Sumberagung, Ngantang, Malang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Sumberagung)
Sumberagung
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Timur
KabupatenMalang
KecamatanNgantang
Kode pos
65392
Kode Kemendagri35.07.27.2009
Luas... km²
Jumlah penduduk... jiwa
Kepadatan... jiwa/km²

Sumberagung adalah sebuah desa di wilayah Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur yang berhawa sejuk karena hutannya masih relatif terjaga [1].sebagian besar penduduknya bekerja sebagi peternak terutama sapi perah dan juga bertani. Desa Sumberagung terdiri dari enam Dukuh yaitu :Rejosari, Kebonsari, Sumbermulyo , Sumbergadung, Dermosari dan Bedorejo,[1] Di desa ini pula terdapat makam Pahlawan Nasional dari Sulawesi yang dulu membantu Pangeran Trunojoyo menumpas penjajah. Makam tersebut adalah makam Kraeng Galesong. Oleh masyarakat sendiri lebih dikenal dengan sebutan "Kuburan Mbah Rojo".

Asal Nama[sunting | sunting sumber]

Kata Sumberagung sendiri terdiri dari dua kata dalam bahasa jawa, yaitu : Sumber yang berarti mata air dan kata Agung yang berarti besar. jadi kata sumberagung berarti mata air yang besar yang tidak akan pernah kering walaupun musim kemarau.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Kompasiana.com (2019-06-24). "KKN UM Adakan Pendampingan Pembentukan Kelompok Petani Kopi Desa Sumberagung, Kec. Ngantang, Kab. Malang". KOMPASIANA. Diakses tanggal 2021-03-03.