Struktur cangkang-tipis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
The Forest Opera, amfiteater terbuka di Sopot, Polandia, dengan atap membran.
Great Court, dengan atap kisi selaput tipis karya Buro Happold bersama Norman Foster, British Museum, London

Struktur cangkang-tipis (juga disebut struktur pelat dan cangkang) adalah konstruksi ringan yang menggunakan elemen cangkang. Elemen-elemen ini biasanya melengkung, disusun untuk membuat struktur besar. Umum diaplikasikan untuk membuat pesawat, lambung kapal, dan atap bangunan besar.

Definisi[sunting | sunting sumber]

Cangkang tipis didefinisikan sebagai cangkang dengan ketebalan yang kecil dibandingkan dengan dimensi lain dengan deformasi yang tidak besar dibandingkan dengan ketebalannya. Perbedaan utama antara struktur cangkang dan struktur pelat adalah bahwa, dalam keadaan tanpa tekanan, struktur cangkang memiliki kelengkungan yang berlawanan dengan struktur pelat yang rata. Gaya membran pada cangkang terutama disebabkan oleh gaya pada bidang (tegangan bidang), tetapi mungkin ada gaya sekunder yang dihasilkan dari deformasi lentur. Sementara pelat datar bekerja serupa seperti balok dengan tegangan bengkok dan geser, cangkang sama halnya dengan kabel yang menahan beban melalui tegangan tarik. Cangkang tipis yang ideal harus mampu mengembangkan baik ketegangan maupun kompresi.[1]

Jenis[sunting | sunting sumber]

Jenis struktur cangkang yang paling populer adalah:

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Chen, Wai-Fah; Lui, E. M., ed. (2005-02-28). Handbook of Structural Engineering, Second Edition (dalam bahasa English) (edisi ke-2). Boca Raton: CRC Press. ISBN 9780849315695. 

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

  • Bechthold, Martin (2008-03-20). Innovative Surface Structures: Technologies and Applications (dalam bahasa English) (edisi ke-1). Abingdon: Taylor & Francis. ISBN 9780415419673. 
  • Suchov, Vladimir G. (1990). Rainer Gaefe, ed. VLADIMIR G. SUCHOV 1853-1939; Die Kunst Der Sparsamen Konstruktion (edisi ke-1st). Stuttgart: Deutsche Verlags-Anstalt. ISBN 9783421029843.