Suku Sui

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Suku Sui
水族
Ethnie shui 2404a.jpg
Seorang wanita Sui di Guizhou, Tiongkok
Jumlah populasi
sekitar 430.000
Daerah dengan populasi signifikan
 Tiongkok (Guizhou, Guangxi)
 Vietnam
Bahasa
Mandarin, Sui
Agama
Animisme, Buddha, Tao

Suku atau orang Sui (Hanzi: 水族; Pinyin: Shuǐzú; otonim: ai33 sui33[1]), sering juga ditulis Shui, adalah kelompok etnis yang sebagian besar tinggal di provinsi Guizhou, Tiongkok. Mereka termasuk salah satu dari 56 kelompok etnis yang diakui secara resmi oleh pemerintah Republik Rakyat Tiongkok.

Sejarah dan demografi[sunting | sunting sumber]

Sui merupakan keturunan dari orang-orang Baiyue kuno, yang telah mendiami Tiongkok selatan sebelum dinasti Han (Wei 2003:viii). Nama "Sui" yang berarti "air" dalam bahasa Mandarin, diadopsi selama Dinasti Ming.

Saat ini, 93% dari semua orang Sui atau 322.000 orang Sui tinggal di Guizhou, Tiongkok, 63%-nya[2] tinggal di County otonom Sandu Shui. Agak ke selatan, terdapat 10.000 orang Sui yang tinggal di sekitar desa Yingdong, County otonom Rongshui Miao, provinsi Guangxi (Edmondson 2008). Sekelompok kecil orang Sui ada juga yang tinggal di county Fuyang dan Yiliang, Yunnan. Selain itu, ada 120 orang Sui yang tinggal di Distrik Hồng Quang, Provinsi Tuyên Quang, Vietnam utara yang merupakan keturunan dari orang Sui yang telah meninggalkan Sandu, 8 generasi yang lalu (Wei 2003:vii).

Gelang yang biasa dipakai oleh orang-orang Sui.
Rumah tradisional Shui di Sandu.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Diller, Anthony, Jerold A. Edmondson, and Yongxian Luo eds. 2008. The Tai–Kadai Languages. Routledge Language Family Series. Psychology Press.
  2. ^ "全国唯一的水族自治县——三都宣告脱贫-新华网". www.gz.xinhuanet.com. Diakses tanggal 2021-02-24.