Sungai Selari, Bukit Batu, Bengkalis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Sungai Selari
Desa
Negara Indonesia
ProvinsiRiau
KabupatenBengkalis
KecamatanBukit Batu
Kodepos28761
Luas+ 48,00 KM²
Jumlah penduduk3.823 jiwa (2009)
Kepadatan79,64 jiwa/KM²

Desa Sungai Selari adalah salah satu Desa di Indonesia yang terletak di Kecamatan Bukit Batu, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau yang telah ada sebelum diproklamirkannya Kemerdekaan Negara Republik Indonesia tahun 1945 oleh Ir Soekarno.

Desa Sungai Selari telah berdiri sejak zaman Belanda di bawah Pemerintahan Kerajaan Siak Sri Inderapura hingga saat ini di bawah Pemerintahan Daerah Kabupaten Bengkalis.

Desa Sungai Selari telah di diami oleh suku Melayu sebagai masyarakat asli tempatan yang kemudian berbaur berbagai suku (Cina, Batak, Jawa, Minang, Ambon, Bugis, dll) yang yang datang kemudian dengan berbagai kepentingan.

Secara geografis Desa Sungai Selari terletak di pesisir timur pulau Sumatra dan berhadapan dengan pulau Bengkalis yang dipisahkan oleh Selat Bengkalis, Luas Desa Sungai Selari adalah + 48,00 KM² memiliki batas sebagai berikut:

  1. Sebelah Utara berbatasan Selat Bengkalis, Desa Buruk Bakul.
  2. Sebelah Selatan berbatasan Kelurahan Sungai Pakning.
  3. Sebelah Barat berbatasan Kecamatan Mandau.
  4. Sebelah Timur berbatasan Selat Bengkalis.

Dengan letak yang strategis, Desa Sungai Selari telah menjadi pusat jalur transportasi baik laut, darat, maupun udara. Pada jalur transportasi Laut, Pemerintah Kabupaten Bengkalis telah menyiapkan fasilitas pelabuhan ferry yang merupakan akses jalur transportasi dari pulau Sumatra bagi masyarakat lokal maupun di luar Kabupaten Bengkalis. Pada jalur transportasi Darat, Pengusaha Lokal telah Agen agen transportasi menuju Kota Dumai maupun Pekanbaru. Begitu juga untuk jalur transportasi Udara PT Pertamina menyiapkan pelabuhan Udara yang kemudian dikelola bersama dengan Pemerintah Kabupaten Bengkalis.

Selain itu Pemerintah Kabupaten Bengkalis telah menetapkan Desa Sungai Selari sebagai pusat Pemerintahan Kecamatan Bukit Batu dengan membangun fasilitas perkantoran sebagai penunjang kinerja

Aparatur pemerintahan dalam melaksanakan pelayanan terhadap Masyarakat di Kecamatan Bukit Batu Masyarakat Desa Sungai Selari berjumlah 3.823 jiwa (data sekretariat Daerah Kab. Bengkalis 2009) dengan berbagai macam mata pencaharian antara lain Nelayan, Petani, Karyawan Swasta, wiraswasta, Pegawai negeri, dll.

Masyarakat asli Desa Sungai Selari selalu mengedepankan sikap bersahabat sesuai dengan ada istiadat yang dipegang teguh secara turun temurun.[1]

Sungai Selari adalah sebuah desa yang terletak di Kecamatan Bukit Batu, Bengkalis, Riau, Indonesia.

Sungai Selari sudah menyandang desa maju dari Pemerintah Kabupaten Bengkalis. Sungai Selari memiliki empat dusun, yaitu:

  1. Dusun Kelapa
  2. Dusun Kenanga
  3. Dusun Pulai Bungkuk
  4. Dusun Kampung Baru

Pemekaran[sunting | sunting sumber]

Menurut rencananya, Sungai Selari ini akan di mekarkan menjadi dua desa. Hal ini di karenakan jangkauan desa yang terlalu jauh. Hal ini direncanakan akan direalisasikan pada 1 Januari 2013.[2]

Fasilitas Desa[sunting | sunting sumber]

Untuk sekolah, sekarang ini, Sungai Selari memiliki tiga Sekolah Dasar, yaitu:

  • Sekolah Dasar Negeri 5 Sungai Selari[3]
  • Sekolah Dasar Negeri 17 Sungai Selari[4] dengan Kepala Sekolah Khairul Anwar, S.Pd
  • Sekolah Dasar Negeri 19 Sungai Selari[5] dengan Kepala Sekolah M. Said, S.Pd. SD

Tempat peribadatan yang terdapat di desa Sungai Selari adalah:

  • Masjid Al-Muhtadin di Dusun Kelapa
  • Mesjid Al-Huda di Batang Duku
  • Gereja Katolik di Dusun Kelapa
  • Vihara Dharma Sagara di Dusun Pulai Bungkuk

Gedung[sunting | sunting sumber]

Di Sungai Selari terdapat Gedung Serba Guna yang merupakan tempat pertemuan para orang-orang penting. Biasanya, seperti perpisahan sekolah, pelantikan kepala desa, dll. Di Sungai Selari juga terdapat LAM (Lembaga Adat Melayu).

Lain-Lain[sunting | sunting sumber]

Sungai Selari memiliki satu saluran radio lokal yang bernama Selari FM yang bertempat di sebelah Gedung LAM.

Walaupun Sungai Selari merupakan sebuah desa, namun Sungai Selari cukup maju. Terbukti dengan Sungai Selari bersama Sungai Pakning merupakan salah satu produsen minyak di Indonesia yang terletak di Komplek Pertamina UP II Sungai Pakning. Sungai Selari juga memiliki Pasar Mingguan, yaitu pada hari Sabtu.

Dusun baru[sunting | sunting sumber]

Karena terealisasikannya pemekaran desa Sungai Selari, maka untuk sekarang Sungai Selari terbagi atas 3 dusun, yaitu:

  • Dusun Kelapa
  • Dusun Sungai Timun
  • Dusun

Referensi[sunting | sunting sumber]