Sugawara no Michizane

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Sugawara no Michizane karya Kikuchi Yōsai

Sugawara no Michizane (菅原道真, 1 Agustus 845 – 26 Maret 903), yang juga dikenal dengan nama Kan Shōjō (菅丞相) atau Kanke (菅家), adalah seorang sarjana, penyair, dan politikus dari zaman Heian di Jepang. Ia dikenal sebagai seorang penyair yang handal, yang sebagian besar berada dalam bidang puisi Tiongkok, dan sekarang dihormati sebagai dewa pengertian, Tenman-Tenjin (天満天神, sering disingkat Tenjin).

Biografi[sunting | sunting sumber]

Tenjin (Michizane) Melintasi China, Akhir abad ke-15 karya Sesshin, zaman Muromachi, Tinta diatas kertas, disimpan di Institusi Smithsonian

Ia lahir dalam sebuah keluarga sarjana, yang memegang gelar kehormatan Ason (朝臣) yang didapatkan dari sistem Ritsuryō dan pangkat keluarga tersebut sebagai anggota dewan. Kakeknya, Sugawara no Kiyotomo, menjalan di dewan, mengajar sejarah di sekolah nasional untuk birokrat masa depan dan pernah meraih peringkat ketiga. Ayahnya, Sugawara no Koreyoshi, memulai sebuah sekolah swasta di mansion-nya dan mengajarkan para siswanya yang bersiap untuk tes percobaan menuju sekolah nasional atau yang berambisi menjadi pejabat dewan, termasuk putranya sendiri Michizane.

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Keene, Donald (1999). A History of Japanese Literature, Vol. 1: Seeds in the Heart — Japanese Literature from Earliest Times to the Late Sixteenth Century. New York: Columbia University Press. ISBN 978-0-231-11441-7. 
  • McMillan, Peter 2010 (1st ed. 2008). One Hundred Poets, One Poem Each. New York: Columbia University Press.
  • Suzuki Hideo, Yamaguchi Shin'ichi, Yoda Yasushi 2009 (1st ed. 1997). Genshoku: Ogura Hyakunin Isshu. Tokyo: Bun'eidō. ==Bacaan tambahan==
  • Morris, Ivan (1975). The Nobility of Failure: Tragic Heroes in the History of Japan. London: Secker & Warburg. ISBN 978-0-436-28809-8.

Templat:Puisi Jepang