Sumberarum, Moyudan, Sleman

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Sumberarum
Desa
Negara  Indonesia
Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta
Kabupaten Sleman
Kecamatan Moyudan
Pemerintahan
 • Kepala desa H. Senaja
Luas 765 Ha
Jumlah penduduk 7665 orang pada akhir tahun 2011

Sumberarum adalah sebuah desa yang terletak di kecamatan Moyudan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Desa Sumberarum pada awalnya terbagi menjadi 4 bekas Kelurahan lama, yaitu Kelurahan Sejatipasar, Puluhan, Sremo, dan Jitardukuh. Berdasarkan Maklumat Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta yang diterbitkan tahun 1946 mengenai Pemerintahan Kelurahan, maka empat bekas Kelurahan tersebut kemudian digabung menjadi satu desa yang otonom dengan nama Desa Sendangarum yang ditetapkan berdasarkan Maklumat Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 5 Tahun 1948 tentang Perubahan Daerah-daerah Kelurahan. Pusat pemerintahan berada di Setran, Sumberarum, Moyudan, Sleman. Terletak pada 07° 47' 17” LS 110° 13' 57” BT.

Desa Sumberarum yang berada sekitar 5 Km arah barat Kecamatan Moyudan dan 20 Km arah barat laut ibukota Sleman memiliki aksesibilitas baik, mudah dijangkau dan terhubung dengan daerah-daerah lain di sekitarnya oleh jalur transportasi jalan raya. Dari topografinya, ketinggian wilayah Sumberarum berada pada 125 m ketinggian dari permukaan air laut dengan curah hujan rata-rata 2225 mm/tahun, serta suhu rata-rata per tahun adalah 17-41 °C. Dengan kondisi iklim yang demikian maka banyak ditemukan areal persawahan di hampir seluruh bagian Desa Sumberarum.

Potensi wilayah Desa Sumberarum dengan; lahan seluas 765 Ha terbagi dalam beberapa peruntukan seperti bangunan umum, jalan, sawah dan ladang, permukiman, pekuburan, dan lain-lain (lapangan olahraga). Luas lahan yang diperuntukkan bangunan umum adalah seluas 0,8515 Ha, jalan sepanjang 1,0296 ha, sawah dan ladang seluas 254.000 Ha, permukiman seluas 236,1495 Ha, pekuburan seluas 0,2200 Ha, Pasar Desa 0,1750, Irigasi non teknis 2,2650, pertokoan 0,2000 ha dan sisanya peruntukkan lain-lain termasuk lapangan olahraga.

Kepala Desa[sunting | sunting sumber]

  • H. Senaja

Batas Wilayah[sunting | sunting sumber]

  1. Timur: Desa Sumberagung, Moyudan
  2. Selatan: Desa Sumberrahayu, Moyudan
  3. Barat: Sungai Progo
  4. Utara: Desa Sendangmulyo, Minggir

Pembagian Administratif Padukuhan[sunting | sunting sumber]

No Nama Padukuhan Nama Dukuh Nama Kampung & Perumahan
1 Donon - Donon
2 Jetis - Jetis, Keron, Kolowenang, Trukan Jitar
3 Jitar - Jitar
4 Jitar Dukuh - Jitar Dukuh, Bandelan, Gejagan
5 Jitar Ngemplak - Jitar Ngemplak
6 Karanganjir - Karanganjir
7 Pakelan - Pakelan, Depok, Joton, Ngrandu, Ngringin
8 Pingitan - Pingitan
9 Puluhan - Puluhan, Jerukan
10 Sejati Deso - Sejati Deso
11 Sejati Dukuh - Sejati Dukuh
12 Sejati Pasar - Sejati Pasar
13 Sermo - Sermo
14 Setran - Setran
15 Tegal Donon - Tegal Donon
16 Trukan Dukuh - Trukan Dukuh, Sejati Trukan

Program Pembangunan[sunting | sunting sumber]

Pemerintah Desa Sumberarum, bersama segenap elemen masyarakat berupaya untuk membangun Desa Sumberarum menuju Sumberarum Mukti Wibawa, dengan dibuatnya rencana ke depan Wajah Desa Sumberarum melalui RPLP (Rencana Penataan Lingkungan Permukiman) dan RTPLP (Rencana Tindak Penataan Lingkungan Permukiman) yang berbasis pada Komunitas, sebagai acuan untuk membangun Desa Sumberarum, Kecamatan Moyudan, Kabupaten Sleman.

Desa Sumberarum menginginkan desanya tumbuh berkembang menjadi desa yang maju melalui tiga pilar utama yaitu; Industri Rumah Tangga, Pertanian dan Pariwisata. Untuk memulai hal tersebut, tiga titik lokasi yang ditetapkan sebagai skala prioritas yaitu; 1. Pembangunan Kios sebagai sentral ekonomi serta Penataan Kawasan Industri Tenun di Padukuhan Pingitan, 2.Pembangunan Sentra Kandang Ternak di Padukuhan Karanganjir, 3. Pembangunan Kawasan Wisata Terpadu yang meliputi Kolam renang, Taman bermain, Lintasan Trail di Hutan Wisata, dan Gardu pandang Sungai Progo, yang kesemuanya terletak di Padukuhan Sejati Pasar. Dari ketiga titik lokasi tersebut dihubungkan dengan Sarana Jalan yang sekaligus menjadi Jalan Lingkar Desa Sumberarum.

Sendang Jatiningsih[sunting | sunting sumber]

Di Desa Sumberarum juga terdapat tempat wisata Religius bagi umat Katholik yaitu Sendang Jatiningsih, yang terletak di Dusun Jitar, Desa Sumber Arum, Moyudan, Sleman. Menurut data, tidak kurang dari 20.000 orang setiap tahunnya orang berziarah ke tempat yang dibangun sejak tahun 1950an.