Poaceae

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Suku padi-padian)
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Poaceae
Padi.jpg
Padi, Salah satu spesies dari Poaceae
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Divisi:
(tanpa takson):
(tanpa takson):
Commelinids (EuMonokotil)
Ordo:
Famili:
Poaceae

Anaksuku

Ada tujuh anaksuku:
Subfamili Arundinoideae
Subfamili Bambusoideae
Subfamili Centothecoideae
Subfamili Chloridoideae
Subfamili Panicoideae
Subfamili Pooideae
Subfamili Stipoideae

Suku padi-padian, Poaceae, Glumiflorae, atau Graminae adalah salah satu suku anggota tumbuhan berbunga. Menurut sistem klasifikasi APG II suku ini termasuk ke dalam bangsa Poales, klad commelinids (euMonokotil).


Dengan sekitar 780 genera dan sekitar 12.000 spesies, Poaceae adalah famili tumbuhan terbesar kelima, setelah Asteraceae, Orchidaceae, Fabaceae dan Rubiaceae. Poaceae adalah keluarga tumbuhan yang paling penting secara ekonomi, menyediakan makanan pokok dari tanaman sereal seperti jagung, gandum, beras, barley, dan millet serta pakan untuk hewan penghasil daging. Mereka menyediakan, melalui konsumsi manusia langsung, lebih dari setengah (51%) dari semua energi makanan; beras menyediakan 20%, gandum memasok 20%, jagung (jagung) 5,5%, dan biji-bijian lainnya 6%. Beberapa anggota suku Poaceae digunakan sebagai bahan bangunan (bambu, ilalang, dan jerami); yang lain dapat menyediakan sumber biofuel, terutama melalui konversi jagung menjadi etanol. Rumput memiliki batang yang berongga kecuali pada buku dan daun berselingan sempit yang tersusun dalam dua barisan. Bagian bawah setiap daun membungkus batang, membentuk pelepah daun. Daun tumbuh dari pangkal bilah, sebuah adaptasi yang memungkinkannya untuk mengatasi seringnya merumput. Padang rumput seperti sabana dan padang rumput di mana rumput dominan diperkirakan merupakan 40,5% dari luas daratan Bumi, tidak termasuk Greenland dan Antarktika. Rumput juga merupakan bagian penting dari vegetasi di banyak habitat lain, termasuk lahan basah, hutan, dan tundra. Meskipun mereka biasa disebut "rumput", kelompok seperti lamun, semak dan sedges berada di luar keluarga ini. Deru dan sedges terkait dengan Poaceae, menjadi anggota ordo Poales, tetapi lamun adalah anggota ordo Alismatales. Namun, semuanya termasuk dalam kelompok tumbuhan monokotil.

Anggota[sunting | sunting sumber]

Anggota suku ini adalah yang paling tinggi populasinya di dunia karena banyak tanaman budidaya yang menjadi anggotanya dan ditanam luas sebagai bahan pangan utama. Di dalamnya termasuk tumbuhan seperti padi, gandum, jagung, jelai, jewawut, serta sorgum (cantel). Selain itu, bambu dan tebu juga termasuk di dalamnya. Bahan pakan ternak juga banyak memanfaatkan anggota suku ini, seperti rumput gajah dan rumput raja. Anggota suku ini beberapa di antaranya merupakan tumbuhan pengganggu (gulma) yang penting, seperti alang-alang dan rumput bandotan. Ada anggotanya yang merupakan sumber wangi-wangian, yaitu rumput akar wangi dan serai (termasuk sitronela).

Ciri[sunting | sunting sumber]

Pada umumnya, ciri tumbuhan Poaceae berbatang beruas-ruas, bunga tak bermahkota, serta daun berbentuk pita.

Anggota menurut taksonomi[sunting | sunting sumber]

Lihat artikel Daftar marga anggota Poaceae.

Secara taksonomi, suku rumput-rumputan dibagi menjadi tujuh anaksuku yang masing-masing memiliki kekhasan yang dapat dengan mudah dilihat: