Stupor

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Stupor
Сatatonic stupor3.jpg
Seorang pasien dalam stupor katatonik
SpesialisasiNeurologi, Psikiater

Stupor adalah keadaan kritis kurangnya fungsi mental dan suatu level kesadaran di mana pengidapnya nyaris sepenuhnya tak memberi respon dan merespon hanya kepada rangsangan intens contohnya luka. Istilah ini berasal dari kata dalam bahasa Latin yakni stupor ("mati rasa, insensibilitas")

Tanda dan gejala[sunting | sunting sumber]

Stupor dicirikan dengan terganggunya reaksi kepada rangsangan luar. Mereka yang mengidap keadaan stupor berciri kejat kaku, bisu kelu, dan hanya tampak sadar di luarnya saja sebab mata mereka terbuka dan mengikuti benda-benda di sekeliling mereka. Jika tidak dirangsang secara eksternal, seorang pasien penderita stupor akan terlihat berada dalam keadaan mengantuk sepanjang waktu. Pada beberapa kasus ekstrim gangguan depresif parah, pasien dapat membeku tak bergerak, kehilangan gairah dan selera, serta membisu. Periode singkat responsivitas terbatas dapat dicapai dengan stimulasi intens (misal karena luka, sinar terang, bunyi bising, kekagetan).

Penyebab[sunting | sunting sumber]

Stupor berkaitan dengan penyakit infeksi, komplikasi keracunan (misal karena logam berat), hipotermia parah, gangguan mental (misal skizofrenia, gangguan depresi berat), epilepsi, gangguan vaskular (misal ensefalopati hipertensi), stress akut, neoplasma (misal karena tumor otak), kekurangan vitamin B12 mengganggu keadaan mental, trauma berat, kelebihan vitamin D serta penyakit lainnya.