Suku Monguor

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Monguor/Tu/Mongghul
A Monguor woman in Huzhu County, Xining, Qinghai Province
Seorang wanita Monguor di Huzhu, Xining, provinsi Qinghai
Jumlah populasi
289.565 (Sensus 2010)
Daerah dengan populasi signifikan
Tiongkok: Qinghai dan Gansu
Bahasa
Monguor dan Wutun
Agama
Sekte Kuning (atau Buddhisme Tibet), Buddha, Tao, Kristen, Islam dan Syamanisme
Suku bangsa terkait
Mongol

Suku atau orang Monguor (Hanzi: 蒙古尔; Tu: Mongghul), Tu (Hanzi: 土族), Mongol Putih atau Mongol Tsagaan, adalah salah satu dari 56 kelompok etnis di Tiongkok yang diakui secara resmi oleh pemerintah Republik Rakyat Tiongkok. Kategori etnis "Tu" dibuat pada 1950-an.

Menurut sensus tahun 2000, total populasi Monguor berjumlah 241.198 orang, yang sebagian besar tinggal di provinsi Qinghai dan Gansu. Sedangkan dalam sensus tahun 2010, jumlah mereka meningkat menjadi 289.565 jiwa. Orang-orang Monguor berbicara bahasa Monguor, yang termasuk dalam rumpun bahasa Mongolia, tetapi telah sangat dipengaruhi oleh dialek lokal Mandarin dan Tibet. Saat ini, hampir semua orang Tu berbicara bahasa Mandarin. Sebagian besar berprofesi sebagai petani dan sebagian lagi memelihara ternak.

Budaya dan organisasi sosial mereka dipengaruhi oleh Buddha Tibet, Konfusianisme, Taoisme dan kepercayaan lokal. Beberapa orang Tu di Huzhu dan Minhe beragama Kristen, hasil dari pekerjaan misionaris asal Amerika Serikat dan Korea yang masih terus berlangsung di daerah tersebut.

Sejarah etnis Monguor masih diperdebatkan, ada beberapa pendapat mengenai asal usul mereka seperti: dari orang Xianbei di kerajaan Tuyuhun, dari pasukan Mongol yang datang ke Qinghai-Gansu saat penaklukan Mongol atau dari etnis Shatuo hingga dari etnis Han Tiongkok.[1][2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ha Mingzong, Ha Mingzhu, C.K Stuart.(2013) 'Mongghul Ha Clan Oral History Documentation', in Oral Literature in the Digital Age: Archiving Orality and Connecting with Communities, pg. 134.
  2. ^ Hu, Alex J.(2010) 'An overview of the history and culture of the Xianbei ('Monguor'/'Tu')', Asian Ethnicity, 11: 1, 95 – 164.