Suhardi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Suhardi
Berkas:24SHRD.jpg
Lahir(1952-08-13)13 Agustus 1952
Klaten, Indonesia
Meninggal28 Agustus 2014(2014-08-28) (umur 62)
Jakarta Selatan
KebangsaanIndonesia
PendidikanUniversity of the Philippinnes Los Baños (UPLB)
Dikenal atasCendekiawan
Akademisi
Politikus
Ahli kehutanan
Partai politikPartai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra)

Prof. Dr. Ir. Suhardi, S.S., M.Sc. (lahir di Klaten, 13 Agustus 1952 – meninggal di Jakarta Selatan, 28 Agustus 2014 pada umur 62 tahun)adalah seorang intelektual, akademisi, politikus dan praktisi kehutanan Indonesia. Ia mendapatkan gelar master dan doktor di bidang fisiologi pohon dari University of the Philippines Los Baños (UPLB). Sebelum berkecimpung kedalam dunia politik, Ia merupakan Guru Besar dari Universitas Gadjah Mada, dan pernah menjadi dekan di Universitas yang sama. Serta juga pernah menjabat sebagai Direktur Jenderal Rehabilitasi Lahan dan Perhutanan Sosial Departemen Kehutanan dan Perkebunan (kini Kementerian Kehutanan).

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Suhardi lahir di Klaten, Jawa Tengah merupakan suami dari Dr. Ir. Lestari Rahayu Waluyati, M.P, yang juga merupakan dosen Fakultas Pertanian UGM. Dan mendapatkan gelar master dan doktor di bidang fisiologi pohon dari Universitas Los Baños, Filipina.

Sebagai seorang akademisi dibidang kehutanan dan pertanian, ide-ide dan pemikiran dari Suhardi sudah diakui. Hal itu tercermin dari rekam jejak guru besar Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada (UGM) ini. Ia pernah menjabat sebagai Dekan Fakultas Kehutanan UGM. Dan dikenal sebagai Profesor Telo (ketela) oleh para mahasiswanya, disebabkan ia tak bosan-bosan mengampanyekan bahan pangan lokal.

Selain itu ia pernah pula menjadi birokrat dalam kedudukan sebagai Direktur Jenderal Rehabilitasi Lahan dan Perhutanan Sosial Departemen Kehutanan dan Perkebunan. Di mana ia memperoleh penghargaan Satya Lencana Karya Satya.

Aktivitas[sunting | sunting sumber]

Aktivitas politik[sunting | sunting sumber]

Suhardi pernah menjabat sebagai Ketua DPD HKTI Jogjakarta. Bersamaan dengan itu Ia juga menjabat sebagai staf ahli Dewan Ketahanan Pangan Nasional Kementrian Pertanian pada 2002-2008. Bersama beberapa rekan di HKTI mendirikan Partai Kemakmuran Tani dan Nelayan (2003), dan menjabat sebagai Wakil Ketua Umum. Ikut mendirikan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dan menjabat sebagai Ketua Umum.

Aktivitas akademis[sunting | sunting sumber]

Dalam bidang akademis, pemikiran-pemikiran dari Suhardi, terutama dibidang kehutanan dan pertanian sudah diakui oleh banyak kalangan. Sehingga ia diangkat menjadi guru besar Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada, dan pernah menjabat sebagai dekan di Universitas yang sama.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]