutonik telah melanggar sebuah perjanjian damai yang ditandatangani sebelumnya. Ksatria menyerang daerah perbatasan, membunuh penduduk, dan mengambil semua barang berharga. Banyak utusan ditangkap dan dibunuh. Gediminas meminta bantuan untuk menegakkan perjanjian tersebut.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • (Lituavi) Gedimino laiškai (Letters of Gediminas), versi teks utuh, Lithuanian Classical Literature Anthology, Institute of Lithuanian Scientific Society. Diakses 24 Juni, 2006.
  • (Lituavi) S. C. Rowell. Chartularium Lithuaniae res gestas magni ducis Gedeminne illustrans. Gedimino laiškai. ISBN 5-415-01700-3

Pranala luar[sunting | sunting sumber]