Sungai Akonkagua

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Sungai Biobío
Aliran Sungai Akonkagua (warna biru tua).
Aliran Sungai Akonkagua (warna biru tua).
Mata air Gabungan Sungai Juncal (35 km) dan Sungai Blanco (36 km)
Mulut sungai Samudra Pasifik
Negara DAS Chili
Panjang 142 km (hanya Akonkagua), atau 177 km (mulai dari Juncal)
Ketinggian mata air 1.430 m
Luahan rata-rata 39 m³/d
Wilayah DAS 7200 km²
Aliran Sungai Akonkagua, sebagaimana terlihat mengalir di dekat Portillo.

Sungai Aconcagua (bahasa Spanyol: Río Aconcagua) adalah sebuah sungai di Chili yang merupakan gabungan dari dua anak sungai kecil pada ketinggian 1.430 m (4,700 kaki) di atas permukaan laut di Pegunungan Andes, yaitu Sungai Juncal di sisi timur (yang berhulu di Gunung Juncal) dan Sungai Blanco di sisi tenggara. Sungai Aconcagua mengalir ke arah barat melalui sebuah lembah yang luas bernama Lembah Akonkagua (Valle del Aconcagua), dan bermuara di Samudra Pasifik yaitu 20 kilometer (12 mil) di sebelah utara Valparaíso.

Sungai ini mengalir sepanjang 142 kilometer (88 mil), dan airnya dimanfaatkan sebagai irigasi pada provinsi-provinsi San Felipe de Aconcagua dan Los Andes yang berpenduduk paling padat, dengan demikian merupakan sumber daya ekonomi yang terpenting bagi daerah-daerah tersebut. Di sepanjang alirannya, Sungai Aconcagua menampung masukan air dari banyak sungai banyak dan rawa lainnya, dengan rata-rata debit 39 meter kubik per detik (1.400 kaki kubik/detik).

Lembah Sungai Aconcagua juga merupakan rute untuk jalur Kereta Api Transandine di sisi Chili.

Meskipun bernama sama, Sungai Akonkagua tidak berhulu di lereng Gunung Akonkagua. Gunung tersebut seluruhnya berada dalam wilayah Argentina, yaitu sekitar 20 kilometer (12 mil) dari hulu sungai ini yang berada di wilayah Chili.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • (Spanyol) Cuenca del río Aconcagua
  • (Spanyol) Niemeyer, Hans; Cereceda, Pilar (1983), Geografía de Chile — Tomo VIII: Hidrografía, 1º edición, Santiago de Chile: Instituto Geográfico Militar.
  • (Spanyol) Gobierno de Chile, Ministerio de Obras Públicas, Dirección General de Aguas (2004) Cuenca del Río Aconcagua, Diagnóstico y Clasificación de los Cursos y Cuerpos de Agua Según Objetivos de Calidad

Artikel ini memuat teks dari Encyclopædia Britannica Eleventh Edition, publikasi yang sekarang berada di domain umum.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 32°54′54″LU 71°30′30″BT / 32,915°LS 71,50833°BB / -32.91500; -71.50833