Sunifred dari Barcelona

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Sunifred merupakan seorang Comte Barcelona serta banyak county Catalunya dan Septimania; termasuk Ausona, Besalú, Girona, Narbonne, Agde, Béziers, Lodève, Melgueil, Cerdanya, Urgell, Conflent, dan Nîmes; dari tahun 834 hingga 848 (Urgell dan Cerdanya) dan dari tahun 844 hingga 848 (lain-lain).

Dia mungkin putra[1] Belló, Comte Carcassonne, atau lebih mungkin, menantu.[2] Pada tahun 834, ia ditunjuk sebagai comte Urgell dan Cerdanya oleh Ludwig yang Saleh, Kaisar Romawi Suci; pada saat negara-negara ini berada dalam kendali Aznar Galíndez I, sekutu Bani Qasi). Sunifred menaklukkan Cerdanya pada tahun 835 dan Urgell tiga tahun kemudian (838).

Dalam perjuangan dinasti yang menyertai tiga tahun antara kematian Ludwig yang Saleh (840) dan Perjanjian Verdun (843), Bernard dari Septimania, Comte Barcelona (dan banyak pawai dan county lainnya, termasuk Septimania, Girona, Narbonne, Béziers, Agde, Melgueil, Nîmes, dan Toulouse) selaras dengan Pippin II dari Aquitaine, sementara Sunifred, saudaranya Sunyer I, Comte Empúries, dan putra-putra mereka (kadang-kadang disebut sebagai wangsa Bellonid) menempatkan kesetiaan mereka dengan Karl yang Botak.

Pada tahun 841, Moor menyerbu Barcelona dan berbaris melawan Narbonne melalui wilayah Cerdanya. Sunifred menghentikan mereka dalam pertempuran dingin, suatu peristiwa yang tentu saja memengaruhi Karl yang Botak terhadapnya. Karena pada tahun 844, Karl mereklamasi Toulouse dari Pippin II, menangkap Bernard dari Septimania, dan mengeksekusinya. Sebagai imbalan atas kesetiaannya, Charles memberi Sunifred penghormatan batal Barcelona, Girona, dan pawai Mark Hispanika. Sunifred juga menambah domainnya ketika Conflent jatuh ke tangannya, sebagai penguasa Cerdanya, atas kematian Bera II.

Sepanjang masa pemerintahannya, dia menyendiri dari Guillem dari Septimania, putra Bernat, yang telah bangkit pada tahun 844 melawan Karl yang Botak. Pada tahun 848, Guillem ditunjuk sebagai comte Toulouse dan Empúries oleh Pippin II. Dia dengan cepat pindah untuk menyingkirkan Sunifred dan Sunyer. Kedua bersaudara meninggal pada tahun 848 dan beberapa county mereka diasumsikan oleh Guillem. Sunifred konon meninggal karena sebab alami, tetapi penyebab kematian Sunyer tidak diketahui.

Sunifred I menikahi Ermesenda, dan memiliki keturunan sebagai berikut:

  • Guifré († 11 Agustus 897)
  • Radulf dari Besalú († 920)
  • Miro Tua († 896)

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ As suggested by R. d'Abadal, Els primers comtes catalans (1958)
  2. ^ See A. Lewis, The Development of Southern French and Catalan Society, 718-1050 (1965), Ch. 6, note 9
Didahului oleh:
Aznar Galíndez I
Comte Cerdanya
Comte Urgell

834–848
Diteruskan oleh:
Salomó I dari Urgell
Didahului oleh:
Bernard dari Septimania
Comte Barcelona
844–848
Diteruskan oleh:
Guillem dari Septimania