SuperFetch

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

SuperFetch adalah sebuah teknologi I/O dalam Windows Vista yang memuat aplikasi-aplikasi yang umum digunakan terlebih dahulu ke dalam memori agar mengurangi waktu pemuatan aplikasi-aplikasi tersebut. SuperFetch merupakan versi yang ditingkatkan dari prefetcher yang telah ada di dalam Windows XP.

Tujuan diadakannya SuperFetch adalah untuk meningkatkan performa dalam beberapa situasi saat pengguna sedang menjalankan pemindaian anti-virus atau utilitas backup yang mungkin akan membuat informasi yang baru saja digunakan disimpan di dalam paging file, atau bahkan dihapus dari cache memori, sehingga membuat jeda yang panjang saat pengguna kembali lagi menggunakan komputernya setelah tidak digunakan selama beberapa waktu.

SuperFetch juga menyimpan kapan waktu dalam sehari aplikasi tersebut digunakan, sehingga ia dapat memuat informasi yang dibutuhkan pada masa yang akan datang yang bisa diprediksi secara cerdas.

Normalnya, semua berkas yang dibutuhkan dimuat ke dalam memori utama, tapi Windows Vista dapat menggunakan media penyimpanan alternatif, seperti halnya USB flash drive, sehingga hal ini dapat mengurangi penggunaan memori fisik utama. Meskipun hard disk sering memiliki kecepatan transfer data yang lebih tinggi, flash drive dapat mengungguli hard disk dalam menangani berkas-berkas kecil atau I/O berurutan (sequential I/O), karena memang waktu pencarian secara acak (random seek time) yang dimiliki oleh USB flash drive lebih singkat ketimbang hard disk.