Suku Bozo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Suku Bozo
Mali - Bozo girl in Bamako.jpg
Anak perempuan Bozo dari Bamako, Mali
Total populasi
132.100
Kawasan dengan populasi yang signifikan
Bahasa
Bahasa Bozo, Prancis
Agama
Islam, Animisme

Suku Bozo adalah kelompok etnis yang menetap di tepi Sungai Niger di Mali. Nama Bozo berasal dari bahasa Bambara bo-so yang berarti "rumah jerami". Suku Bozo menerima penggunaan istilah ini untuk mengacu kepada seluruh kelompok etnis Bozo, tetapi mereka sendiri tergabung dalam klan-klannya tersendiri, seperti Sorogoye, Hain, dan Tieye. Mereka dikenal sebagai penangkap ikan dan kadang-kadang diberi julukan "penguasa sungai".

Kelompok etnis ini menuturkan bahasa Bozo yang tergolong ke dalam subkelompok Soninke-Bozo dalam kelompok Mande Barat Laut yang merupakan bagian dari rumpun bahasa Niger-Kongo. Unsur-unsur budaya Bozo sendiri mulai terbentuk pada masa Kekaisaran Ghana pada abad ke-10, ketika suku Bozo menguasai tepi Sungai Niger. Suku Bozo merupakan pendiri kota Djenné dan Mopti di Mali.

Walaupun sebagian besar anggota suku Bozo merupakan penganut agama Islam, mereka masih melestarikan beberapa tradisi animis. Totem hewan mereka adalah banteng; badannya melambangkan Niger, dan tanduknya melambangkan kapal yang dipakai suku Bozo untuk menangkap ikan.

Menurut sensus tahun 2000, terdapat 132.100 orang Bozo di Mali.

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Ligers, Ziedonis (1964–1969). Les Sorko (Bozo), maîtres du Niger: étude ethnographique (four volumes). Paris: Librairie des Cinq Continents. 
  • in ISBN 3-570-19230-X: Geo Special Westafrika, Article: Sexualkunde am Fluss