Sungai Han (Korea)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sungai Han
Nama Korea
Hangul
한강
Hanja
漢江
Alih AksaraHan-gang
McCune–ReischauerHan'gang


Sungai Han adalah sebuah sungai di Korea Selatan yang terbentuk akibat pertemuan dari Sungai Namhan (Sungai Han Selatan), yang bermata air di Gunung Daedeok, dan Sungai Bukhan (Sungai Han Utara), yang berhulu dari lembah Gunung Geumgang di Korea Utara. Sungai Han mengalir melewati Seoul dan bergabung dengan Sungai Imjin sebelum bermuara ke Laut Kuning.

Total panjang Sungai Han adalah 514 km. Walaupun tidak terlalu panjang, lebar sungai ini sangat luas. Di Seoul, lebarnya lebih dari 1 km. Sebelum pembangunan sejumlah dam, sungai ini dikenal memiliki debit air yang sangat besar (rasio antara jumlah arus maksimum dan minimum ) yakni 1:390. (Sebagai perbandingan, Sungai Thames dan Rhine masing-masing memiliki koefisien 1:8 dan 1:18)

Sungai Han dan sekitarnya memainkan peranan penting dalam sejarah Korea. Tiga Kerajaan Korea bersaing untuk menguasai wilayah lembah sungai Han, di mana sungai ini digunakan sebagai rute perdagangan ke Tiongkok (melalui Laut Kuning). Namun, sungai tidak lagi aktif digunakan untuk navigasi, karena muaranya terletak di dalam perbatasan kedua negara Korea, sehingga masyarakat umum dilarang untuk memasukinya.

Anak Sungai Han[sunting | sunting sumber]

Jungnancheon bertemu dengan Sungai Han, dilihat dari Jembatan Dongho
Cheonggyecheon
Tancheon
Pemandangan Yangjaecheon

Jembatann di atas Sungai Han sebelah bawah[sunting | sunting sumber]

Total 27 buah jembatan melewati Sungai Han di wilayah Seoul, Gyeonggi,dan Incheon, antara lain:

Dari barat ke timur

Jembatan Yanghwa
Jembatan Kereta Api Dangsan Railway
Jembatan Kereta Api Hangang dan Jembatan Hangang

Galeri[sunting | sunting sumber]

Pranala[sunting | sunting sumber]