Lompat ke isi

Sungai Tabuk, Simpang Empat, Banjar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sungai Tabuk
Negara Indonesia
ProvinsiKalimantan Selatan
KabupatenBanjar
KecamatanSimpang Empat
Kode pos
70653
Kode Kemendagri63.03.08.2026 Edit nilai pada Wikidata
Luas635,5 km
Jumlah penduduk503


Sungai Tabuk merupakan salah satu desa yang ada di Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Indonesia.

Geografis Desa[sunting | sunting sumber]

Desa Sungai Tabuk, Kecamatan Simpang Empat terletak diantara dua desa yaitu pada bagian barat laut bersebelahan dengan desa Cabi dan pada bagian selatan bersebelahan dengan desa Tanah Intan. Kawasan desa akan terlihat setelah melewati perkebunan pohon karet yang menjadi salah satu sumber mata pencaharian masyarakat di sana. Jauh dari desa, terdapat lahan persawahan dan penambangan.

Demografi Desa[sunting | sunting sumber]

Keadaan demografi Desa Sungai Tabuk yakni memiliki populasi dengan jumlah 167 Kepala Keluarga dan jumlah keseluruhan penduduk sekitar 503 orang, dengan keterangan jumlah laki-laki sebanyak 265 orang dan perempuan sebanyak 238 orang. Dimana usia yang mendominasi adalah dewasa dengan usia 30 tahunan, wanita pria, anak-anak, dan lansia. Untuk kepercayaan sendiri, warga rata-rata pemeluk agama Islam.

Sistem Pemerintahan Desa[sunting | sunting sumber]

Desa ini mempunyai sistem seperti desa umumnya. seperti untuk pemilihan kepala desa dilakukan langsung oleh masyarakat setempat dengan melakukan pemilihan seperti pemilu. lalu untuk perangkat desa seperti sekretaris desa diusulkan oleh kepala desa, dipilih, diangkat dan ditetapkan oleh camat. sama halnya dengan perangkat desa lainnya, diusulkan oleh kepala desa, dipilih, diangkat dan ditetapkan oleh camat untuk semua perangkat desa serta kepala desa memiliki masa jabatan 6 tahun.

Lalu untuk pemilihan BPD di desa Sungai Tabuk Kecamatan Simpang Empat, untuk saat ini sudah memiliki 5 anggota yang telah dipilih oleh perwakilan masyarakat desa secara musyawarah dan mufakat. Untuk pemimpin BPD dipilih oleh kepala desa dan disetujui oleh camat.

untuk LKD ( Lembaga Kemasyarakatan Desa ) di desa Sungai Tabuk masih belum memiliki. sedangkan untuk jumlah organisasi anggota lembaga kemasyarakatan desa termasuk RT, RW, PKK, LKMD/K, LPM, Karang Taruna, Bumdes, Lembaga Adat, Kelompok Tani dan Lembaga lainnya sesuai ketentuan memiliki 3 unit organisasi dengan pemilihan anggota ditunjuk dan diangkat oleh kepala desa/ lurah.

Kondisi Sosial, Ekonomi dan Budaya Masyarakat[sunting | sunting sumber]

Dalam bidang ekonomi terdapat beberapa sektor atau mata pencaharian pada Desa Sungai Tabuk. Sektor utama berada pada pertanian dan perkebunan karet yang mana setiap hari dikumpulkan yang nantinya akan dijual pada pengepul getah karet, serta ada juga perkebunan tanaman rempah-rempah seperti lengkuas, jahe, kencur, dan lainnya. Selanjutnya, ada sektor Industri Kecil & Kerajinan Rumah Tangga berupa pandai kayu, pandai batu, pandai kue dan penjahit. Dan yang terakhir sektor Jasa yaitu PNS, bidan, guru, karyawan swasta dan supir..

Sarana dan Prasarana[sunting | sunting sumber]

Pada umumnya, sarana transportasi yang digunakan oleh masyarakat Desa Sungai Tabuk untuk mencapai balai desa, sekolah maupun rumah dengan jalan kaki lantaran jarak antar bangunan lumayan dekat dan dipermudah dengan adanya jalanan beraspal. Sedangkan kendaraan bermotor roda dua maupun roda empat, biasanya lebih digunakan ke tempat-tempat yang lebih jauh misalnya ke desa sebelah, mengangkut hasil panen perkebunan dan sawah ataupun urusan yang harus keluar desa.

Adapun prasarana yang terdapat dalam Desa Sungai Tabuk antara lain:

- BPD

- POSKESDES Sungai Tabuk

- Masjid Ruhama

- SMP Negeri 3 Simpang Empat [1]

- PAUD (Bersebelahan dengan bangunan SMP Negeri 3 Simpang Empat)

- Madrasah Nida As Salam

- Rumah warga

Keunikan/ potensi desa[sunting | sunting sumber]

Keunikan desa sungai tabuk di kecamatan simpang 4 memang tidak terlalu menonjol, dengan lahan kebun getah yang luas dibandingkan dengan lahan penduduk desa. Untuk masuk dari desa sungai tabuk, kita akan disambut dengan sejuknya kebun pohon getah yang tersusun rapi serta pohon yang tinggi dan hijau menambah sejuknya udara disana.

Desa sungai tabuk tidak hanya memiliki kebun getah saja tapi ada juga lahan pertanian tapi lahan pertanian ini jauh dari desa sehingga kadang masyarakat desa untuk memanen padi menggunkan motor atau alat bantu lainnya untuk bisa meangkut hasil panen.

Walapun begitu, potensi desa sungai tabuk juga ada jika dikembangkan dengan baik seperti membuat spot foto di tengah kebun getah yang bisa membuat foto lebih alami serta indah. Ataupun bisa melihat lihat orang bagaimana memanen pohon getah dan melihat lihat hewan primata seperti moyet disana yang masih banyak berkeliaran.

Permasalahan[sunting | sunting sumber]

Permasalahan yang sering terjadi setiap tahunnya adalah bencana banjir.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Data Referensi Pendidikan". referensi.data.kemdikbud.go.id. Diakses tanggal 2021-09-11. 
  2. ^ Liputan6.com (2021-01-15). "Banjir Setinggi Atap Rumah, Ribuan Warga Simpang Empat Kalsel Mengungsi". Liputan6.com. Diakses tanggal 2021-09-11.