Stronger

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Stronger
Kelly Clarkson - Stronger.jpg
Album studio karya Kelly Clarkson
Dirilis21 Oktober 2011 (2011-10-21)
Direkam2010-2011
GenrePop rock, dance-pop
Durasi47:29
Label19 Entertainment, RCA Records
ProduserBrian Kennedy, Ester Dean, Dante Jones, Darkchild, Toby Gad, Howard Benson, Jason Halbert, Greg Kurstin, Oligee, Josh Abraham, Andre Lindal, Chris DeStefano, Michael Knox, Steve Jordan
Kronologi Kelly Clarkson
All I Ever Wanted
(2009)All I Ever Wanted2009
Stronger
(2011)

Stronger adalah album studio kelima oleh rock pop Amerika, penyanyi-penulis lagu Kelly Clarkson. Album ini dirilis pada tanggal 21 Oktober 2011 di Australia dan 24 Oktober 2011 di Amerika Serikat dan Inggris melalui RCA Records. Set tiga belas lagu (tujuh belas pada edisi deluxe) fitur Clarkson berkolaborasi dengan musisi baru Greg Kurstin, Steve Jordan, Rodney Jerkins, Toby Gad, Brian Kennedy dan Ester Dean, serta rekaman dengan kolaborator lama Howard Benson. Ingin menyimpang sonically dari album sebelumnya, tujuan utama Clarkson adalah untuk merekam pertunjukan vokalnya seperti yang terdengar di set langsung, dan digunakan sebagai sedikit auto-tune pengolahan mungkin. Album ini juga menandai rilis pertama oleh Clarkson yang tidak menimbulkan konflik dengan RCA, catatan sebelumnya, terutama My December, yang dirilis di tengah-tengah konflik dan kontroversi.

Clarkson mulai menulis materi baru untuk album pada bulan November 2009 saat tur dan selesai rekaman di Februari 2011. Untuk sesi rekaman, Clarkson menarik inspirasi dari Tina Turner, Prince, Radiohead dan Sheryl Crow antara lain. Clarkson juga dicampur R&B, negara, kota, dance-pop dan jiwa dengan karakter batu yang didirikan pop nya untuk mengembangkan materi pop musik yang lebih beragam. Isi lirik album tersebut terutama mengeksplorasi tema tentang metafora patah hati, dendam, pengampunan dan pemberdayaan menggunakan sekitar Clarkson hubungan sekitar orang. Rekor ini didominasi pop rock dan album musik pop, dengan beberapa kritikus musik mencatat Clarkson R&B dan negara dominan pengaruh dieksplorasi dalam Bersyukur dan All I Ever Wanted serta tari-pop tema yang telah Clarkson baru dikembangkan. Awalnya direncanakan akan dirilis pada akhir tahun 2010, tanggal rilis album ini mendorong kembali beberapa kali. Setelah rilis, Stronger menerima ulasan sebagian besar positif dari kritikus, yang mencatat un-berisiko perkembangan album seperti album-album sebelumnya, tetapi terutama memuji kinerja vokal Clarkson. Di Inggris, album debut di nomor lima, dengan lebih dari 30.000 dalam penjualan di Amerika Serikat, album debut di nomor dua dengan menjual lebih 163.000 eksemplar. Rilis album didahului oleh lead single "Mr Know It All", yang dirilis pada tanggal 5 September 2011. Lagu, awalnya dianggap sebagai sebuah keberhasilan moderat, menduduki puncak tangga lagu di Australia dan mencapai posisi sepuluh besar di UK Singles Chart dan Billboard Hot 100 chart. Single kedua, "Stronger (What Doesn't Kill You)", dirilis pada tanggal 17 Januari 2012, dan menduduki puncak Billboard Hot 100, menjadi ketiga Clarkson (dan akhirnya terpanjang) nomor satu di Amerika Serikat. Hal ini juga menjadi hit internasional, mencapai top-sepuluh posisi di 16 negara di seluruh dunia. Ini akhirnya menjadi single paling sukses secara komersial di Amerika Serikat, Denmark, Finlandia, Selandia Baru, Hungaria, dan Spanyol. Single ketiga, "Dark Side", dirilis pada tanggal 5 Juni 2012.

Daftar Lagu[sunting | sunting sumber]

  1. "Mr. Know It All" - 3:53
  2. "Stronger (What Doesn't Kill You)" - 3:42
  3. "Dark Side" - 3:45
  4. "Honestly" - 3:36
  5. "You Love Me" - 4:04
  6. "Einstein" - 2:59
  7. "Standing in Front of You" - 3:59
  8. "I Forgive You" - 3:04
  9. "Hello" - 3:00
  10. "The War Is Over" - 3:57
  11. "Let Me Down" - 3:24
  12. "You Can't Win"
  13. "Breaking Your Own Heart"