Sungai Balikh

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Peta sungai yang menampilkan sungai Balikh di wilayah perbatasan Turki dan Suriah (Garis merah horziontal).

Sungai Balikh adalah sebuah sungai yang terletak di wilayah perbatasan antara Suriah dan Turki. Aliran air di sungai Balikh berasal dari mata air di Ain Al-Arous dan Tell Abyad.

Lokasi[sunting | sunting sumber]

Sungai Balikh terletak di perbatasan antara Anatolia di Turki dan Jarablis di Suriah. Pada dasarnya, sungai Balikh adalah anak sungai dari sungai Efrat di Turki.[1]

Sumber[sunting | sunting sumber]

Sumber air dari sungai Balikh berasal dari mata air yang berada di Ain Al-Arous dan Tell Abyad. Pada tahun 1938, Max Mallowan bersama dengan istrinya melaporkan bahwa sumber mata air ini masih melimpah. Namun pada tahun 1995, terjadi kekeringan pada sumber mata air ini. Penyebab kekeringannya bukan akibat dari aridifikasi iklim, melainkan oleh pengambilan air secara berlebihan untuk irigasi tanaman komersial.[2] Air dari sungai Balikh mengalir ke sungai Efrat dengan jumlah yang sangat sedikit.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Issa, I. E., dkk. (2014). "Expected Future of Water Resources within Tigris-Euphrates Rivers Basin, Iraq" (PDF). Journal of Water Resource and Protection. Scientific Research. 6: 425. doi:10.4236/jwarp.2014.65042. 
  2. ^ Wilkinson, Tony J. (1996). "The Archaeological Landscape of The Balikh Valley, Syria," (PDF). 1995-1996 Annual Report: 28.