Sungai Walanae

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Sungai Walanae
Sungai Cenranae
Negara Indonesia
Provinsi Sulawesi Selatan
Region Kabupaten Bone, Kabupaten Soppeng, Kabupaten Wajo
Sumber Gunung Rupulumuwe
 - location Desa Pattuku, Kecamatan Bontocani, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, Indonesia
 - elevation 1.562 ft (476 m)
Muara Muara Cenranae
 - location Teluk Bone, Kecamatan Cenrana, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, Indonesia
 - elevation ft (0 m)
Panjang 169 km (105 mi)
Lebar 10-15 km (1 mi)
DAS 4.780 km2 (1.846 sq mi)
Jembatan di atas Sungai Walanae dekat Watansoppeng pada tahun 1920-an

Sungai Walanae adalah sebuah sungai di provinsi Sulawesi Selatan. Sungai Walanae berhulu di Pegunungan Bonto Tangui-Bohonglangi di perbatasan Kabupaten Bone dengan Kabupaten Gowa serta Kabupaten Maros. Sungai ini kemudian mengalir sekira 180 Km dari selatan ke utara menuju Aluvial Danau Tempe dan berbelok ke timur hingga bermuara ke Teluk Bone di Kabupaten Bone. Nama Walanae diambil dari nama sebuah dusun di Desa Pattuku, Kecamatan Bontocani, Kabupaten Bone. Namun diwilayah hilir, Sungai Walane lebih dikenal dengan nama Sungai Cenranae.

Anak Sungai[sunting | sunting sumber]

Sungai Walanae mempunyai anak sungai yang cukup besar yaitu:

  1. Sungai Hulo
  2. Sungai Camba
  3. Sungai Mallawa
  4. Sungai Lawo
  5. Sungai Ullaweng
  6. Sungai Tellulimpo
  7. Sungai Pattuka
  8. Sungai Mario
  9. Sungai Malanroe
  10. Sungai Billa
  11. Sungai Opo
  12. Sungai Unyi

Daerah Aliran Sungai[sunting | sunting sumber]

Sungai Walanae merupakan sungai utama di Daerah Aliran Sungai (DAS) Walanae. DAS Walanae adalah salah satu dari 17 DAS yang dikelola BP DAS Jeneberang-Walanae. DAS Walanae termasuk dalam kategori DAS prioritas I (satu) dengan luas wilayah yang meliputi Kabupaten Bone, [[Kabupaten Enrekang, Kabupaten Luwu, Kabupaten Maros, Kabupaten Pinrang, Kabupaten Sidrap, Kabupaten Soppeng, Kabupaten Tana Toraja dan Kabupaten Wajo. DAS Walanae terdiri dari 7 (tujuh) Sub DAS, yaitu; Batu Puteh, Malanroe, Mario, Minraleng, Sanrego, dan Walanae.

Danau Tempe[sunting | sunting sumber]

Di tengah DAS Walanae terdapat sebuah danau yaitu Danau Tempe. Danau Tempe adalah danau alami terbesar kedua di Pulau Sulawesi. Ada dua sungai utama dengan 28 anak sungai yang mengalir ke dalam sistem danau Tempe, yaitu Sungai Bila dai utara dan Sungai Walanae dari selatan. Sistem danau Tempe terdiri dari tiga danau, yaitu Danau Tempe, Danau Sidenreng, dan Danau Buaya. Pada musim hujan ketiga danau ini bergabung membntuk satu danau Besar, sedangkan pada musim kemarau danau tersebut terbagi menjadi tiga danau yang terpisah satu sama lain. Danau Tempe terletak di 3 kabupaten, yaitu Kabupaten Sidrap, Kabupaten Wajo, dan Kabupaten Soppeng.

Referensi[sunting | sunting sumber]