Sungai Rotan, Muara Enim

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Sungai Rotan
Negara Indonesia
ProvinsiSumatra Selatan
KabupatenMuara Enim
Pemerintahan
 • CamatAbdul Haris S.IP
Populasi
 • Total- 38,110 jiwa jiwa
Kode Kemendagri16.03.16 Edit the value on Wikidata
Luas- 329.25km²
Desa/kelurahan19 Desa

Sungai Rotan adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Muara Enim, Sumatra Selatan, Indonesia. Kecamatan ini terletak di pesisir Sungai Lematang. Kecamatan ini memiliki 19 desa terdiri dari Desa Muara Lematang, Tanding Marga, Suka Merindu, Sungai Rotan, Kasai, Danau Baru, Danau Tampang, Paya Angus, Petar Dalam, Petar Luar, Sukadana, Sukajadi, Sukarami, Sukamaju, Danau Rata, Penandingan, Suka Cinta Tanjung Miring, dan Modong. Mayoritas penduduk di kecamatan ini beragama Islam. Suku Lematang banyak ditemukan di kecamatan ini, terutama desa Muara Lematang, Tanding Marga, Sukamerindu, Sunga Rotan, Kasai, Danau Baru, Danau Tampang, Danau Rata, sebagian Petar Dalam, dan sebagian Suka Cinta. Di dalam suku Lematang mempunyai keunikan untuk panggilan anak ada berbagai panggilan,di antaranya : anang (anak tertua laki-laki), kupik (anak tertua perempuan), sekecik, ujang, ujok, seguluh, dan sujuh (anak bungsu). Sementara desa-desa lainnya suku Belido. Oleh karena itu, kecamatan ini ikut menyumbang keanekaragaman suku di Indonesia khususnya di Sumatra Selatan.

Pemisahkan diri dari kecamatan induk dan bertransformasi menjadi sebuah kecamatan baru. Ibu kota kecamatan ini terletak di desa Sukarami. Sebelum menjadi kecamatan wilayah ini merupakan Marga Sungai Rotan yang dipimpin oleh seorang Pasira berkedudukan di dusun Sungai Rotan. Marga Sungai Rotan terdiri dari Dusun-dusun yaitu: Muara Lematang, Tanding Marga, Sukamerindu, Sungai Rotan, Kasai, Petar Dalam, Sukarami, Danau Rata, Suka Cinta, dan Modong letak dusun-dusun itu di sepanjang sungai lematang. Beberapa Pasira yang pernah memerintah diantaranya : Hanan, Tjikmat, dan Pasira terakhir Hasan Basri. Sebagaimana Marga, dusun juga dipimpin oleh seorang Kerio yang dipilih secara demokratis oleh masyarakat dusun. Salah satu dusun dalam Marga Sungai Rotan mempunyai sejarah berdirinya sebelum menjadi dusun berupa "talang" (tempat tinggal sementara penduduk asal dusun Sungai Rotan untuk bertani menanam padi) yaitu : Talang Pak Saim. Nama Talang diambil dari nama orang pertama yang tinggal di talang itu. Talang Pak Saim berkembang menjadi Dusun Sukamerindu, setelah Marga menjadi kecamatan Dusunpun berubah menjadi desa. Sampai tahun 2019 desa Sukamerindu sudah terdapat 5 generasi. Pimpinan yang pernah memimpin diantaranya : Kerio Koentjit, Kerio Muhammad Ali, dan Kerio Nursidin. Setelah menjadi Desa dipimpin oleh Kepala Desa. Adapun kepala desa yang pernah memimpin Desa Sukamerindu adalah : Nurhan, Mukri, dan Asri. Desa Sukamerindu sebagai pendapatan desa adanya lelang pengelolaan aset desa berupa sungai-sungai kecil penghasil ikan.

Mayoritas mata pencaharian di kecamatan ini adalah hasil dari perkebunan dan pertanian, sawah tadah hujan. Dulu dikenal sebagai lumbung padi kabupaten Muaraenim. Kebun karet dan lahan sawah telihat di sepanjang jalan kecamatan. Tak hanya itu, tanaman Rotan juga banyak ditemukan di sepanjang jalan utama kecamatan. Rotan dimanfaatkan untuk bahan dasar untuk membuat kursi, bakul (sangkek), tas punggung (sarau). Selain itu, rotan yang masih muda (dikenal dengan nama 'umbut') sangat enak dijadikan lalapan (ulam).

Kecamatan Sungai Rotan berbatasan langsung dengan Kecamatan Rantau Bayur, Banyuasin disebelah utara, berbatasan dengan Kecamatan Tanah Abang, Penukal Abab Lematang Ilir, dan Kecamatan Lembak disebelah selatan. Disebelah Barat berbatasan dengan Kecamatan Abab, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir, sedangkan disebelah timur berbatasan langsung dengan Kecamatan Gelumbang, Muara Enim.

Tempat-tempat yang banyak dikunjungi di kecamatan ini adalah Dermaga Lematang terletak di Desa Muara Lematang, BKB Mini terletak di Desa Kasai, Jembatan Modong terletak di Desa Modong, Jembatan Gantung terletak di Desa Sukacinta, Pantai Seberang terletak di Desa Sungai Rotan, dan Pantai Petar terletak di Desa Petar Dalam.