Sudo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
sudo
Sudo on Ubuntu.png
Tampilan sudo di terminal
PengembangTodd C. Miller
Repositori Sunting ini di Wikidata
Sistem operasiMirip-Unix
JenisOtorisasi hak pengguna
LisensiISC-style[1]
Situs webwww.sudo.ws

sudo (/ˈsd/[2] atau /ˈsd/[2][3]) adalah suatu program untuk sistem operasi komputer sejenis Unix yang memungkinkan para pengguna untuk menjalankan program-program hak keamanan pengguna lain, secara default merupakan "superuser".[4] Asalnya merupakan singkatan "superuser do"[5] karena sudo pada versi-versi yang lebih lama didesain untuk menjalankan program-program hanya sebagai superuser. Namun, versi-versi berikutnya menambah dukungan untuk menjalankan perintah-perintah bukan hanya sebagai superuser tetapi juga sebagai pengguna (restricted) lain, sehingga juga umumnya dikembangkan sebagai "substitute user do".[6][7] Meskipun kasus terakhir itu mencerminkan fungsionalistas saat ini secara lebih akurat, sudo masih sering disebut "superuser do" karena sering digunakan untuk tugas-tugas administratif.

sudo [opsi] [command][sunting | sunting sumber]

sudo merupakan sebuah perintah dalam command-line Linux. Apabila anda memiliki akses root, maka sudo akan melakukan perintah sebagai superuser. Pengguna sudo dan perintah-perintah yang dapat mereka pergunakan terdapat pada file konfigurasi, /etc/sudoers. Apabila seorang pengguna yang tidak berhak mencoba menjalankan perintah, sudo akan memberitahu administrator melalui e-mail. Secara default, pemberitahuan peringatan ini akan disimpan di akun root.Pengguna yang mencoba menjalankan perintah akan diminta mengisikan password.Setelah terotentifikasi, sudo akan membuat timestamp untuk pengguna.Selama 5 menit, pengguna akan dapat mengeksekusi perintah-perintah, sampai di akhir menit ke 5 akan diminta untuk mengisikan password. Grace period ini dapat di overwrite dengan mengubah setting pada file /etc/sudoers.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Todd C. Miller (2011-06-17). "Sudo License". Sudo.ws. Diakses tanggal 2011-11-17. 
  2. ^ a b Miller, Todd C. "Troubleshooting tips and FAQ for Sudo". Diakses tanggal 2009-11-20. 
  3. ^ "How do YOU pronounce "sudo"?". Ars Technica. 
  4. ^ Cohen, Noam (May 26, 2008). "This Is Funny Only if You Know Unix". The New York Times. Diakses tanggal April 9, 2012. 
  5. ^ https://pthree.org/2009/12/31/the-meaning-of-su/
  6. ^ "Sudo - ArchWiki" (MediaWiki). wiki.archlinux.org. 
  7. ^ Haeder, A.; Schneiter, S. A..; Pessanha, B. G.; Stanger, J. LPI Linux Certification in a Nutshell. O'Reilly Media, 2010. p. 409. ISBN 978-0596804879.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]