Studebaker US6

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Studebaker US6 (G630) adalah sebuah seri truk yang digunakan dalam Perang Dunia II.

Truk Studebaker US6 merupakan satu aset Lend-Lease terpenting yang disuplai ke Uni Soviet. Studebaker US6 termasuk dalam kelas truk medium dengan dua seri, yaitu truk 6x6 dengan kapasitas 2,5 ton dan truk 6x4 kapasitas 5 ton yang serupa, dengan total 13 varian dalam konfigurasi yang berbeda-beda. Truk ini diproduksi oleh Studebaker Corporation serta REO Motor Car Company, dan jumlah totalnya hingga akhir perang mencapai lebih dari 200.000 unit.

Produksi US6 memang dari awal diutamakan untuk Lend-Lease, dengan Uni Soviet sebagai pengguna dengan jumlah terbesar. Total dari seluruh Studebaker yang dikirim ke Uni Soviet berjumlah 152.000 unit. Truk-truk ini dikirimkan lewat jalur Koridor Persia di Iran, dibawah program Lend-Lease Amerika Serikat. Unit-unit pertamanya tiba pada musim gugur 1941. Truk ini disukai militer Uni Soviet, yang menjulukinya "Studer" karena mesin Herculesnya yang dapat mentoleransi banyak tipe bahan bakar bahkan yang berkualitas rendah sekalipun, keterandalannya yang tinggi, serta ketahanan bantingnya.

Militer Uni Soviet mengandalkan kendaraan ini untuk beberapa peran. Yang pertama adalah sebagai platform bagi sistem peluncur roket Katyusha. Performa cross-country US6 dilihat sangat baik sehingga mulai tahun 1943, truk ini dijadikan platform untuk varian standar Katyusha dengan designasi BM-13N (N untuk normalizovanniy, standar.)

Selain menjadi platform untuk Katyusha, Studebaker US6 juga diandalkan dalam pekerjaan-pekerjaan yang menyangkut logistik dan transportasi sebagai workhorse -terutama menjelang Pertempuran Kursk di bulan Juli 1943. Studebaker digunakan untuk menarik artileri serta mengangkut infantri dan munisi. Ada juga varian Studebaker yang digunakan sebagai truk tanker untuk pesawat.

Studebaker US6 diproduksi dari tahun 1941 dan 1945. Setelah Perang Dunia II berakhir, fitur-fitur dari kendaraan ini turut dikopi dan diterapkan ke truk produksi Soviet pasca perang ZiS-151. Truk inilah yang kemudian menjadi platform standar Katyusha setelah perang selesai, menggantikan Studebaker US6 dalam BM-13N.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Studebaker