Superman (film 1978)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Superman (film))
Superman
Berkas:Superman ver1.jpg
SutradaraRichard Donner
ProduserAlexander Salkind
Ilya Salkind
Pierre Spengler
Richard Lester
Michael Thau
Ditulis olehSkenario:
Mario Puzo
David Newman
Leslie Newman
Robert Benton
Cerita:
Mario Puzo
Buku Komik:
Jerry Siegel
Joe Shuster
PemeranChristopher Reeve
Gene Hackman
Margot Kidder
Marlon Brando
Glenn Ford
Phyllis Thaxter
Jackie Cooper
Marc McClure
Valerie Perrine
Ned Beatty
Penata musikJohn Williams
SinematograferGeoffrey Unsworth
PenyuntingStuart Baird
Michael Ellis
Michael Thau
DistributorWarner Bros.
Tanggal rilis
15 Desember 1978
Durasi143 menit
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$55 juta
Pendapatan
kotor
$300.22 juta
SekuelSuperman II
IMDbInformasi di IMDb
Situs webhttp://www2.warnerbros.com/superman/home.html

Superman merupakan sebuah film asal Amerika Serikat yang dirilis pada tahun 1978. Film yang disutradarai oleh Richard Donner ini pemainnya antara lain ialah Christopher Reeve, Gene Hackman, Margot Kidder, Marlon Brando, dan masih banyak lagi. Tanggal rilisnya pada 15 Desember 1978.

Karakter fiksi Superman, telah muncul di berbagai film hampir sejak awal. Dia memulai debutnya di bioskop dalam serangkaian film animasi pendek yang dimulai pada tahun 1941, dan kemudian membintangi dua serial film pada tahun 1948 dan 1950. Sebuah studio independen, Lippert Pictures, merilis film fitur Superman pertama, Superman and the Mole Men, yang dibintangi George Reeves, pada tahun 1951. Ilya dan Alexander Salkind dan Pierre Spengler membeli hak film Superman pada tahun 1974.

Setelah banyak naskah, Richard Donner disewa untuk mengarahkan film, pembuatan film Superman (1978) dan Superman II (1980) secara bersamaan. Donner sudah menembak delapan puluh persen dari Superman II dengan Christopher Reeve sebelum diputuskan untuk menyelesaikan syuting film pertama. Salkinds memecat Donner setelah Superman dibebaskan dan menugaskan Richard Lester sebagai direktur untuk menyelesaikan Superman II. Lester juga kembali untuk Superman III (1983), dan Salkinds selanjutnya memproduksi Supergirl spin-off 1984 yang terkait sebelum menjual hak untuk Cannon Films, sehingga Superman IV: The Quest for Peace (1987) yang diulas dengan buruk. Ilya Salkind menugaskan skrip Superman kelima sebelum Warner Bros memperoleh hak sepenuhnya pada tahun 1993.

Selama sebelas tahun, Warner Bros akan mengembangkan dan kemudian membatalkan Superman Lives Tim Burton, yang akan dibintangi Nicolas Cage, Wolfgang Petersen's Batman vs Superman, dan J. J. Abrams menulis Superman: Flyby, yang dilakukan antara sutradara Joseph "McG "Nichols dan Brett Ratner. Studio tersebut merekrut Bryan Singer untuk mengambil alih film pada 2004, merilis Superman Returns pada 2006, yang dibintangi oleh pendatang baru Brandon Routh. Potongan sutradara Donner untuk Superman II juga dirilis tahun itu. Meskipun mendapat ulasan positif, Warner Bros kecewa dengan kinerja keuangan Superman Returns, dan membatalkan sekuel yang diusulkan Singer. Studio hampir masuk ke produksi film Justice League dengan George Miller mengarahkan dan D.J. Cotrona sebagai Superman, tetapi ditangguhkan pada tahun 2008 dan seri film itu reboot pada 2013 dengan Man of Steel, disutradarai oleh Zack Snyder dengan Henry Cavill dibintangi sebagai Superman . Snyder dan Cavill bekerja bersama lagi di Batman v Superman: Dawn of Justice and Justice League.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]